Inovasi Boba dari Rice Paper dan Cara Membuatnya

Rice paper terkenal sebagai bahan dasar makanan Vietnam yaitu Vietnamese prawn and mint rice paper rolls.
Ilustrasi minuman boba. (Foto: Tagar/Pinterest)

Jakarta - Rice paper atau spring roll merupakan luaran sejenis kulit lumpia yang terbuat dari tepung beras, tapioka, dan garam. Rice paper didapatkan dari proses pemasakan menggunakan uap panas atau dengan cara dikukus. Setelah itu dipotong membentuk bulatan berdiameter 22 cm. Terakhir, lembaran itu dikeringkan di atas papan bambu sehingga tercetak motif kotak-kotak pada permukaannya.

Rice paper terkenal sebagai bahan dasar makanan Vietnam yaitu Vietnamese prawn and mint rice paper rolls. Selain itu dipakai pula sebagai pengganti rumput laut pada sushi. Tidak hanya untuk makanan gurih, makanan manis pun bisa menggunakan luaran rice paper seperti fruit-chia rice paper rolls yang berisi buah-buahan seperti kiwi, stroberi, dan buah ara yang diletakan di atas puding yang terbuat dari biji Chia.

Inovasi olahan rice paper tidak berhenti sampai di sana, ternyata rice paper bisa digunakan untuk pembuatan boba pada minuman. Cara pembuatannya cukup menggunakan 2 bahan yaitu rice paper dan gula merah bubuk. Inilah petunjuk lengkap pembuatan boba dari rice paper.


1. Potong lembaran rice paper menjadi persegi

Boba yang akan dibuat bentuknya adalah silinder, maka kita perlu memotong permukaan rice paper menjadi persegi. Proses ini sebaiknya dilakukan sebelum lembarannya direndam ke dalam air.


2. Celupkan rice paper ke dalam air

Dalam satu bungkus, biasanya rice paper terdiri dari 10 lembar, permukaannya keras dan kaku. Maka sebelum mengolahnya lembaran itu harus dicelupkan terlebih dulu ke dalam air.


3. Gulung permukaan rice paper

Agar tetap kenyal saat dikunyah, gulung lembaran rice paper seperti menggulung karpet. Kalian bebas menggulung 1 atau 2 lembar sekaligus. Semakin banyak layer di dalam gulungan akan mempengaruhi volume saat menjadi boba.


4. Potong kecil gulungan rice paper

Hati-hati dalam memotongnya karena permukaannya lengket. Hasil akhirnya akan berbentuk bulatan dan silinder, tergantung bagaimana cara menggulungnya.


5. Rendam di air dingin

Sebelum dimasak, masukan potongan rice paper ke dalam air dingin agar tidak terlalu lengket dan terpisah dari potongan lainnya.


6. Masak bersama gula merah bubuk

Sama seperti memasak boba pada umunya, potongan itu dicampurkan ke dalam gula merah yang telah mengental. Masak sampai keduanya tercampur dan warnanya coklat kehitaman.


7. Tiriskan dan hidangkan

Setelah tercampur dan kecoklatan, tiriskan dan masukan ke dalam gelas. Tambahkan es batu dan tuangkan minuman kesukaan kalian. Minuman boba rice paper siap dinikmati.

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga :









Berita terkait
7 Fakta Menarik Tentang Minuman Boba
Boba sebagai minuman berkalori tinggi sudah menjadi minuman favorit hampir diseluruh dunia. Banyak fakta-fakta menarik dari Boba.
Boba Segar Tapi Punya Efek Parah Bagi Tubuh
Pelengkap minuman manis seperti bubble atau dikenal dengan sebutan boba sangat nikmat dikonsumsi, tetapi punya efek buruk bagi tubuh.
Omzet Rp 10 Juta Sebulan, The Bobatime Tawarkan Bisnis Kemitraan
Pemilik The Bobatime Indonesia, Ryan menyebut bisnis yang digelutinya merupakan pasar milenial, bisa raih omzet Rp 10 juta per bulan.
0
Inovasi Boba dari Rice Paper dan Cara Membuatnya
Rice paper terkenal sebagai bahan dasar makanan Vietnam yaitu Vietnamese prawn and mint rice paper rolls.