Hasil Tes Urine Mendadak Ratusan Personel Polres Majalengka

Tes urine dilakukan dengan pengawasan Propam bekerja sama dengan jajaran Bagian Sumda, Urdokes dan Satuan Narkoba Polres Majalengka.
Polwan Polres Majalengka sedang menjalani pemeriksaan urine. (Foto: Tagar/Charles)

Majalengka - Sebanyak 900 personel Kepolisian Resor Majalengka Polda Jawa Barat menjalani pemeriksaan narkoba melalui tes urine yang berlangsung di Mapolres setempat pada Rabu, 24 Februari 2021.

Pelaksanaan tes urine ini berdasarkan atas instruksi mendadak Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda kepada seluruh anggota Polri dari Polres hingga Polsek jajaran.

Tak hanya bagi Bintara, tes yang digelar usai pelaksanaan apel pagi ini juga dilakukan terhadap perwira. Pemeriksaan urine dilakukan dengan pengawasan Propam bekerja sama dengan jajaran Bagian Sumda, Urdokes dan Satuan Narkoba Polres Majalengka.

"Kita sengaja tidak menyampaikan ada tes urine, tujuannya agar seluruh personel Polres Majalengka mulai dari perwira hingga Bintara yang melaksanakan tes urine saat ini, dapat dideteksi," kata Syamsul Huda.

Kegiatan tes urine yang terekam oleh kamera pemantau CCTV Polres Majalengka ini juga dilakukan terhadap pejabat utama, Kapolsek jajaran, termasuk Kapolres AKBP Syamsul Huda.

Mantan Kapolres Cirebon Kota ini menjelaskan, tes urine tersebut merupakan langkah disiplin anggotanya. Karena menurut dia, setiap anggota Polri harus menjaga komitmennya kepada masyarakat.

Tes urine Polres MajalengkaSebanyak 900 personel Polres Majalengka menjalani tes urine mendadak d Mapolres setempat pada Rabu, 24 Februari 2021. (Foto: Tagar/Charles)

Ia menegaskan, tidak ada ruang dan toleransi bagi anggota yang terlibat narkotika. Jika ditemukan ada anggota Polri terlibat menggunakan barang haram itu maka hukumannya dipecat dan dipidanakan.

Sementara itu, Waka Polres Majalengka Kompol Sumari, dalam kesempatan tersebut, memberikan arahan bahwa pemberantasan narkoba adalah tanggung jawab bersama sebagai anggota Polri.

"Anggota Polri tidak boleh bermain-main dengan obat-obatan terlarang tersebut. Pemberantasan narkoba harus dimulai dari diri kita sendiri sebagai penegak hukum, Oleh sebab itu, tidak ada anggota yang terlibat barang haram tersebut," tegasnya.

Kegiatan tes urine yang terekam oleh kamera pemantau CCTV Polres Majalengka ini juga dilakukan terhadap pejabat utama, Kapolsek jajaran, termasuk Kapolres AKBP Syamsul Huda.

Baca juga: Tes Urine Secara Acak, Lima Polisi Aceh Positif Narkoba
Baca juga: Tes Urine Narkoba Mendadak di Kodim 0734/Yogyakarta

Dari 900 lebih personel yang menjalani pemeriksaan urine, hasilnya semua negatif, Saat ini, seluruh personel Polres Majalengka dan Polsek jajaran bebas dari obat-obatan terlarang. "Patut kita jaga dan pertahankan, supaya, jangan sampai personel terjerat dan terlibat narkoba,” ucap Sumari. []

Berita terkait
Puluhan Sopir Tes Urine di Terminal Batoh Banda Aceh
Sebanyak 22 sopir bus angkutan antar provinsi dilakukan tes urine di Terminal Batoh, Banda Aceh, Aceh. Ini tujuannya.
Penangkapan Iyut Bing Slamet, Dites Urine Positif Narkoba
Polisi memastikan hasil pemeriksaan urine Iyut Bing Slamet positif narkoba.Mantan Artis cilik itu ditahan untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Tes Urine Narkoba Mendadak di Kodim 0734/Yogyakarta
Komando Distrik Militer (Kodim) 0734/Yogyakarta menggelar tes urine narkoba secara mendadak kepada para anggotanya.
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19