UNTUK INDONESIA
IRT di Makassar Tewas Membusuk di Toilet
Mayat ibu rumah tangga (IRT) ini ditemukan pertama kali oleh suaminya sendiri bersama dengan warga sekitar.
Tim Inafis dan Biddokes Polda Sulsel saat melakukan evakuasi mayat ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. (Foto: Tagar/Lodi Aprianto)

Makassar - Sesosok mayat wanita ditemukan membusuk di kamar mandi di salah satu rumah di BTN Tritura, Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulsel, Minggu 13 Oktober 2019.

Mayat wanita membusuk ini bernama Halijah, 53 tahun. Mayat ibu rumah tangga (IRT) ini ditemukan pertama kali oleh suaminya sendiri bersama dengan warga sekitar, dalam keadaan tertelungkup di depan kloset serta badan yang telah membengkak dan mulai menghitam.

Menurut Baharuddin, sekitar pukul 06.00 WITA, ia sedang membersihkan di halaman depan rumahnya. Tiba-tiba, datang suami korban, Rahman, dan menyampaikan bahwa istrinya sedang tidak ada di rumah, tapi toilet dalam keadaan terkunci.

Baharuddin bersama suami korban kembali mendatangi rumah Rahman dan mencoba mengintip masuk ke dalam toilet karena curiga kalau Halijah itu ada di dalam toilet.

"Saya bersama suaminya mencari tangga dengan maksud melihat situasi di dalam toilet. Setelah manjat dan mengintip masuk ke dalam toilet, melihat korban dalam keadaan terbaring. Sehingga kami mendobrak pintu dan menemukan korban dalam keadaan sudah meninggal dunia," kata Baharuddin.

 Istrinya itu ditemukan dalam keadaan telah meninggal dunia di toilet

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko mengatakan, setelah mendapatkan informasi adanya penemuan mayat tersebut, personel Polsek Manggal turun ke lokasi kejadian sambil berkoordinasi dengan Tim Inafis Polrestabes Makassar dan Tim Forensik Biddokes Polda Sulsel, untuk melakukan pemeriksaan dan evakuasi mayat.

"Anggota ke lokasi. Saat dilakukan pemeriksaan, mayat ini diduga telah meninggal beberapa hari lalu karena sudah membusuk dan tubuh mulai membengkak serta menghitam," beber Indratmoko.

Indratmoko menyebut,, pada saat kejadian suami korban tidak berada di rumah. Rahman ke luar daerah sejak Minggu 6 Oktober 2019 lalu dan istrinya ditinggal sendiri. Saat itu, Rahman masih sempat komunikasi dengan istrinya, tapi sejak Rabu 9 Oktober 2019, Rahman sudak tidak bisa komunikasi lagi.

"Suami korban ke luar daerah dan sejak Rabu itu, ia sudah tidak bisa komunikasi lagi," katanya.

Setelah sepekan lamanya di luar daerah, Minggu 13 Oktober 2019, sekitar pukul 05.45 WITA, Rahman pulang. Tapi, saat masuk ke rumah, ia sudah tidak melihat istri sehingga mulai khawatir.

Rahman berusaha mencari istrinya dan menemukan toilet dalam keadaan terkunci dan ada bau menyengat. Rahman pun mencari pertolongan dan menemui warga sekitar.

"Suami korban ini dibantu oleh warga untuk mencari keberadaan istrinya. Nahas, istrinya itu ditemukan dalam keadaan telah meninggal dunia di toilet," tutup Indratmoko.

Hingga saat ini, petugas tengah melakukan penyelidikan terkait penyebab korban meninggal dunia. Tapi, hasil pemeriksaan awal, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan dan Halijah diduga meninggal dunia karena terjatuh ke toilet.

Keluarga Halijah sendiri juga menolak dilakukan autopsi dan mengikhlaskan kepergian Halijah.[]

Berita terkait
Ada Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Pelabuhan Ambon
Sesosok mayat pria paru baya tanpa identitas ditemukan tergeletak di depan ruangan transit penumpang Pelabuhan Yos Sudarso.
18 Mayat Terlantar Korban Pembunuhan di Bali Dikremasi
Selain korban pembunuhan, 18 mayat terlantar di Bali itu korban kecelakaan. Rencananya akan dikremasi bulan ini.
Mayat Dalam Karung Ditemukan di Aceh
Sesosok mayat berjenis kelamin pria ditemukan di salah satu sungai di Aceh Timur. Kondisi mayat terikat dalam karung.
0
Ulama di Madura Tuntut Sukmawati Dipenjara
Pernyataan kontroversial Sukmawati Soekarnoputri mengetuk amarah ulama dan umat Islam di Madura.