Pemerintah Kota Makassar

Ini Untung dan Rugi Investasi Emas

Nilai emas masih dianggap menguntungkan dan cocok untuk investasi jangka panjang.
Ilustrasi investasi emas. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Selain sebagai perhiasan emas merupakan logam mulia yang cukup diminati banyak masyarakat, emas dikenal sebagai barang investasi dengan kepastian bahwa akan memberikan keuntungan bagi pemiliknya.

Biasanya masyarakat memutuskan investasi emas karena dianggap lebih mudah dilakukan ketimbang berinvestasi di instrumen investasi lainnya, misalnya investasi saham. Seiring perkembangan zaman, investasi emas juga bisa dilakukan secara online, baik melalui beli emas secara digital hingga trading emas.

Nilai emas masih dianggap menguntungkan dan cocok untuk investasi jangka panjang. Keberadaan bentuk fisik yang dapat dimiliki menjadi salah satu faktor diminati oleh masyarakat luas hingga kini. Investasi emas juga memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu;

Keuntungan Investasi Emas

1. Mudah Dicairkan

Investasi emas membebaskan pemegang investasi untuk mencairkannya menjadi bentuk uang tunai. Dengan cara yang mudah dan waktu yang relatif singkat serta lebih fleksibel daripada jenis investasi lainnya.


2. Harga Stabil

­Nilai jual emas cenderung stabil karena tak terpengaruh oleh inflasi. Nilai jual emas sangat jarang turun, sebaliknya emas lebih sering mengalami kenaikan.


3. Bebas Pajak

Memiliki emas sebagai barang investasi merupakan pilihan yang tepat bila Anda menginginkan investasi bebas pajak.


4. Simpel

Investasi emas dapat dengan mudah dilakukan karena banyak penyedia fasilitas investasi emas baik secara fisik maupun digital dengan harga yang terjangkau dengan persyaratan yang tidak rumit


5. Melindungi Nilai Kekayaan

Dikarenakan nilai emas yang semakin naik dari tahun ke tahun, membuat emas cocok disebut sebagai investasi yang paling mampu melindungi nilai kekayaan seseorang.


Kekurangan Investasi Emas


1. Resiko Hilang Tinggi

Investasi emas batangan juga memiliki risiko kehilangan yang tinggi. Disarankan menyimpan emas ditempat penyimpanan yang aman seperti brankas atau safety box deposit untuk menyimpan berkas.

 2. Peningkatan Harga Yang Lambat

Harga emas memang selalu meningkat namun peningkatan harga tersebut berlangsung dengan jangka waktu yang cukup lama bahkan tidak bisa setahun kedepan. Walaupun begitu, harga emas juga bisa saja mengalami penurunan yang dianggap merugikan pihak investor karena tidak bisa mendapatkan imbal hasil yang maksimal.


3. Bukan Investasi Jangka Pendek

Emas tidak cocok bagi investor yang menginginkan keuntungan dalam jangka waktu pendek dikarenakan kenaikan harga emas membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Emas adalah investasi jangka panjang dimana keuntungan investasi emas dapat dirasakan setelah bertahun-tahun sehingga tidak cocok untuk dijadikan passive income bagi kamu yang mengharapkan keuntungan jangka pendek.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Kenali Beberapa Risiko yang Muncul Saat Investasi Emas
Jika jumlah emas yang dimiliki cukup banyak, brankas dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi risiko investasi.
Harga Emas Batangan Antam Masih Terus Bergairah
Dilansir dari situs resmi logammulia.com, harga emas batangan hari ini naik Rp 5.000/gram.
Sering Cemas dan Pesimis, 3 Zodiak ini Rentan Depresi
Orang yang pesimis cenderung tidak berani mengambil risiko, sehingga dapat menghambat produktivitas mereka.
0
Ini Untung dan Rugi Investasi Emas
Nilai emas masih dianggap menguntungkan dan cocok untuk investasi jangka panjang.