UNTUK INDONESIA
Instagram Andre Rosiade Di-'Hack'
Politikus Gerindra Andre Rosiade mendatangi Polda Metro Jaya guna melaporkan dugaan akun Instagramnya telah di-hack.
Andre Rosiade. (Foto: Antara)

Jakarta - Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade mendatangi Polda Metro Jaya guna melaporkan dugaan kalau akun Instagram pribadinya di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Tadi saya berkoordinasi dengan Kasubdit Cyber PMJ untuk melaporkan kasus ini," kata Andre di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2019, seperti dilansir dari Antara.

Andre menerangkan awal mula peristiwa dugaan hacking atau peretasan terjadi pada Rabu pagi saat akun Instagramnya tiba-tiba log out dan tidak bisa dibuka.

"Instagram saya di-logout pukul 07.30 dan sudah mulai ada tambahan nama di pemberitahuannya," ujar Andre.

Andre lantas mendapat notifikasi melalui pesan singkat maupun pesan email kalau akun Instagramnya sedang dicoba orang yang tidak dikenal untuk dibuka. Akhirnya ia melaporkan tentang itu ke polisi.

Instagram saya di-logout pukul 07.30 dan sudah mulai ada tambahan nama di pemberitahuannya.

Dia menyatakan terakhir menggunakan Instagramnya, tidak ada hal yang menonjol yang ia posting, hanya unggahan status tentang Partai Gerindra.

"Buat status terakhir kemarin malam, biasa soal kutipan televisi swasta soal posisi Gerindra di luar," kata Andre.

Saat melaporkan ke polisi, Andre juga membawa bukti-bukti berupa screenshot yang menunjukan notifikai kalau Instagramnya sudah berpindah tangan. Ia yakin polisi bisa menangani kasus itu.

"Harapan kami tentu pelaku-pelaku yang tidak bertanggung jawab, para hacker yang tidak bertangung jawab bisa diproses hukum," katanya.

Laporan Andre tersebut telah terdaftar pada nomor laporan polisi LP/4141/VII/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus tanggal 10 Juli 2019. Pelapor adalah Andre sendiri dan terlapornya masih lidik.

Andre melaporkan tentang itu dengan tuduhan Pasal 30 ayat (3) junto 46 ayat (3) dan atau Pasal 32 ayat (1) junto Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang RI tahun 2016 tentang ITE. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Pedagang Sibolga Tumpur Akibat Aturan Menterinya Jokowi
Sejumlah pedagang di Pasar Sibolga Nauli mengeluhkan minimnya penghasilan akibat imbas dari Peraturan Menteri Kelautan.