UNTUK INDONESIA
Ibunda Jokowi Dikebumikan di Makam Keluarga
Mendiang Sujiatmi Notomihardjo, ibunda dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan dikebumikan di pemakaman keluarga pada Kamis, 26 Maret 2020.
Sujiatmi Notomihardjo ibunda Presiden Jokowi. (Foto: Facebook/Presiden Joko Widodo)

Jakarta - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan saat ini Presiden Jokowi sedang mempersiapkan pemakaman untuk mendiang ibundanya, Sujiatmi Notomihardjo. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga pada pukul 13.00 WIB.

"Jenazah almarhumah Ibu Sujiatmi Notomihardjo, ibunda dari Presiden Joko Widodo, diberangkatkan dari rumah duka ke masjid dekat rumah. Di mana almarhumah biasa menjalankan salat subuh dan magrib, baru akan dimakamkan ke pemakaman keluarga," kata Pramono melalui instagram pribadinya @pramonoanungw, seperti dilihat Tagar, Kamis, 26 Maret 2020.

Baca juga: Ibunda Wafat, Jokowi: Mohon Berdoa dari Rumah Saja

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas doa yang mengalir dari masyarakat Indonesia kepada ibundanya yang wafat dalam usia 77 tahun, Sujiatmi Notomihardjo, pada Rabu sore, 25 Maret 2020.

Melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Jokowi mengimbau agar masyarakat mengurungkan niatnya bertakziah langsung ke rumah duka. 

Di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19 di dunia, dia meminta cukup dikirimkan doa dari kejauhan saja.

Almarhumah biasa menjalankan salat subuh dan magrib, baru akan dimakamkan ke pemakaman keluarga.

Baca juga: Ibunda Wafat, Jokowi Tetap Ikut KTT G20 Bahas Corona

"Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon berkenan berdoa dari rumah masing-masing, dan tidak perlu beramai-ramai melayat ke rumah duka atau ke pemakaman, karena kita tetap harus menjalankan physical distancing (jaga jarak)," kata Pratikno melalui keterangan tertulis yang diterima Tagar, Kamis pagi, 26 Maret 2020.

Almarhumah Sujiatmi Notomiharjo mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 25 Maret 2020, pukul 16.45 WIB di Solo, Jawa Tengah. Sujiatmi bersuami Widjiatno Notomihardjo, seorang pedagang kayu yang seprofesi dengan Jokowi sebelum menjadi kepala negara.

Semalam, jenazah Sujiatmi telah diantar dari Rumah Sakit Slamet Riyadi menuju rumah duka di jalan Pleret Raya No 9 A, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Surakarta pada pukul 18.41 WIB. []

Berita terkait
Presiden Jokowi Beberkan Penyebab Kematian Ibundanya
Presiden Jokowi memberikan penjelasan mengenai penyebab kematian ibundanya, Sujiatmi Notomiharjo, yang meninggal dunia pada Rabu, 25 Maret 2020.
Yusuf Mansur Sebut Ibunda Jokowi Rajin Salat Malam
Pendakwah ustaz Yusuf Mansur menyebut ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo, sebagai sosok yang rajin mendirikan salat malam.
Ucapan Duka Cita, Ibunda Jokowi di Mata Bamsoet
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengenang sosok almarhumah ibunda Presiden Jokowi sebagai pribadi yang luar biasa.
0
Ibunda Jokowi Dikebumikan di Makam Keluarga
Mendiang Sujiatmi Notomihardjo, ibunda dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan dikebumikan di pemakaman keluarga pada Kamis, 26 Maret 2020.