Ini Dia 3 Fakta Menarik Gunung Semeru

Selain karena ketinggiannya, Gunung Semeru mempunyai beberapa hal menarik bagi para pendaki di Indonesia. Berikut fakta menarik Gunung Semeru.
Gunung Semeru (Foto: Tagar/getty images/sherly348)

Jakarta - Gunung Semeru menjadi salah satu gunung yang menarik bagi para pendaki Indonesia. Banyak pendaki yang datang ke Semeru karena tidak lepas dari julukan Seven Summits Indonesia. Gunung Semeru menjadi salah satu puncak tertinggi dalam tujuh gunung di Indonesia.

Selain karena ketinggiannya, Gunung Semeru ini juga mempunyai beberapa hal menarik bagi para pendaki di Indonesia. Berikut fakta menarik dari Gunung Semeru:


Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Gunung Semeru menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut. Dengan puncak Mahamerunya yang dikenal sebagai Jonggring Saloko, gunung ini menjadi salah satu dari tujuh puncak di Indonesia.

Dengan ketinggian yang dimiliki oleh Gunung Semeru ini, tak heran jika para pendaki menjadikan gunung ini sebagai salah satu gunung yang wajib didaki. Selain itu, panorama alam yang disajikan juga menjadi pusat perhatian para pendaki.


Tempat yang Indah

Siapapun yang pernah berkunjung ke Gunung Semeru pasti akan setuju karena gunung ini mempunyai panorama yang indah. Tidak hanya saat mendaki saja, kamu bisa menikmati keindahan alam saat berada di base camp.

Kamu bisa pergi ke Danau Ranu Regulo yang berada di desa Ranupani. Danau ini jaraknya sekitar lima ratus meter dari base camp pendakian. Selama pendakian pun, kamu akan disuguhi berbagai panorama alam, seperti Sabana Oro-oro Ombo, Hutan Pinus Landengan Dowo, Sabana Kalimati, Pangonan Cilik, dan tentu saja danau yang terkenal, Danau Ranu Kumbolo.


Bapak Gunung Agung

Umat Hindu di Bali percaya Gunung Semeru adalah bapak dari Gunung Agung. Upacara adat dilakukan delapan atau dua belas tahun sekali di Gunung Semeru jika ada yang menerima suara gaib dari dewa-dewi Gunung Semeru.


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Cuaca Ekstrem, Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Sampai Maret 2022
Ada empat jalur pendakian TNGR yang ditutup untuk sementara waktu dan akan dibuka kembali pada April 2022 mendatang.
Aliran Lava Gunung Berapi di La Palma Spanyol Capai Samudra Atlantik
Salah satu dari tujuh aliran lava Gunung Berapi Cumbre Vieja di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol, 22 November 2021
Inilah Destinasi Wisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Mengunjungi tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari rumah merupakan salah satu cara sebagian orang untuk mengistirahatkan pikirannya.
0
OJK Ungkap Peluang dan Tantangan Bank Syariah pada 2022
OJK telah mengeluarkan Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia 2020-2025.