Ini Lho Ragam Manfaat Asuransi Pendidikan, Cek Nomor 5

Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak agar dapat berkembang dan berinovasi di masa depan.
Ilustrasi lulus pendidikan (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak agar dapat berkembang dan berinovasi di masa depan. Namun, apa yang terjadi jika keuangan menghalangi anak-anak untuk mengejar pendidikan?

Asuransi pendidikan merupakan salah satu bagian atau manfaat dari asuransi jiwa. Artinya, asuransi pendidikan pada umumnya manfaat pertanggungan biaya pendidikan diberikan jika tertanggung meninggal dunia atau menderita cacat tetap.

Ternyata, banyak yang sudah mengantisipasi hal ini sejak lama. Sebagian orang memilih untuk mengelola anggaran pendidikan anaknya melalui produk Asuransi Pendidikan. Lantas, manfaat apa saja yang perlu diperhatikan dan mengapa Anda juga harus membeli produk Asuransi Pendidikan? Simak penjelasannya di bawah ini.


1. Membantu Mengelola Anggaran Pendidikan

Dengan kondisi ekonomi yang terkadang tidak bisa diprediksi, tentunya Anda harus benar-benar cerdas dalam mengelola dana pendidikan untuk buah hati tercinta. Untuk mempermudah biaya pendidikan buah hati, Anda bisa memilih Asuransi Pendidikan. Perlu diketahui, dengan membeli Asuransi Pendidikan nantinya Anda akan dibantu oleh pihak perusahaan asuransi dalam mengatur anggaran dan biaya pendidikan kedepannya.


2. Pendanaan Sementara Tingkat Pendidikan Meningkat

Meskipun Anda tidak memiliki kebebasan untuk menarik dana sewaktu-waktu sesuai keinginan, Asuransi Pendidikan akan menyisihkan sebagian dana tersebut saat anak memasuki jenjang pendidikan yang baru, misalnya saat baru masuk sekolah dasar atau sekolah menengah atas. Hal ini sebenarnya lebih menguntungkan daripada Anda menggunakan layanan tabungan pendidikan yang hanya bisa diambil di akhir masa tabungan.


3. Memberikan Perlindungan

Asuransi Pendidikan melindungi rencana studi anak dari risiko kehidupan atau kesehatan yang Anda alami jika pembiayaan anak atau pembayaran premi tidak dapat dilakukan, misalnya karena kematian dan cacat total. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya premi dan memberikan santunan bulanan kepada anak sampai mereka mencapai usia yang ditentukan.


4. Memberikan Fleksibilitas dalam Jumlah Premium

Seperti jenis asuransi lainnya, Asuransi Pendidikan memberikan keleluasaan dalam mengatur besaran premi yang dibutuhkan setiap bulannya. Anda bisa menyesuaikannya dengan rencana pendidikan yang Anda miliki untuk buah hati Anda, serta kondisi keuangan Anda saat ini.


5. Memerangi Inflasi Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan yang semakin meningkat setiap tahunnya tidak akan mempengaruhi manfaat yang diterima karena Asuransi Pendidikan mengelola dana sebagai investasi. Manfaat yang Anda terima di awal akan meningkat, bahkan ada yang mencapai 15% dari nilai manfaat bulanan di awal

Demikian informasi mengenai 5 manfaat Asuransi Pendidikan. Umumnya, asuransi pendidikan terbaik memang menawarkan lima hal tersebut di atas. Semoga bermanfaat.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Manfaat dan Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan
Dengan cara-cara baru untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang terjangkau, masuk akal untuk mendapatkan perlindungan.
Ketahui Bagaimana Perusahaan Asuransi Menghasilkan Uang
Perusahaan asuransi menghasilkan uang dengan dua cara utama.
Tips Membuat Klaim Asuransi Pemilik Rumah
Anda dapat meningkatkan peluang sukses Anda dengan mempersiapkan terlebih dahulu hal-hal yang diperlukan.
0
Ganjar: Wirausaha Sebaiknya Dilatih di Koperasi & UMKM
Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa enterpreneurship (kewirausahaan) sebaiknya dilatih pada koperasi dan UMKM.