UNTUK INDONESIA

Honda Jazz Setop Produksi Digantikan Honda City Hatchback RS

Honda Prospect Motor menghentikan produksi mobil hatchback legendaris Honda Jazz kemudian menggantinya dengan Honda City Hatchback RS.
Honda City Hatchback RS, pengganti Honda Jazz. (Foto:Tagar/OLX)

Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) menghentikan penjualan dan produksi mobil hatchback legendaris Honda Jazz kemudian menggantinya dengan model baru Honda City Hatchback RS.

Kami menargetkan penjualan City Hatchback RS mencapai 1.000 unit per bulan, dibandingkan Jazz yang hanya 550-600 unit per bulan.

Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy menjelaskan, bahwa stok Honda Jazz generasi ketiga yang tersedia saat ini 300 unit dan semuanya sudah dikirim ke jaringan dealer Honda.

"Ya sekarang kami sudah tidak produksi (Jazz) lagi di Indonesia. Jadi delivery Honda Jazz terakhir ke market itu bulan (Februari) lalu, sepertinya kalau lihat stoknya masih ada sekitar 300 unit di dealer kami. Itu kalau pencinta Jazz buru-buru saja diorder," tutur Billy pada Rabu, 3 Maret 2021.

“Kami telah mempelajari kebutuhan model yang lebih sporty untuk pelanggan di segmen hatchback dan kami yakin City Hatchback RS akan diterima dengan baik oleh konsumen Indonesia dan melanjutkan nilai-nilai warisan Honda di pasar ini,” tambahnya.

Jazz adalah pionir legendaris di segmen hatchback nasional. Mobil ini, masuk pada akhir 2003 dan menginsipirasi kehadiran mobil-mobil lain, seperti Toyota Yaris, Suzuki Swift, Mazda2, dan Hyundai i20. Menurut Billy, segmen hatchback merupakan salah satu segmen dengan pertumbuhan tertinggi di Indonesia. Honda juga menjadi merek yang memiliki tempat kuat di segmen itu.

“Kami menargetkan penjualan City Hatchback RS mencapai 1.000 unit per bulan, dibandingkan Jazz yang hanya 550-600 unit per bulan,” sebutnya.

Harga jual mobil ini, belum diumumkan HPM. Namun yang terang, City Hatchback RS, akan diproduksi di pabrik Honda Karawang, Jawa Barat akhir bulan ini dan dipasok ke konsumen pada April 2021.

Billy menjelaskan, hanya ada satu varian City Hatchback yang diproduksi, yakni RS. Alasannya, varian RS Honda Jazz berkontribusi 90% lebih dari total penjualan. RS sendiri, adalah kependekan road sailing dan merupakan pengembangan khusus varian Honda yang memiliki karakter lebih sporty dalam hal desain dan performa.

Kendati Honda Jazz setop produksi, HPM menjamin layanan purnajual tetap tersedia untuk seluruh Honda Jazz yang telah dipasarkan di Indonesia. Sehingga konsumen maupun calon konsumen Honda Jazz, tidak perlu khawatir perihal layanan aftersales.

Bahkan HPM menyebut, tidak menutup kemungkinan jika Honda Jazz nantinya akan diproduksi dan dijual lagi di Indonesia, seandainya market di Indonesia menginginkan.

"Untuk saat ini kami memang tidak memproduksi lagi Honda Jazz di Indonesia. Namun kami terus mempelajari kebutuhan konsumen, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk kembali memasarkan model (Jazz) ini lagi jika memang ada pasarnya dan kebutuhan dari konsumen," pungkas Billy.

City Hatchback RS menerapkan cutting edge design dengan garis karakter yang kuat dan desain lampu full LED di lampu utama, kombinasi, kabut, dan belakang. Selain itu, warna hitam glossy pada grille, spion, antena shark fin, serta velg 16 inci beraksen hitam semakin menambah karakter sporty mobil ini.

Aerokit eksklusif RS ada di bemper belakang dan diffuser, fog garnish, front bumper lower mesh grille. Kombinasi aerokit dan bemper City Hatchback RS telah dikembangkan melalui pengujian pada terowongan angin oleh Honda Research & Development di Sakura, Jepang, yang juga mengembangkan Formula-1 untuk tingkat aerodinamika yang lebih baik.

Honda City Hatchback RS dibekali transmisi CVT & 6 M/T yang meneruskan tenaga mesin empat silinder segaris 1.5L, DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW, 121 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm di 4.300 rpm, terbesar di kelasnya.

City Hatchback RS dilengkapi dengan fitur keselamatan berstandar tinggi yang memberikan rasa aman dan perlindungan yang optimal, antara lain sistem pengereman ABS, EBD + BA, brake override system, vehicle stability assist (VSA), hill start assist, parking sensor, seatbelt reminder, pretensioner with load limiter seat belt, emergency stop signal hingga alat pemadam api ringan.

Sistem keamanan juga telah disesuaikan dengan standar keamanan Honda yang meliputi smart key with keyless entry, immobilizer, dan alarm system. Honda City Hatchback RS tersedia dalam enam pilihan warna, di antaranya oranye, merah, hitam, silver, putih, dan abu-abu.[]

Berita terkait
Alasan Honda Jazz 2020 Tidak Masuk Indonesia
Honda Indonesia menyatakan All New Honda Fit atau Jazz 2020 tidak masuk Indonesia.
Honda HR-V Generasi Ketiga Siap Meluncur 18 Februari 2021
Honda mengumumkan peluncuran produk mobil barunya, HR-V generasi ketiga pada 18 Februari 2021 mendatang.
Fitur Beragam Skutik Besar Honda Forza
PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penyegaran pada skutik besar Honda Forza melalui beragam fitur dan desain teranyar.
0
Honda Jazz Setop Produksi Digantikan Honda City Hatchback RS
Honda Prospect Motor menghentikan produksi mobil hatchback legendaris Honda Jazz kemudian menggantinya dengan Honda City Hatchback RS.