Ibunda Jokowi Wafat, Pemimpin Dunia Berkabung

Raja Salman dari Arab Saudi menjadi salah satu pemimpin dunia yang mengucapkan belasungkawa kepada Presiden Jokowi atas kepergian ibunda.
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz ,mengikuti KTT G20 secara virtual di Riyadh, 26 Maret 2020. KTT G20 kali ini mengangkat tema utama tentang penanggulangan pandemi COVID-19. (Foto: ANTARA FOTO/Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS/pras).

Jakarta - Raja Salman dari Arab Saudi menjadi salah satu pemimpin dunia yang mengucapkan belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas kepergian Ibunda, Sujiatmi Notomihardjo.

Almarhumah, Sujiatmi Notomiharjo mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 25 Maret 2020, pukul 16.45 WIB di Solo, Jawa Tengah.

Ucapan duka cita disampaikan Raja Salman kepada Presiden Jokowi saat membuka pertemuan KTT Luar Biasa G20 secara virtual, Kamis malam, 26 Maret 2020.

Saya berduka atas meninggalnya Ibunda teman saya, Joko Widodo, Presiden Indonesia.

Baca juga: Jokowi Gelar Tahlilan untuk Almarhumah Ibunda

Melalui surat resmi yang diterima Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden dari Kementerian Luar Negeri, para pemimpin negara yang juga menyampaikan belasungkawa di antaranya Sultan Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Singapura Halimah Yacob, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

“Dengan rasa berdukacita dan amat terharu mendengar berita mengenai kembalinya ke Rahmatullah Ibu kepada Tuan yang terutama. Beta ingin menyampaikan ucapan takziah dan simpati yang mendalam,” kata Sultan Hassanal Bolkiah, dalam surat tersebut.

Ada beberapa nama lainnya yang juga mengucapkan belasungkawa kepada Jokowi, yaitu Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Wakil Presiden sekaligus Perdana Menteri PEA Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dan Putra Mahkota Abu Dhabi, PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Baca juga: Jokowi Ikut Membaringkan Ibunda untuk Terakhir Kali

“Kami turut berduka mendengar kepergian Ibunda Yang Mulia Bapak Presiden, kami turut bersimpati dan belasungkawa tulus kepada Yang Mulia Bapak Presiden, pemerintah Republik Indonesia dan keluarga Bapak Presiden,” ucap ketiga pemimpin PEA, berdasarkan rilis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat, 27 Maret 2020.

Tak hanya melalui surat, Putra Mahkota Abu Dhabi MBZ juga sampaikan duka citanya melalui akun Twitter-nya.

“Saya berduka atas meninggalnya Ibunda teman saya, Joko Widodo, Presiden Indonesia. Saya sampaikan simpati yang mendalam untuk keluarga. Semoga Allah mengasihi Almarhumah, mengampuni, dan menjadikan Surga tempat peristirahatannya, dan keluarganya diberikan kesabaran dan ketabahan,” cuit MBZ yang ditujukan kepada Jokowi.

Kepergian Ibunda Jokowi dibanjiri doa. Tokoh lainnya juga terlihat menyampaikan rasa duka kepada Jokowi. Ungkapan belasungkawa juga datang dari Sultan Oman Haitham Bin Tarik, Perdana Menteri Bahrain Shaikh Khalifa Bin Salman Al Khalifa, Presiden Guinea-Bissau Umaro Sissoco Embalo dan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin melalui akun Twitter resminya. []

Berita terkait
Polisi Selidiki Ujaran Kebencian pada Ibunda Jokowi
Polisi sedang melakukan penyelidikan atas kasus ujaran kebencian (hate speech) terdahap almarhumah Sujiatmi Notomihardjo, Ibunda Presiden Jokowi.
Ibunda Jokowi Dikebumikan di Makam Keluarga
Mendiang Sujiatmi Notomihardjo, ibunda dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan dikebumikan di pemakaman keluarga pada Kamis, 26 Maret 2020.
Sosok Ibunda Jokowi di Mata Khofifah, Rajin Salat
Kenangan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terhadap Ibunda Jokowi saat diminta untuk memimpin doa