UNTUK INDONESIA
Indro Warkop Belajar Banyak dari Ade Irawan
Komedian senior Indro Warkop mengaku belajar banyak hal dari sosok mendiang Ade Irawan.
Indro Warkop saat ditemui Tagar di rumah duka mendiang Ade Irawan, Jum.\'at, 17 Januari 2020. (Foto: Tagar/Santi Sitorus)

Jakarta - Komedian senior Indro Warkop memberikan penghormatan kepada mendiang Ade Irawan yang meninggal dunia pada Jum'at siang, 17 Januari 2020. Personel grup lawak Warkop DKI itu mengaku belajar banyak hal dari sosok aktris kawakan itu.

Kepada wartawan, Indro mengaku langsung datang ke rumah duka sewaktu mengetahui kabar berpulangnya Ade Irawan. Ia menilai, Ade merupakan seniornya yang sangat ia hormati lantaran kerap memberikan contoh positif kepadanya, termasuk dalam hal konsistensi dan berprinsip dalam hidup.

"Beliau kan pendahulu, banyak hal yang kita pelajari dari beliau dan juga terima kasih saya kepada beliau. Dia orang konsisten dan punya prinsip," kata Indro saat ditemui Tagar di rumah duka mendiang Ade Irawan, Jum.'at, 17 Januari 2020.

"Beliau senior saya banget, gimana sih artis zaman dulu. Saya senang beliau menghargai waktu, menghargai semua, kru, itu yang sudah didapat. Dan itu yang sebenarnya kita tiru," ujar dia.

Indro mengatakan, ia menjalin hubungan yang lumayan dekat sengan sosok Ade Irawan, termasuk dalam berbagi informasi mengenai kesehatan. Pada pertemuan terakhirnya, Indro banyak melakukan perbincangan dengan Ade saat melayat Ria Irawan yang meninggal dunia pada 6 Januari 2020 lalu.

"Baru kemarin saya ngobrol banyak, enggak nyinggung apa-apa. Dia bilang maaf, walau saya enggak seumuran tapi boleh dibilang hampir bersamaan berangkatnya (di dunia hiburan)," kata Indro.

"Doa saya kepada beliau yang terpenting mah, melihat sikap beliau semoga beliau diwafatkan dalam keadaan khusnul khotimah. Insya Allah segala dosa diampuni, itu yang saya harapkan. Keluarga semoga sabar, tabah, dan ikhlas menerima takdir Allah," ujar dia.

Indro WarkopIndro Warkop saat ditemui Tagar di rumah duka mendiang Ade Irawan, Jum.\'at, 17 Januari 2020. (Foto: Tagar/Santi Sitorus)

Ade Irawan meninggal dunia pada Jum'at, 17 Januari 2020. Ia mengembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 14.22 WIB setelah sempat mendapat perawatan medis di RS Fatmawati, Jakarta Selatan. Ia dilarikan ke rumah sakit dua hari sebelumnya lantaran mengalami sesak napas.

Anak kedua Ade Irawan, Adi Bambang Irawan, mengatakan bahwa ibundanya memang memiliki riwayat penyakit komplikasi. Selain itu, ia menyebut faktor usia juga menjadi salah satu penyebab kematian aktris senior itu.

Baca juga: Melly Goeslaw dan Ernest Beri Kabar Ade Irawan Wafat

"Emang ya penyakit tua. Sekarang umurnya sudah hampir 83 (tahun) bulan besok. Ini penyakit komplikasi, jantungnya sudah pernah dioperasi, pakai ring. Terus terakhir paru-paru sudah terendam (cairan). Sama kejadiannya kayak Ria (Irawan) juga, dan sudah disedot," kata dia. []

Berita terkait
Anak Ade Irawan Beberkan Riwayat Penyakit Ibundanya
Anak kedua Ade Irawan, Adi Bambang Irawan, membeberkan riwayat penyakit mendiang ibundanya yang meninggal dunia pada Jumat, 17 Januari 2020.
Mayky Wongkar Kenang Masa Pacaran dengan Ria Irawan
Suami mendiang aktris Ria Irawan, Mayky Wongkar, mengisahkan sepenggal kenangan semasa berpacaran dengan almarhumah istrinya.
Ria Irawan Wafat, Suami Ikut Turun ke Liang Kubur
Suami Ria Irawan, Mayky Wongkar, terlihat ikut turun ke dalam liang kubur untuk mengantarkan istri tercinta ke tempat peristirahatan terakhirnya.
0
Isu Penculikan Anak, Polres Siantar: Tidak Benar
Merebaknya kabar atau isu penculikan anak di salah satu SD di Kota Pematangsiantar, memunculkan kekhawatiran banyak orang tua.