UNTUK INDONESIA
Anak Ade Irawan Beberkan Riwayat Penyakit Ibundanya
Anak kedua Ade Irawan, Adi Bambang Irawan, membeberkan riwayat penyakit mendiang ibundanya yang meninggal dunia pada Jumat, 17 Januari 2020.
Anak kedua Ade Irawan, Adi Bambang Irawan, ditemui di Tagar di rumah duka, di kawasan Lebak Bulus, Jum\\'at, 17 Januari 2020. (Foto: Tagar/Santi Sitorus)

Jakarta - Anak kedua Ade Irawan, Adi Bambang Irawan, membeberkan riwayat penyakit mendiang ibundanya yang meninggal dunia pada hari ini, Jum'at, 17 Januari 2020. Menurutnya, selain usianya yang memang telah memasuki masa senja, pemilik nama lengkap Arzia binti Mohammad Dahar itu memang mengidap sejumlah penyakit.

Aktris lawas Ade Irawan meninggal dunia pada pukul 14.22 WIB setelah sempat mendapat perawatan medis di RS Fatmawati, Jakarta Selatan. Adi mengatakan ibunya dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami sesak napas pada dua hari sebelumnya.

"Awalnya ibu saya itu masuk rumah sakit dua hari yang lalu, karena sesak napas. Itu kejadiannya jam 2.20 pagi dan kebetulan adik saya yang tahu langsung memberangkatkan beliau ke rumah sakit," kata Adi, saat ditemui Tagar di rumah duka, di kawasan Lebak Bulus, Jum'at, 17 Januari 2020.

"Tapi tadi setelah ditangani dokter, sudah ada gejala, lebih drop lagi, dan meninggal dunia pada pukul 14.22," ujar dia.

Adi mengatakan, Ade Irawan yang hampir menginjak usia 83 tahum memiliki riwayat mengidap komplikasi sejumlah penyakit, termasuk gangguan jantung dan paru-paru. Ibunya disebut telah terlihat lemah sebelum akhirnya mengembuskan napas terakhir.

"Emang ya penyakit tua. Sekarang umurnya sudah hampir 83 (tahun) bulan besok. Ini penyakit komplikasi, jantungnya sudah pernah dioperasi, pakai ring. Terus terakhir paru-paru sudah terendam (cairan). Sama kejadiannya kayak Ria (Irawan) juga, dan sudah disedot," kata dia.

"Kondisinya sudah lemas ya. Karena fisiknya suda kurang kuat menanggung penyakit itu," ujar Adi.

Ade IrawanAde Irawan. (Foto: Instagram/@iskandar_yunhan_art)

Kabar duka meninggalnya Ade Irawan pertama kali tersebar ke publik melalui unggahan sejumlah pesohor di laman media sosial.

"Innalillahi wainailaihi rojiun. Selamat jalan tante Ade Irawan. Bahagia berkumpul kembali dengan Ria di Surga Allah SWT. Alfatihah buat tante dan Ria," tulis Melly, dikutip Tagar pada Jum'at, 17 Januari 2020.

Baca juga: Melly Goeslaw dan Ernest Beri Kabar Ade Irawan Wafat

Kabar serupa juga disampaikan oleh komedian Ernest Prakasa melalui unggahan di media sosial Twitter. Sutradara sekaligus aktor film itu menyebut Ade Irawan meninggal dunia menyusul putrinya yang wafat pada 6 Januari kemarin.

"Ibu Adek Irawan baru saja berpulang menyusul anaknya terkasih Ria Irawan. Sungguh sulit membayangkan dukacita Mbak @dewiirawan13 dan keluarga. Semoga Tuhan memberi kekuatan dan ketabahan," kata Ernest melalui cuitan di akun @ernestprakasa. []

Berita terkait
Mayky Wongkar Kenang Masa Pacaran dengan Ria Irawan
Suami mendiang aktris Ria Irawan, Mayky Wongkar, mengisahkan sepenggal kenangan semasa berpacaran dengan almarhumah istrinya.
Ria Irawan Wafat, Suami Ikut Turun ke Liang Kubur
Suami Ria Irawan, Mayky Wongkar, terlihat ikut turun ke dalam liang kubur untuk mengantarkan istri tercinta ke tempat peristirahatan terakhirnya.
Suasana Pemakaman Ria Irawan di TPU Tanah Kusir
Suasana haru dan langit yang mendung menyelimuti prosesi pemakaman artis senior Ria Irawan, di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.
0
Lapak Berjarak Diterapkan di Pasar Bitingan Kudus
Pemkab Kudus mulai menerapkan physical distancing di Pasar Bitingan. Jarak lapak diatur sedemikian rupa agar pedagang tidak berdekatan.