UNTUK INDONESIA
Hewan Kurban Idul Adha di Aceh Singkil Mayoritas Kerbau
di Aceh Singkil, hewan kurban sembelih untuk hari raya Idul Adha 1440 h/2019 M, 90 persen jenis kerbau dan selebihnya sapi dan kambing. ini penyebabnya.
Warga menyaksika belasan hewan kurban jenis kerbau yang sudah berjejer dikawasan Mesjid Baitusshalihin Desa Pulo Sarok Sabtu 10 Agustus 2019.(Foto: Tagar/Khairuman).

Singkil - di Aceh Singkil, hewan kurban  sembelih untuk hari raya Idul Adha 1440 h/2019 m, 90 persen jenis kerbau dan selebihnya sapi dan kambing.

Banyaknya hewan jenis kerbau untuk dikurbankan pada hari raya haji untuk dibagikan kepada masyarakat karena di daerah tersebut banyak peternak kerbau dan dagingnya sehat karena populasinya banyak ditempatkan didaratan dekat muara laut.

Ahmad Saidi salah seorang panitia kurban di Masjid BRR Pulo Sarok, kepada Tagar Sabtu 10 Agustus di Singkil, mengatakan rata-rata hewan kurban banyak kerbau.

Artikel lainnya: Turunkan Tunjangan ASN Singkil, Bupati Aceh Terlalu Kaku

"Saya tidak tahu persis kenapa banyak kerbau, namun yang pasti daging kerbau sangat terjamin sehatnya karena rata-rata kerbau populasinya ditempatkan dikuala(pinggir laut)," ujarnya.

Mencari hewan kurban jenis kerbau adalah yang sangat mudah dicari, sementara jenis sapi atau lembu sangat minim, kendati pun harga sapi lebih murah dua kali lipat dari pada harga kerbau.

Terpisah di temui Tagar, Kepala Desa Sabri parti mengatakan, hari raya Idul Adha tahun ini di kampung yang dia pimpin sebanyak 46 ekor hewan kurban. Rata-rata hewan kurban jenis kerbau.

"Alhamdulillah untuk penyembelihan hewan kurban esok lumayan banyak untuk bisa kita bagikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu," ujarnya.

Dia mengatakan hewan kurban tersebar ditiap masjid mushala/Surau, yakni, Mushallah AL Hidayah 2 ekor kerbau , Mesjid Takwa Muhammadiyah 9 ekor kerbau dan sapi , Mesjid Baitusshalihin 17 ekor kerbau dan sebagian sapi , Surau Al Muhajirin 7 ekor kerbau dan sapi , Mesjid Nurul Makmur 11 ekor kerbau dan sapi, yang keseluruhannya berjumlah 46 ekor.

Sabri berharap semoga di tahun yang akan datang lebih banyak lagi masyarakat melaksanakan ibadah kurban. "Terimakasih saya ucapkan kepada masyarakat yang ikut berkurban dan mempercayakan panitia Mesjid dan Mushallah/Surau yang ada di kampung ini,"ucapnya. []

Artikel lainnya: Target PAD Tak Tercapai, Tunjangan ASN Singkil Dikurangi

Berita terkait
0
Alasan Menolak Kehadiran Ustaz Abdul Somad
Tentu orang ingin tahu kenapa Ustaz Abdul Somad ditolak kehadirannya di beberapa tempat. Ini penjelasan Majelis Ulama Indonesia.