UNTUK INDONESIA
Ibunda Wafat, Jokowi: Mohon Berdoa dari Rumah Saja
Presiden Jokowi mengimbau agar masyarakat mengurungkan niatnya bertakziah langsung ke rumah duka dengan berdoa dari rumah saja.
Presiden Jokowi di depan jenazah ibunda, Sujiatmi Notomiharjo pada Rabu malam, 25 Maret 2020.. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih atas doa yang mengalir dari masyarakat Indonesia kepada ibundanya yang wafat di usia 77 tahun, Sujiatmi Notomihardjo, pada Rabu sore, 25 Maret 2020.

Melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Jokowi mengimbau agar masyarakat mengurungkan niatnya bertakziah langsung ke rumah duka. Di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19 di dunia, dia meminta cukup dikirimkan doa dari kejauhan saja.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon berkenan berdoa dari rumah masing-masing, dan tidak perlu beramai-ramai melayat ke rumah duka atau ke pemakaman, karena kita tetap harus menjalankan physical distancing (jaga jarak)," kata Pratikno melalui keterangan tertulis yang diterima Tagar, Kamis pagi, 26 Maret 2020.

Bagi yang hadir, tetap mohon jaga jarak aman sebagaimana telah disampaikan oleh pemerintah.

Bagi pada tamu yang telah hadir di rumah duka, Pratikno meminta agar tetap menerapkan jaga jarak atau social distancing seperti imbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona di Tanah Air. "Bagi yang hadir, tetap mohon jaga jarak aman sebagaimana telah disampaikan oleh pemerintah," ucap Pratikno.

Sebelumnya, Jokowi meminta seluruh menteri dan wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk tidak hadir dalam acara pemakaman sang bunda di Solo, Jawa Tengah. Dia meminta agar para menteri tetap berada di Jakarta untuk melanjutkan tugas masing-masing.

Hal itu disampaikan Juru bicara (Jubir) Presiden, Fadjroel Rachman. "Atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa pemakaman almarhumah Ibunda akan dilaksanakan secara internal dan para anggota Kabinet Indonesia Maju berserta jajaran tetap bekerja di Jakarta dan fokus pada tugas masing-masing," kata Fadjroel lewat pernyataan tertulis yang diterima Tagar, Rabu malam, 25 Maret 2020.

Diketahui ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 25 Maret 2020, pukul 16.45 WIB di Solo, Jawa Tengah. Sujiatmi bersuami Widjiatno Notomihardjo, pedagang kayu yang seprofesi dengan Jokowi sebalum menjadi kepala negara. []

Berita terkait
Ibunda Wafat, Jokowi Tetap Ikut KTT G20 Bahas Corona
Ibunda Jokowi baru saja wafat. Di tengah situasi berduka dan merebaknya wabah virus corona, Jokowi tetap ikut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.
Ibunda Jokowi Sujiatmi Wafat, 2 Ketum Partai Berduka
Mengetahui kabar ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia, dua ketua umum partai berduka.
Ibunda Jokowi, Sujiatmi Meninggal Dunia
Ibunda Presiden ke-7 Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia.
0
Pasien Positif Corona Asal Salaman Magelang Sembuh
Pasien positif virus corona di Kabupaten Magelang yang sembuh bertambah. Total ada tiga pasien, terbaru pasien asal Salaman.