Hotel Patra Jasa Jakarta Disulap Jadi RS COVID-19

Kementerian BUMN telah menyiapkan RS Pertamina Jaya dan Hotel Patra Jakarta untuk menampung pasien virus corona (COVID-19).
Hotel Patra Jasa Jakarta yang akan dijadikan rumah sakit penanganan Covid-19. (Foto: repository.fe.unj.ac.id)

Jakarta - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan Rumah Sakit Pertamina Jaya akan dijadikan sebagai rumah sakit khusus penanganan virus corona (COVID-19). Hal ini disampaikan Ahok melalui akun Twitter resminya @basuki_btp.

"RS Pertamina Jaya jadi rumah sakit khusus penanganan COVID-19," tulis Ahok.

Sementara itu, sebelumnya Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga membenarkan jika Kementerian BUMN telah menyiapkan RS Pertamina Jaya dan Hotel Patra Jasa Jakarta akan menampung pasien dalam pengawasan COVID-19. Jumlahnya sebanyak 155 tempat tidur yang disiapkan untuk menampung para pasien.

Menurutnya, rumah sakit khusus itu bakal dibekali dengan laboratorium diagnostik yang dapat mendeteksi virus corona, fasilitas radiologi, ruang gawat darurat dan ruang isolasi.

"Jadi RS Pertamina Jaya akan gunakan bangunan lama di sekitar Cikini dan Pramuka. Itu ada ruangan isolasi bertekanan tinggi di tiga lantai sehingga sistem penyaluran udaranya gak terlewati virus," kata Arya di Jakarta, Selasa, 17 Maret 2020.

Rinciannya, 65 tempat tidur tersebut terdiri dari 20 tempat tidur untuk perawatan setingkat ICU dan 45 lainnya non-ICU. Sementara di luar tempat untuk perawatan ini juga terdapat 52 kamar hotel yang akan digunakan sebagai save house bagi orang dalam pemantauan (ODP).

Arya menyebut saat ini operasional seluruh bagian dari rumah sakit dan hotel yang telah disulap jadi rumah sakit khusus akan dipegang oleh 10 dokter spesialis, 8 dokter umum dan 3 perawat terlatih. 

Selain itu, saat ini Kementerian BUMN sedang mempersiapkan tambahan 90 tempat tidur lainnya yang ditargetkan dalam rampung dalam dua minggu ke depan.

"Total kapasitasnya akan mencapai 160 tempat tidur. Ini akan kami lengkapi. Jadi hotel tadi akan jadi tempat penanganan corona ya," tuturnya.

Semua itu merupakan perintah langsung dari Menteri BUMN Erick Thohir yang dilaksanakan melalui holding rumah sakit BUMN Indonesia Healthcare Corporation (IHC).

Menengok Hotel Patra Jakarta

Hotel ini dibangun pada tahun 1988 dengan kelas bintang tiga. Hotel Patra Jasa Jakarta terletak di daerah strategis di tengah Kota Jakarta, sehingga cocok untuk urusan bisnis maupun hanya sekedar wisata biasa. Karena usianya yang telah matang juga membuat hotel bintang 3 ini berpengalaman dan dipercaya oleh para pelancong.

Hotel Patra Jasa JakartaHotel Patra Jasa Jakarta yang akan dijadikan rumah sakit penanganan Covid-19. (Foto: nusatrip.com)

Hotel bintang tiga ini beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 2, Bypass Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Berada di sekitar pusat perbelanjaan dan transportasi publik membuat Patra Jasa Jakarta Hotel mudah dijangkau. Selain pemandangan malamnya yang indah, hotel tersebut menjadi pilihan karena dekat dengan berbagai tempat penting, seperti:

  • 0,58 km dari Transmart Carrefour Cempaka Putih
  • 0,59 km dari Jakarta Islamic Hospital
  • 1,05 km dari ITC Cempaka Mas
  • 1,64 km dari Pacuan Kuda Pulomas
  • 2,79 km dari Mall Arion
  • 3,03 km dari Mall Of Indonesia
  • 3,8 km dari Museum Sumpah Pemuda
  • 3,47 km dari Stasiun Pasar Senen

Bangunan Hotel Patra Jasa Jakarta terdiri dari 5 lantai memiliki total 52 kamar dengan berbagai tipe. Dari sekian banyak kamar tersebut wisatawan bisa memilih mana yang sesuai untuk kebutuhan dan bujet.

1. Deluxe Twin Room Only

Tipe ini didesain dengan minimalis, sehingga kamar deluxe ini akan memberikan kesan sederhana tapi tetap nyaman untuk para tamunya. Kamar yang berkapasitas dua orang ini menyediakan berbagai fasilitas di dalamnya seperti AC, TV, free wifi, telepon, tea maker, kamar mandi pribadi dan perlengkapan mandi. Tarif sebesar Rp 320.662 per malam.

2. Deluxe Twin Bed

Fasilitas yang didapat beragam seperti sarapan, free wifi, kamar mandi pribadi, peralatan mandi, dan lain-lain, kamar deluxe twin ini menyediakan dua tempat tidur size single. Kamar hotel bintang tiga yang berkapasitas dua orang ini juga menyediakan sarapan untuk tamunya. Tarif sebesar Rp 436.937 per malam.

3. Suite Room

Ini merupakan kamar terluas di Hotel Patra Jasa Jakarta dengan kapasitas maksimal dua orang dengan satu tempat tidur size king. Tak hanya sarapan dan free wifi, kamar yang menyuguhkan pemandangan kota yang indah ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti telepon, sofa, AC, TV, kamar mandi, shower, perlengkapan mandi, handuk, sandal, serta masih banyak fasilitas lainnya. Tarifnya Rp 1.082.231 per malam. []

Berita terkait
Siapa Sulianti Saroso, Namanya Jadi Rumah Sakit Rujukan Corona
Hari-hari ini namanya terus menghiasi pemberitaan.Namanya diabadikan dalam bentuk sebuah rumah sakit, RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso.
Hotel Ronaldo Bantah Jadi Rumah Sakit Tangani Corona
Kabar hoaks menyebutkan hotel milik Cristiano Ronaldo diubah jadi rumah sakit menangani pasien terkena virus corona. Kabar itu dibantah hotel.
Banyak Rumah Sakit Menolak Pasien Corona Covid-19
Banyak rumah sakit menolak pasien corona Covid-19. Beberapa rumah sakit menjaga citra, jangan sampai ketahuan merawat Covid-19. Ini bisnis.
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.