UNTUK INDONESIA
Indo Barometer: Prabowo Menteri Terbaik di Kabinet Jokowi
Indo Barometer mendaulat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai menteri dengan kinerja paling baik di Kabinet Jokowi.
Prabowo Menteri Terbaik di Kabinet Jokowi. (Foto: Tagar/Instagram/prabowo)

Jakarta - Indo Barometer merilis survei soal kinerja menteri Jokowi dalam 100 hari pemerintahan pada Februari 2020, Prabowo Subianto didaulat menjadi menteri yang memiliki kinerja paling baik dengan 26,8 persen.

Peringkat kedua ditempati Sri Mulyani dengan 13,9 persen sementara Erick Thohir berada di peringkat ketiga. Menkopolhukam Mahfud MD berada di peringkat keempat dengan 7,3 persen sementara Mendikbud Nadiem Makarim ada di peringkat kelima dengan 5,2 persen.

Pak Prabowo itu sebetulnya ketika responden ditanya alasan memilih, macam-macam.

Prabowo mendapatkan keunggulan karena ketegasan selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Selain itu, Politisi Partai Gerindra itu dianggap cocok menjadi Menhan karena sesuai dengan kemampuannya di dunia militer.

Sementara itu, Sri Mulyani memiliki kinerja baik karena sudah berpengalaman di bidangnya. Sebanyak 31,7 persen responden Indo Barometer menyebut wanita yang menjadbat sebagai Menteri Keuangan itu merupakan sosok yang pintar dan intelektual.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan, ada dua aspek yang mempengaruhi hasil survei. Pertama, pengenalan responden terhadap menteri. Kemudian yang kedua yaitu prestasi.

PrabowoPrabowo Menteri Terbaik di Kabinet Jokowi. (Foto: Tagar/Indo Barometer)

"Pak Prabowo itu sebetulnya ketika responden ditanya alasan memilih, macam-macam. Bukan cuma karena kinerja tapi karena aspek lain seperti kepribadian tegas lalu tepat di bidangnya," ucap Qodari, Selasa, 20 Oktober 2020.

Ia mengatakan, latar belakang Prabowo sebagai Menteri Pertahanan tepat dengan latar belakangnya sebagai Jenderal.

Erick Thohir, kata Qodari, dianggap berkinerja baik karena profesional dan mendapat exposure luas di masyarakat dalam kasus penyelundupan sepeda Brompton yang melibatkan sejumlah petinggi Garuda Indonesia.

"Itulah variabel yang membuat kenapa kemudian tiga orang ini menonjol," ucap Qodari.[]

Berita terkait
Sedap, Prabowo Rayakan Ulang Tahun di Amerika
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto rayakan ulang tahun ke 69 di Amerika Serikat.
Perjalanan Prabowo ke AS Dihantui Kasus Pelanggaran HAM
Amnesty Indonesia ingatkan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto masih memiliki persoalan HAM. Mereka meminta Ketum Gerindra diadili di AS.
Minta Prabowo Jemput Habib Rizieq, Tokoh Ini Diciduk Polisi
Syahganda Nainggolan menyarankan Prabowo Subianto untuk menjemput Habib Rizieq Shihab. Syahganda diciduk Bareskrim Polri di Depok.
0
Video Viral: Fans Asal Indonesia Menangisi Kematian Naruto
Sebuah video berisi adegan seorang perempuan menangisi kematian karakter anime Naruto, viral di media sosial.