Ibu Negara Iriana Soroti Sampah di Kabupaten Bogor

Ibu Negara Iriana soroti sampah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang dibuang warga secara sembarangan, Pemkab lakukan OTT
Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin di lokasi pencanangan Aksi Gerakan Indonesia Bersih di bantaran Sungai Cipakancilan Cilebut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis, 19 September 2019. (Foto: Tagar/Antara/M Fikri Setiawan)

Cibinong - Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sudah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepada ratusan pembuang sampah sembarangan, setelah sampah di Sungai Cipakancilan Bogor jadi sorotan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

"Hampir tiap malam OTT, ada yang dikasih peringatan, ada penindakan, udah di atas 100 orang," kata Ade Yasin kepada "Antara" di Cibinong, Bogor, Kamis, 19 September 2019.

Menurutnya, aturan mengenai penindakan terhadap pembuang sampah sembarangan ini sudah tertuang dalam pasal 9 ayat 2 Peraturan Daerah (Perda) No 4 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum.

Dalam aturan tersebut, disebutkan bahwa ada sanksi denda sebesar Rp50 juta dan kurungan selama tiga bulan bagi para pembuang sampah sembarangan. Tapi, denda maksimal itu sampai saat ini belum bisa diberlakukan.

"Itu (denda) pertimbangan pengadilan. Saya pikir itu harus diterapkan, aparat harus bersikap tegas," kata Bupati yang belum genap setahun memimpin di Kabupaten Bogor itu.

Di samping itu, menurutnya Pemkab Bogor sudah melakukan sejumlah upaya menekan angka pencemaran lingkungan, salah satunya dengan menyediakan tong sampah dan menambah armada truk pengangkut sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

"Saya mengetuk kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah, peringatan-peringatan sudah lebih banyak dari Perda, sampai spanduk-spanduk larangan buang sampah," kata Ade Yasin.

Seperti diketahui, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo bersama Istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya, dan Bupati Bogor, Ade Yasin mencanangkan Aksi Gerakan Indonesia Bersih di bantaran Sungai Cipakancilan Cilebut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis.

Aksi tersebut, merupakan respons Pemerintah atas kondisi anak Sungai Cisadane itu yang sempat viral, lantaran penuh dengan tumpukan sampah. Iriana mengaku ngeri saat melihat sisa-sisa sampah di Sungai yang sebelumnya sempat dibersihkan oleh Korem 061/Suryakancana.

"Ngeri melihatnya, semoga ke depannya bisa bersih dan bisa jadi tempat rekreasi, tempat berdagang juga oleh masyarakat," ujarnya saat memberikan arahan kepada masyarakat di lokasi. []

Berita terkait
Usut Kebakaran TPA Sampah Makassar, Polisi Olah TKP
Polisi kini terus mendalami kebakaran TPA Antang Makassar. Polisi juga telah melakukan olah TKP
Kakek di Gowa Aniaya Saudara Kandung Karena Sampah
Seorang Kakek asal Kabupaten Gowa tega menganiaya adik kandungnya sendiri hanya karena persoalan sepele.
Vikri Rasta Ajak Kurangi Sampah Plastik di Ngacapruk 5
Mengusung tema penguragan sampah plastik, showcase Ngacapruk 5 Vikri Rasta, menghadirkan dua komika nasional Fico Fachriza dan Arif Brata.
0
Sempat Diterpa Badai Seroja, Mensos Targetkan Pemulihan NTT Juni 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini, menargetkan dana bantuan sosial untuk pemulihan NTT yang terkena Badai Seroja dapat disalurkan Juni ini.