Inilah Keuntungan Menikah dengan Mahar Instrumen Reksadana

Belakangan ini tak sedikit generasi milenial yang melangsungkan pernikahan dengan memberi mahar instrumen reksadana.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Menikah bukanlah hal yang mudah, mengingat banyak perencanaan yang harus dibicarakan dengan matang, baik dari mental maupun finansial. Selain menyewa tempat, katering, dan busana pernikahan, bagi pihak pria khususnya calon suami juga perlu memikirkan mahar pernikahan. 

Belakang ini, tak sedikit generasi milenial yang melangsungkan pernikahan dengan memberi mahar yang tidak biasa, yaitu berupa investasi. Salah satunya instrumen reksadana. Sontak, mahar ini dapat menjadi ide yang bagus untuk mempelai pria yang ingin menikah.

Inilah keuntungan reksadana jadi mahar pernikahan.


1. Beda dari mahar lainnya

Mahar yang paling umum di Indonesia berupa emas, cincin emas atau perhiasan, dan uang. Hal ini tidak lepas dari rangkaian pernikahan yang terkesan sakral, jadi mahar yang diberikan harus benar-benar berkesan di mata mempelai perempuan dan keluarganya.

Seiring berjalannya waktu diikuti dengan perkembangan zaman, mahar dapat berupa apa saja termasuk reksadana. Tergolong unik juga anti-ribet, berbeda dengan mahar perhiasan. Kamu harus memilih model yang pas, menentukan berat mahar, dan lain sebagainya.

Terlepas dari kepraktisan yang ditawarkan, maraknya mahar reksadana tidak lepas karena dorongan untuk berinvestasi sejak dini. Dengan demikian, finansial semakin sehat di masa mendatang.


2. Harga relatif terjangkau

Selain unik, mahar berupa investasi reksadana juga terjangkau. Salah besar jika selama ini kamu mengira butuh puluhan atau ratusan juta untuk modal investasi reksadana. Dengan modal Rp500 ribu pun, reksadana sudah bisa dibeli.

Reksadana sangat cocok untuk pasangan yang ingin menikah dengan modal terbatas. Tinggal tentukan berapa jumlah reksadana untuk mahar, lalu mulailah menyisihkan uang agar mahar ini terkumpul secara perlahan.


3. Ada return yang menggiurkan

Namanya investasi, pasti ada return yang menggiurkan. Sama halnya dengan reksadana, dimana modalnya akan memberikan return bagi kamu dan pasangan dalam beberapa bulan setelah menikah. Return yang diterima tergantung modal awal dan kondisi perekonomian.

Yang pasti, keuntungan dari reksadana akan sangat membantu kondisi finansial pasangan muda yang baru membina rumah tangga. Sebagian keuntungannya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau melunasi sisa tagihan dari pesta pernikahan jika memang masih ada.


4. Dapat dijadikan tabungan keluarga

Reksadana memberikan keuntungan dalam jumlah tertentu. Nah, keuntungan ini sejatinya dapat dijadikan tabungan keluarga. Entah itu untuk membeli rumah, menyambut kedatangan buah hati, atau bekal pendidikan anak nanti.

Jumlahnya akan terus bertambah apabila keuntungannya dibiarkan mengendap di rekening reksadana. Apalagi jika kamu dan pasangan rutin menyisihkan uang ke reksadana. Tentu, return yang diperoleh semakin besar nantinya. Setidaknya dengan reksadana, kamu bisa bernapas lega karena sudah memiliki investasi.


5. Produk reksadana yang beragam

Nah, reksadana ini sendiri terbagi dalam beberapa produk. Reksadana pasar uang memberikan keuntungan yang sifatnya tetap, tapi jumlahnya tidak seberapa. Reksadana pendapatan tetap juga sama dengan risiko yang lebih tinggi. Selain itu, Reksadana saham dengan keuntungan serta risiko tertinggi.

Sebaiknya sesuaikan dengan profil risiko pasangan dan jangka waktu investasi jika ingin dijadikan investasi. Dengan demikian, hasil mahar reksadana memberikan keuntungan maksimal.


6. Dapat dicairkan kapan saja

Jika seandainya kamu membutuhkan uang untuk beli kendaraan atau rumah baru, reksadana paling bisa diandalkan. Pencairan dapat dilakukan kapan saja dibutuhkan, jadi aset yang diinginkan dapat dibeli.

Sebagai tambahan, proses pencairan reksadana membutuhkan waktu. Paling lama 7 hari kerja, paling cepat 2 hari kerja karena penjualan reksadana biasanya dilakukan secara bertahap. Tentu bukan menjadi masalah karena sifatnya tidak darurat. Jika darurat, sebaiknya maksimalkan penggunaan dana darurat dan cairkan investasi lain yang prosesnya lebih cepat. []


Baca Juga

Berita terkait
Dear Investor, Inilah Panduan Investasi Reksadana Syariah
Soalnya cara kerja investasi reksadana, yaitu dana yang digelontorkan investor sepenuhnya akan dikelola oleh perusahaan. Ini panduannya.
Guys, Inilah Proses Cleansing Reksadana Syariah!
Ciri pengelolaan reksadana syariah yang perlu ketahui adalah proses cleansing dana syariah, yaitu suatu proses pembersihan reksadana syariah.
Sebelum Beli Reksadana, Pahami Dulu Cut Off Time!
Dalam pembelian atau penjualan reksa dana ada istilah yang umumnya dikenal, yaitu cut-off time yang merupakan batas waktu penerimaan transaksi.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.