UNTUK INDONESIA
Presiden Jokowi Beberkan Penyebab Kematian Ibundanya
Presiden Jokowi memberikan penjelasan mengenai penyebab kematian ibundanya, Sujiatmi Notomiharjo, yang meninggal dunia pada Rabu, 25 Maret 2020.
Presiden Jokowi memberikan penjelasan mengenai penyebab kematian ibundanya, Sujiatmi Notomiharjo, yang meninggal dunia pada Rabu, 25 Maret 2020. (Foto: Antara/Aris Wasita)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penjelasan mengenai penyebab kematian ibundanya, Sujiatmi Notomiharjo, yang meninggal dunia pada Rabu, 25 Maret 2020, sekitar pukul 16.45 WIB. Jokowi mengatakan, ibunya wafat setelah menderita penyakit kanker selama empat tahun terakhir.

"Kita tahu ibu sudah empat tahun ini sakit, menderita kanker," kata Jokowi dalam keterangannya di Solo, Rabu malam, 25 Maret 2020, diberitakan Antara.

Presiden mengatakan, ia dan pihak keluarga sudah berikhtiar memberikan pengobatan atas penyakit yang diderita ibundanya, termasuk menjalani pengobatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, hingga akhirnya mangkat dalam usia 77 tahun.

"Kita semua sudah berikhtiar, tetapi Allah sudah menghendaki. Keluarga besar memohonkan doa agar kesalahannya diampuni Allah SWT dan khusnul khatimah," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan rencananya ibunda akan dimakamkan di Pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada Kamis siang, 26 Maret 2020 sekitar pukul 13.00 WIB.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat agar tidak perlu ikut datang ke pemakaman. Menurutnya, keluarga Presiden Jokowi akan sangat senang dan menghormati jika masyarakat bisa mendoakan dari rumah.

"Ini tadi saya baru bicara dengan keluarga, di sini saya menyampaikan terima kasih ke masyarakat. Keluarga berharap besok masyarakat mendoakan dari rumah masing-masing agar tidak terjadi kerumunan. Doa dari rumah jauh sangat cukup," ujar Ganjar.

Baca juga: Ibunda Jokowi Tutup Usia, Grup Band Slank Berduka

Saat ini, jenazah mendiang Sujiatmi Notomiharjo masih disemayamkan di rumah duka yang berada di Jalan Pleret Raya, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. []

Berita terkait
Yusuf Mansur Sebut Ibunda Jokowi Rajin Salat Malam
Pendakwah ustaz Yusuf Mansur menyebut ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo, sebagai sosok yang rajin mendirikan salat malam.
Mantan Jaksa Agung MA Rachman Meninggal Dunia
Mantan Jaksa Agung periode 2001-2004, MA Rachman meninggal dunia pada Selasa, 24 Maret 2020.
Dirjen Kemenperin Harjanto Meninggal Dunia
Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Harjanto, meninggal dunia.
0
Pertamina Sulap Lapang Bola Jadi RS Darurat Covid-19
Pertamina menyulap bekas lapangan sepak bola seluas 22.700 meter persegi di Simprug, Senayan, Jakarta Selatan menjadi RS Darurat Covid-19.