UNTUK INDONESIA
Inaleaks Ungkap Perusakan Buku Merah di Gedung KPK
Video perusakan barang bukti buku merah di Gedung Direktorat Penyidikan KPK bocor ke publik.
Ilustrasi buku merah. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Video yang memperlihatkan rekaman CCTV berisi dugaan perusakan barang bukti buku merah di Gedung Direktorat Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bocor ke publik. 

Adalah akun Instagram IndonesiaLeaks, @inaleaks yang pertamakali mengunggah video CCTV tersebut pada Kamis 17 Oktober 2019. Dalam keterangan unggahannya, IndonesiaLeaks menulis video itu merupakan detik-detik perusakan buku merah di ruang kolaborasi lantai 9 Direktorat Penyidikan KPK

Peristiwa ini sebelumnya riuh disorot publik lantaran diduga ada sejumlah anggota Polri yang bekerja di KPK terlibat. Sedangkan buku merah diduga barang bukti kasus siap uji materi UU Peternakan dan Kesehatan Hewan.

"Empat hari sebelum Novel Baswedan diserang, terjadi perusakan barang bukti buku merah di ruang kolaborasi lantai 9 Gedung KPK. Perusakan tersebut dilakukan oleh dua penyidik KPK dari kepolisian yakni Harun dan Roland Ronaldy. Aksi keduanya itu terekam CCTV," tulis Inaleaks lewat keterangan videonya.

Keterangan video yang disebarkan IndonesiaLeaks itu kemudian menjelaskan jika rekaman tersebut bukti baru perusakan buku merah. Bukti itu diperoleh IndonesiaLeaks pada pertengahan 2019.

Dalam video berdurasi 18 menit tersebut tampak para penyidik, yaitu Harun, Roland Ronaldy, Ardian Rahayudi, Rufriyanto Maulana Yusuf, dan dua penyidik lainnya. Roland dan Harun terlihat beberapa kali memeriksa buku merah dan menunduk di balik meja.

Ketika berita ini diturunkan Tagar yang mencoba konfirmasi ke KPK lewat sambungan telepon dan pesan singkat hingga saat ini belum mendapat balasan.

Berita terkait
UU KPK Berlaku, Apa Kabar Pasal Dewan Pengawas?
Tepat satu bulan yang lalu revisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi disahkan DPR dan perwakilan pemerintah.
BaraJP Medan Sayangkan OTT Eldin
BaraJP kota Medan sangat menyayangkan atas tertangkapnya wali kota Medan Dzulmi Eldin akibat Korupsi.
Pilkada 2020 Suara Partai Pencetus Revisi UU KPK Anjlok
Suara 5 partai pengusung revisi UU KPK diprediksi bakal anjlok di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.
0
Alasan Gibran Butuh Pembantu untuk La Lembah Manah
Cucu ketiga Presiden Jokowi, La Lembah Manah dan istri Gibran, Selvi diizinkan pulang dari rumah sakit setelah kondisi membaik usai melahirkan.