UNTUK INDONESIA
Heboh Pembagian Uang Saat Wabah Corona di Yogyakarta
Bagi-bagi uang saat pandemi Covid-19 di Yogyakarta bikin heboh dan viral.
Ketua Badan Pengusaha Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP DIY, Yuni Astuti saat membagikan uang di jalanan Kota Yogyakarta pada Minggu, 3 Mei 2020.(Foto: Tagar/Hidayat)

Yogyakarta – Aksi bagi-bagi uang di sejumlah ruas jalan di Yogyakarta pada saat pandemi Covid-19 menghebohkan warga dan pengguna jalan. Aksi yang dilakukan pada Minggu 3 Mei 2020 sore ini viral di sejumlah media sosial maupun sejumlah grup WhatsApp. Siapa sosok dermawan itu?

Aksi sosial ini dilakukan oleh Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan yang dilakukan di jalanan Kota Yogyakarta tersebut untuk meringankan beban masyarakat karena terdampak ekonomi dari wabah Covid-19.

Ketua Badan Pengusaha Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP DIY, Yuni Astuti mengatakan berbagai sektor telah terdampak pandemi Covid-19 ini. Misal seperti petugas parkir, ojek online (ojol) maupun karyawan toko akibat berkurangnya konsumen. 

“Kegiatan ini murni aksi sosial untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini,” katanya saat dikonfirmasi pada Senin 4 Mei 2020.

Aksi sosial tersebut digelar di sekitar Jalan Urip Sumoharjo Kota Yogyakarta, pada Minggu 3 Mei 2020 sore. Memakai kendaraan pribadi ke arah barat melalui simpang empat Galeria Mall dan depan RS Bethesda Jalan Jenderal Sudirman.

Uang tersebut dibagikan Yuni dari jendela bagian atas mobil kepada masyarakat. Dalam video yang beredar di media sosial maupun WhatsApp Grup (WAG), kalangan petugas parkir, ojol, maupun karyawan toko menyambutnya secara antusias.

Kegiatan ini murni aksi sosial untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini.

Yuni mengungkapkan kegiatan ini merupakan bakti sosial yang dilakukan rutin setiap tahunnya saat Ramadan. Namun karena saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19, dilakukan dengan cara menggunakan mobil. “Biasanya kami jalan kaki,” katanya.

Ia mengaku pandemi Covid-19 ini tak menyurutkannya untuk berkegiatan sosial ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga melakukan bagi-bagi sembako menjadi inspirasinya. 

“Saya juga terinspirasi dengan Pak Jokowi yang membagi-bagikan sembako,” kata istri dari Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) DIY, Faried Jayen Soepardjan tersebut.

Yuni menyebut beberapa hari sebelum di Kota Yogyakarta juga telah dilakukan kegiatan yang sama di Kabupaten Gunungkidul. Rencananya ke depan juga akan dilakukan di Kabupaten Kulon Progo.

Ia mengatakan tidak hanya uang saja yang diberikan kepada masyarakat. Namun juga masker, ada pula makanan dan minuman untuk berbuka puasa. “Ada sekitar 2.400 masker yang sudah dibagikan. Semoga dipakai dan bermanfaat,” ucapnya. []

Baca Juga:

Berita terkait
RS Akademi UGM Bakal Jadi Rujukan Covid-19 di Yogyakarta
Progres mencapai 30 %, RS Akademi UGM ditargetkan selesai akhir Mei 2020 dan digunakan sebagai RS Rujukan Covid-19 di Yogyakarta.
Catatan PAN soal Penanganan Covid-19 di Yogyakarta
DPW PAN menilai Pemda DIY dalam menangani pandemi dan dampak Covid-19 di Yogyakarta masih amburadul.
Catatan soal UMKM Terdampak Covid-19 di Yogyakarta
UMKM termasuk sektor paling terdampak pandemi Covid-19. Namun, sektor ini belum banyak mendapat perhatian pemerintah, termasuk di Yogyakarta.
0
Heboh Pembagian Uang Saat Wabah Corona di Yogyakarta
Bagi-bagi uang saat pandemi Covid-19 di Yogyakarta bikin heboh dan viral.