UNTUK INDONESIA
Hutama Karya Ikut Protokol, Jika Jakarta Dikarantina
PT Hutama Karya (Persero) selaku operator jalan tol mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk menangani penyebaran virus coronadi Indonesia.
Pengendara melintas ruas jalan tol Jombang-Mojokerto (Jomo) di Desa Kedungmlati, Kecamatan Kesamben, Jombang, Jawa Timur, Rabu, 25 Maret 2020. (Foto: Antara/Syaiful Arif/hp)

Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) selaku operator jalan tol mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk menangani penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J Aries Dewantoro mengatakan pihaknya akan mengikuti apapun kebijakan pemerintah, termasuk opsi karantina di wilayah DKI Jakarta.

"Akan mengikuti protokol dan instruksi dari pemerintah dalam pengelolaan ruas tol yang dikelola oleh Hutama Karya, termasuk apabila diberlakukan karantina wilayah DKI Jakarta," ujar J Aries Dewantoro dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu, 29 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Jalan TolSejumlah kendaraan memasuki gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Jumat, 31 Januari 2020. (Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha)

Hutama Karya kata dia, saat ini belum memutuskan akan seperti apa tindakan yang dilakukan jika opsi karantina di wilayah DKI Jakarta diberlakukan. Karena, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

"Untuk saat ini masih dilakukan koordinasi antar Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan BPJT Kementerian PUPR dan kepolisian. Jika ada informasi selanjutnya akan kami sampaikan pada kesempatan pertama," tuturnya.

Sementara itu, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya sudah menyusun skema simulasi pembatasan akses dari dan menuju Jakarta sebagai antisipasi penyebaran dan pengendalian Covid-19. Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus skema disusun bukan berarti opsi karantina di wilayah DKI Jakarta sudah berlaku.

Sebab, hingga saat ini kebijakan yang berlaku di DKI Jakarta masih social distancing atau physical distancing. "Sekarang situasi Jakarta masih social distancing, physical distancing, tidak ada karantina wilayah atau lockdown. Tapi, kami harus tetap latihan," kata dia.

Namun, jajaran polisi kata dia tetap perlu menggelar latihan untuk bersiap. Hal tersebut agar jajaran polisi sudah siap ketika pemerintah mengeluarkan keputusan terkait virus corona. []

Berita terkait
Kabupaten Cianjur Segera Lakukan Karantina Wilayah
Pemkab Cianjur akan segera laksanakan karantina wilayah untuk cegah penyebaran vrus corona (Covid-19), saat ini Cianjur level aman atau zona hijau
Pemudik Asal Jakarta Sulitkan Peta Sebaran Covid-19
Banyaknya pemudik terutama asal Jakarta jadi wilayah Jabar sulitkan pemetaan penyebaranan Covid-19 di Jabar
Opsi Lockdown Jakarta, Anies Diminta Terbuka ke Jokowi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta terbuka ke Presiden Jokowi soal opsi lockdown lokal atau karantina wilayah Ibu Kota.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.