Jakarta - Jika saat ini Anda sedang mencari cara untuk memasarkan produk atau iklan sebagai salah satu strategi investasi, tentu pemilihan media yang tepat sudah menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar.
Iklan berarti menggunakan media. Pertanyaannya adalah media seperti apa dan bagaimana yang bisa memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan Anda. Inilah tipsnya.
1. Tentukan Budget
Iklan atau promosi pasti membutuhkan budget tertentu untuk mengiklankan produk kepada konsumen. Disini tergantung budget Anda karena setiap jenis media memiliki harga yang berbeda-beda.
- Baca Juga: Cara Mudah Membuat Iklan di Instagram
Anda bisa saja melakukan iklan secara besar-besaran dengan dana yang tinggi pula, namun bisa jadi hasilnya tidak maksimal karena Anda tidak mengiklankan sesuai dengan segmen pasar.
Oleh sebab itu, diawali dengan budget agar lebih efektif, kemudian Anda bisa menilai media iklan apa yang tepat untuk promosi produk Anda.
2. Tentukan Segmen Pasar
Hal yang masih berkaitan dengan budget atau dana adalah mengetahui segmen pasar. Ini penting bahkan sangat urgent. Anda tidak bisa melakukan sebuah iklan produk tertentu tanpa mengetahui target atau segmen pasarnya.
3. Tentukan Materi Iklan
Disini menjadi penting karena berhubungan dengan media apa yang akan Anda gunakan. Tentu, hal ini berkaitan dengan materi iklan Anda. Jika materi iklan Anda hanya sebatas text atau tulisan, maka bisa dengan media cetak baik offline maupun online. Ini akan lebih mengena dan lebih hemat dari sisi biaya.
Namun, jika materi iklan berbentuk video dan audio, bisa saja beriklan di TV atau di situs video online seperti YouTube untuk mengenalkan pasar ke yang lebih luas.
4. Tentukan media online atau offline atau keduanya
Ada media online menggunakan internet bisa dengan text, gambar bergerak atau animasi GIF, video, audio dengan target pasar para pengguna internet dan sosial media ada juga media offline yang menggunakan text dan gambar seperti koran, billboard, baliho, spanduk dan lain sebagainya.
Baik media online dan offline memiliki segmen pasar yang berbeda. Oleh sebab itu, media online atau offline bisa jadi sangat efektif tergantung dari pasar yang ingin Anda raih.
5. Menggunakan jasa advertisement
Jika Anda tidak bisa memilih jenis media yang tepat dan efektif, ada baiknya Anda bekerjasama dengan pihak perusahaan advertisement atau iklan.
- Baca Juga: Pembaca Iklan yang Cerdas
Nantinya, perusahaan tersebut yang akan melakukan survey dan hal lainnya yang berkaitan dengan produk dan pasar Anda sehingga mereka akan bisa memilihkan media yang tepat untuk beriklan. []