UNTUK INDONESIA
Israel Gembira Boris Johnson Menang Pemilu Inggris
Kemenangan Boris Johnson di Pemilu Inggris disambut baik oleh Israel. Israel klaim keberhasilan ini bukti melawan pembenci Yahudi.
Ilustrasi bendera Israel. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Kemenangan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson di pemilu parlemen disambut baik oleh Israel. Hasil itu dianggap Israel sebagai kemenangan melawan pembenci Yahudi.

Sentimen anti-Semitisme mencuat di kampanye ini.

Johnson merupakan pemimpin Partai Konservatif. Dia mengalahkan rival terberatnya, Jeremy Corbyn dari Partai Buruh

"Saya mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Partai Konservatif Inggris atas kemenangan yang menentukan," kata Menteri Luar Negeri Israel Katz seperti dilansir dari AFP, Jumat, 13 Desember 2019.

Israel secara terang-terangan mengaku khawatir jika Jeremy Corbyn memenangkan pemilu. Pasalnya politikus tersebut dianggap mendukung Palestina.

Katz menuturkan kembali terpilihnya Boris Johnson memiliki arti yang besar. Selain kemenangan politik, dia mengklaim hasil ini keberhasilan terhadap nilai perlawanan kebencian.

"Sentimen anti-Semitisme mencuat di kampanye ini, dan publik Inggris sangat menentang, menurut pendapat kami, merupakan bukti sejarah dan nilai-nilai Inggris," ucap dia.

Corbyn mendapat tudingan sebagai anti-Yahudi lantaran mendukung perjuangan Palestina. Dalam momen kampanye, dia sempat membantah tuduhan tersebut.

Sementara itu, pendukung Corbyn menyatakan bahwa pria 70 tahun itu adalah penentang keras rasialisme dalam segala bentuk.

Boris Johnson kembali melenggang sebagai PM Inggris setelah Partai Konservatif mendapatkan suara mayoritas dalam pemilihan umum yang digelar Kamis, 12 Desember 2019.

Konservatif berhasil meraih 341 kursi dari total 650 kursi parlemen. Sedangkan pesaing terberatnya, Jeremy Corbyn dari Partai Buruh hanya mampu meraup 200 kursi parlemen. []

Berita terkait
Permukiman Israel di Wilayah Palestina adalah Ilegal
Langkah Israel membangun permukiman di wilayah Palestina, yang diduduki Israel sebagai kegiatan ilegal.
Dubes AS Komentari Permukiman yang Diduduki Israel
Mike Pompeo mendukung hak Israel untuk membangun permukiman Yahudi di Tepi Barat, wilayah Palestina yang diduduki Israel.
Indonesia Tolak Permukiman Ilegal Israel
Pernyataan keras dari Indonesia yang menolak pernyataan Amerika Serikat (AS) yang mendukung hak Israel untuk membangun permukiman Yahudi.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.