UNTUK INDONESIA
Hotman Paris di Tengah Ribut Rius Vernandes vs Garuda
Pengacara publik Hotman Paris Hutapea ternyata berada di balik proses damai perkara antara Pihak Garuda Indonesia dan Youtuber Rius Vernandes dan kekasihnya, Elwiyana Monica.
Pengacara publik Hotman Paris Hutapea. (Foto: Youtube/HotmanParisOfficial)

Jakarta - Pengacara publik Hotman Paris Hutapea, ternyata berada di balik proses damai perkara antara Pihak Garuda Indonesia dan YouTuber Rius Vernandes dan kekasihnya Elwiyana Monica.

Diketahui, Rius dan Elwiyana sebelumnya dilaporkan oleh pihak  Serikat Pekerja Garuda (Sekarga), lantaran memberikan ulasan dan penilaian mengenai layanan penerbangan dari maskapai plat merah itu.

Laporan kemudian dicabut oleh pihak Garuda, setelah perkara ditengahi oleh Hotman Paris. Padahal sebelumnya, pengacara yang dikenal dengan gaya hidup jetset itu justru dihubungi langsung oleh Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra alias Ari Askhara untuk menjadi kuasa hukum.

"Kemarin saya diundang oleh Garuda, aku lebih suka jadi juru damai. Honor nanti-nanti saja, kalau pengacara lain langsung gugat, benar gak," kata Hotman di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 19 Juli 2019.

Perkara kemudian benar-benar berujung damai. Hal itu diungkap Hotman terjadi lantaran kebesaran hati Ari Askhara dan pihak Garuda. Sebab tanpa itu, perdamaian sukar terjadi.

"Bapak Askhara Bapak Dirut Garuda, jujur tanpa beliau tidak mungkin perdamaian cepat selesai. Bahkan beliau mau datang sungguh-sungguh," ujarnya.

Tidak akan melanjutkan lagi perkara ini dan sepakat tidak menuntut baik perdata, pidana atau apapun dan tidak akan menyajikan lagi pernyataan-pernyataan di media massa.

Sementara itu, Ketua Harian Sekarga Tomy Tampatty mengatakan, pencabutan laporan dilakukan setelah terjadi kesepakatan untuk menyeselaikan perkara dengan musyawarah dan kekeluargaan.

"Konsekuensinya kita mencabut seluruh laporan dan tidak akan mengajukan kembali," kata dia dalam konferensi persnya.

Tomy juga sempat menyampaikan permohonan maafnya, sembari mengatakan bahwa Garuda Indonesia terbuka akan kritik, masukan dan saran. 

"Kita sama-sama menjaga Garuda sebagai aset bangsa," katanya.

Hotman Paris HutapeaHotman Paris Hutapea (Jas Hitam) berada di balik proses damai perkara antara Pihak Garuda Indonesia dan Youtuber Rius Vernandes dan kekasihnya, Elwiyana Monica. (Foto: Instagram/HotmanParisOfficial)

Perkara antara Pihak Garuda Indonesia dan Rius Vernandes dan kekasihnya, Elwiyana Monica bermula kala Rius yang merupakan seorang YouTuber Travel Blogger menaiki pesawat Garuda Indonesia dari Sydney-Denpasar-Jakarta dan menemukan awak kabin membagikan kertas menu makanan yang ditulis tangan di atas secarik kertas.

Pemandangan janggal tersebut kemudian diunggah melalui InstaStory media sosial Instagram milik Rius dan viral. Dia mengaku banyak netizen yang berkomentar miring atas unggahannya. Bahkan, ada netizen yang menduga Rius sengaja membuat sendiri menu tersebut untuk mencari sensasi.

Unggahan Rius kemudian mendapat tanggapan keras dari pihak Garuda Indonesia. Ia kemudian mendapat dua pucuk surat berisi pemanggilan dia dan partnetnya oleh pihak kepolisian. Dua surat dalam sampul cokelat itu kemudian kembali diposting di media sosial miliknya.

"Gw akan menghormati segala peraturan hukum yang ada dan akan menjalani semua ini," tulis Rius dalam postingan tersebut.

Baca juga:

Berita terkait
0
Penyebar Kebencian Terhadap Jokowi Divonis Hari Ini
Ina Yuniarti, terdakwa kasus video viral berisi ujaran kebencian terhadap Presiden Jokowi hari ini akan divonis di PN Jakarta Pusat.