UNTUK INDONESIA
Heboh Sumur di Pessel Semburkan Gas dan Api
Sumur bor di Pesisir Selatan mengeluarkan gas dan api menghebohkan masyarakat.
Lokasi semburan gas dan api di Pesisir Selatan. (Foto: Tagar/Teddy Setiawan)

Pesisir Selatan - Galian pipa sumur air minum Pamsimas tiba-tiba mengeluarkan gas dan api. Peristiwa aneh ini terjadi di Nagari Sungai Tunu, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat.

Saya baru mendapat informasi tadi siang. Setelah mendengar kabar, saya langsung turunkan tim.

Peristiwa langka itu sontak membuncah masyarakat. Banyak yang membagikannya di akun media sosial Facebook, tak terkecuali Novermal Yuska. Dia ikut memposting video fenomena alam tersebut di akun Facebook pribadinya.

"Pengeboran sumur air bersih di Kampung Ampalu, Nagari Sungai Tunu, Kecamatan Ranah Pesisir bikin heboh masyarakat setempat. Selain air, lubang sumur tersebut juga mengeluarkan gas, dan memicu percikan api," tulis pria yang juga anggota DPRD Pessel itu, Senin, 24 Agustus 2020.

Menurutnya, peristiwa aneh itu berlangsung pada Minggu, 23 Agustus 2020 sore. Video pertama kali ia terima dari Oyon, salah seorang warga setempat.

Terpisah, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar, Heri Martunis mengaku pihaknya telah menerima laporan tersebut. Saat ini, pihak dinas sudah menurunkan tim ke lokasi peristiwa.

"Saya baru mendapat informasi tadi siang. Setelah mendengar kabar, saya langsung turunkan tim. Itu dipimpin Pak Dian, salah seorang Kepala Seksi di sini," katanya.

Kendati demikian, ia mengaku belum bisa memastikan fenomena alam yang terjadi di Pessel itu. Namun, tidak tertutup kemungkinan adanya potensi panas bumi, mengingat potensi Pessel yang dekat dengan Gunung Kerinci dan Solok Selatan.

Sebab, semburan gas dari panas bumi bisa saja terjadi akibat gempa yang beberapa kali terjadi di Pessel dalam beberapa waktu lalu.

"Kalau kita tarik garis lintang antara Solok Selatan dengan Pessel itu sangat dekat sekali. Meski begitu, kita harus pastikan dulu apa sebenarnya yang terjadi," tuturnya. []



Berita terkait
1 Kecamatan di Pessel Masih Dilarang PBM Tatap Muka
Proses belajar mengajar tatap muka di Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan belum diperbolehkan.
Destinasi Wisata Pessel Mulai Diserbu Pengunjung
Pantai Carocok di Pesisir Selatan mulai kembali diserbu pengunjung pasca penerapan new normal.
Polisi Belum Pastikan Identitas Tengkorak di Pessel
Polisi hingga kini belum bisa memastikan identitas tengkorak yang ditemukan warga di Nagari (Desa) Bukit Buai Kabupaten Pesisir Selatan.
0
Disbudpar Banyuwangi Siapkan Wisata Sehat saat Libur Panjang
Disbudpar Banyuwangi mengantisipasi adanya peningkatan kasus Covid-19 saat momen libur panjang.