Investor Wajib Tau, Inilah 4 Resiko Investasi Emas

Meskipun dikenal sebagai investasi aman, namun nyatanya tetap ada risiko yang perlu dihadapi investor.
Investasi emas (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Investasi emas. Investasi yang satu ini tentunya dapat memberikan Anda keuntungan di masa mendatang khususnya secara finansial. Dengan melakukan investasi secara tepat dan konsisten, Anda dapat mencapai target tujuan hingga beberapa tahun ke depan.

Faktor historis dan supply yang terbatas menjadikan emas sebuah komoditi logam yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan banyak diminati berbagai kalangan untuk berinvestasi.

Namun yang perlu kita semua pahami di setiap bentuk investasi pasti memiliki risiko. Apabila kamu pernah melihat iklan yang mengatakan investasi aman tanpa risiko sudah pasti itu pernyataan yang kurang bertanggung jawab.

Karena tak ada satu pun investasi di dunia ini yang tanpa risiko. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak menjadikan risiko investasi sebagai hambatan atau halangan dalam melakukannya. 

Meskipun dikenal sebagai investasi aman, namun nyatanya tetap ada risiko yang perlu dihadapi investor.

Berikut adalah beberapa risiko investasi emas yang perlu Anda ketahui.


Membutuhkan Ruang Penyimpanan

Berinvestasi emas dalam bentuk fisik membutuhkan ruang penyimpanan yang aman. Namun Ketika kamu ingin menambahkan investasi kamu dalam bentuk emas fisik maka kamu juga membutuhkan tempat yang lebih luas. Membuat tempat penyimpanan yang aman tentunya juga membutuhkan biaya tambahan.


Waspadai Investasi Emas Bodong

Di era yang serba digital ini ada banyak pihak yang menawarkan kerja sama investasi dengan berbagai promosi menarik dan meyakinkan, namun justru cenderung tak masuk akal. Penawaran investasi dengan keuntungan selangit tanpa memberikan informasi secara detail adalah indikasi investasi bodong yang harus Anda waspadai.


Validasi Kandungan Emas Asli

Bagi orang awam tentu akan sulit memastikan bahwa sebuah logam benar-benar mengandung emas. Ada baiknya kamu mengajak orang yang telah berpengalaman dengan logam mulia ini dan kamu percaya.


Bersifat Jangka Panjang

Investasi emas ini merupakan pilihan yang dianjurkan untuk jangka panjang. Jadi, bagi Anda yang hendak berinvestasi namun menginginkan keuntungan dalam jangka pendek, investasi ini dinilai kurang cocok. Artinya, untuk memilih investasi ini Anda perlu memiliki tujuan jangka panjang.

Misalnya seperti naik haji, membeli rumah, atau menyiapkan biaya pendidikan anak. Emas memang dikenal sebagai instrumen investasi yang lebih likuid. Anda dapat menjualnya dan mendapatkan uang tunai kapan saja.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Antara Kebutuhan dan Keinginan dalam Berinvestasi
Berbicara persoalan kebutuhan atau keinginan sebenarnya tergantung pribadi setiap orang melakukan investasi.
Potensi Keuntungan Investasi Obligasi Perusahaan
Yuk simak berikut 3 potensi keuntungan dari investasi obligasi korporasi yang bakal kamu terima sebagai investor obligasi.
Resiko Investasi Jangka Panjang yang Perlu Kamu Ketahui
Untuk investasi jangka panjang, setidaknya Anda harus memahami enam resikonya. Berikut penjelasannya.
0
Investor Wajib Tau, Inilah 4 Resiko Investasi Emas
Meskipun dikenal sebagai investasi aman, namun nyatanya tetap ada risiko yang perlu dihadapi investor.