Honda Giorno Edisi 2022 Mirip Scoopy Resmi Meluncur

Honda Giorno 2022 masih memiliki DNA yang sama dengan saudaranya yang juga baru saja meluncur yakni Honda Dunk. Ini spesifikasi dari Honda.
Honda Giorno Edisi 2022. (Foto: Tagar/Honda)

Jakarta - Honda Jepang baru saja memperkenalkan skutik terbarunya yakni Honda Giorno edisi 2022. Honda Giorno 2022 masih memiliki DNA yang sama dengan saudaranya yang juga baru saja meluncur yakni Honda Dunk.

Mengutip dari rideapart, berbeda dengan Dunk, Giorno tampil berdesain dengan gaya estetika sport retro, ya mirip-mirip dengan Honda Scoopy yang ada di Indonesia.

Terkait kemiripan, selain sama-sama tampil dengan desain ala retro, Honda Giorno ini bisa dibilang serba kecil jika dibandingkan dengan Scoopy.

Lihat saja dimensinya, Giorno ini 214 mm lebih pendek, 13 mm lebih sempit, dan 40 mm lebih rendah, sampai sini harusnya sudah terbayang semungil apa Giorno ini.

Tidak hanya dari dimensi, bahkan kapasitas mesinnya juga terbilang cukup jauh kecilnya jika dibandingkan dengan Scoopy sekalipun, hanya 50 cc.

Apa yang bisa dilakukan mesin sekecil itu? Jika mengacu pada laman resmi Honda Jepang, mesin mungil tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 4,4 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 4,1 Nm di 6.000 rpm.

Memang telak jika dibandingkan dengan keluaran tenaga yang dimiliki Scoopy (8,8 dk), tapi untuk urusan efisiensi bahan bakar, Scoopy boleh sedikit menepi terlebih dahulu.

Pasalnya, mesin Giorno tersebut diklaim memiliki efisiensi bahan bakar hingga 80 km untuk setiap liternya, bandingkan dengan Scoopy yang berkisar 59 km per liter.

Selain itu, penggunaan rem depan yang masih menggunakan rem tromol, sepertinya konsumen di sana tidak terlalu mempermasalahkan soal tampilannya ini, yang penting berfungsi sebagai penghenti laju, kira-kira begitu, mungkin.

Pada tameng bagian depan ada garis yang menyerupai setengah lingkaran, fender rumah roda bagian depan juga didesain lebih besar dan membulat.

Lanjut ke bagian sisi samping, dari sini tampilannya persis dengan bahasa desain milik Scoopy atau kalau mau dibilang secara umum mirip dengan skuter klasik lainnya.

Pijakan kaki pengendara terlihat tinggi, berkaca pada ukurannya yang kecil tadi sepertinya untuk orang dengan tinggi di atas 170 cm akan sedikit menemui kendala ketika mencoba mencari posisi duduk yang pas.

Masuk area dashboard, tidak kalah sederhananya dibandingkan dengan tampilan luarnya, meter klasternya juga dibuat seminimalis mungkin, hanya ada speedometer dan MID serta beberapa indikator seperti check engine, idling start stop system, dan penanda lampu sein.

Turun sedikit ke bawah, Giorno tetap dilengkapi dengan kompartemen yang memadai, pada sisi kiri terdapat laci penyimpanan dengan penutup lengkap dengan power outlet.

Anda dapat memanfaatkan ruang penyimpanan lainnya di sisi kanan serta gantungan dengan pengunci yang dapat dilipat, praktis. Turun lagi ke bagian kaki-kaki, velgnya menggunakan ukuran 10-inci.

Untuk urusan penyangga bokong, joknya terlihat lebar dan panjang, hampir menutupi seluruh bagian atas jok. Di balik joknya yang lebar itu terdapat ruang bagasi yang cukup luas namun dalam, mampu menelan helm half-face.

Akhirnya sampai ke bagian belakang, desainnya lebih terlihat jadul, penggunaan batok lampu rem besar yang masih bohlam, plus lampu sein membulat model gantung. Oh ya, kami cukup suka penggunaan behel belakangnya yang menggunakan pipa yang dilapisi krom.

Di Jepang, Honda Giorno 2022 dijual dengan harga 209.000 Yen atau sekitar Rp 26 jutaan, bagaimana menurut pendapat Anda?

Spesifikasi teknis Honda Giorno

  • Mesin: AF74E 49 cc 1-silinder 4-stroke OHC berpendingin udara
  • Tenaga: 4,4 dk/8.000 rpm
  • Torsi: 4,1 Nm/6.000 rpm
  • Transmisi: matik CVT
  • Sistem penyuplai bahan bakar: Injeksi PGM-Fi
  • Dimensi (PxLxT): 1.650 mm x 670 mm x 1.035 mm
  • Tinggi tempat duduk: 720 mm
  • Jarak sumbu roda: 1.180 mm
  • Jarak tanah: 105 mm
  • Kapasitas tangki: 4,5 liter
  • Bobot: 81 kg. []


Berita terkait
Naik Sepda Motor Rombakan, Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Infrastruktur MotoGP
Presiden Jokowi menggunakan sepeda motor mengendarai sepeda motor Kawasaki W175 rombakan khusus berwarna hijau metalik.
Kehilangan Motor? Berikut Cara Klaim Asuransinya
Di balik tingginya penggunaan dan kebutuhan akan alat transportasi satu ini membuatnya harus memiliki asuransi kendaraan. Simak ulasannya.
Simak! 6 Tips Merawat Motor Sebelum Ditinggal Berlibur
Supaya mesin motor masih tetap terjaga dengan baik saat liburan akhir tahun. Nah, simak tips perawatan motor berikut ini yang harus diketahui.
0
Ini Alasan Mengapa Pemekaran Provinsi Papua Harus Dilakukan
Mantan Kapolri ini menyebut pemekaran wilayah sebenarnya bukan hal baru di Indonesia.