UNTUK INDONESIA
Hasil Survei, Liverpool Klub Terpopuler di Inggris
Liverpool menjadi klub bola paling favorit di Inggris. Dalam sebuah survei, Liverpool mengungguli Manchester United sebagai yang populer.
Liverpool menjadi klub bola paling favorit di Inggris. Dalam sebuah survei, Liverpool mengungguli Manchester United sebagai yang paling populer. Tampak suporter Liverpool di sebuah pertandingan. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Liverpool menjadi klub sepak bola paling favorit di Inggris. Dalam sebuah survei, Liverpool mengungguli Manchester United sebagai klub paling populer. Ini tidak terlepas dari sukses yang diraih selama 2-3 musim terakhir dan sejarah panjang dari klub berjuluk The Reds ini. 

Liverpool kembali bangkit setelah cukup lama tertidur. Kedatangan manajer Juergen Klopp pada 2015 sukses mengubah klub setelah sekian lama tenggelam. 

Sebelum era Klopp, Liverpool tak lebih sebagai penggembira saat kompetisi berubah menjadi Liga Premier Inggris. Liverpool memang merajai sepak bola di negeri Ratu Elizabeth ini. 

Saya janjikan bila kami juara bakal ada parade. Siapa peduli kapan itu dilaksanakan

Namun saat berganti menjadi Liga Premier, Man United yang mendominasi. Bahkan The Red Devils sukses melampaui rekor juara liga Liverpool. Kini, Man United yang paling banyak menjadi juara liga setelah 20 kali mengangkat trofi. 

Man United memang kalah dalam memenangi Liga Champions. Liverpool sudah 6 kali juara dan Man United baru 3 kali memenangi si kuping lebar. 

Namun klub yang bermarkas di Manchester ini menjadi satu-satunya di Inggris yang pernah meraih treble. Mereka menjadi juara Liga Premier, Liga Champions dan Piala FA pada 1999. 

Liverpool Langsung Populer Setelah Bangkit

Meski tenggelam dalam bayang-bayang Man United, namun Liverpool langsung meraih popularitas saat bangkit dari keterpurukan. Sukses memenangi Liga Champions 2019 dan kemudian bakal menjadi juara Liga Premier setelah menanti selama 30 tahun, Liverpool pun menjadi tim paling favorit. 

Apalagi, klub itu memang yang terbesar. Bahkan saat terjadi pergantian abad dari 20 menjadi 21, Liverpool dikukuhkan sebagai klub terbesar abad 20 di Inggris.

Ini berdasarkan survei yang dilakukan YouGov. Dalam survei itu Liverpool meraih suara terbanyak, 8,3 persen dan mengungguli rivalnya, Man United yang hanya mengantongi suara 6 persen. 

Sementara, Chelsea yang menduduki peringkat 3 terpopuler mendapat suara 3,1 persen dan Manchester City bersama Arsenal hanya 2 persen. Selanjutnya 5 tim lain yang masuk 10 besar di antaranya, Tottenham Hotspur, Wolverhamptan Wanderers, Newcastle United, Everton dan Aston Villa.

Leicester City tidak masuk 10 besar karena sebelumnya tak lebih dari tim medioker. Meski pernah menjadi juara Liga Premier pada 2016 dan kini berada di papan atas, namun The Foxes memang bukan klub yang populer. Apalagi, mereka pernah lama berkutat di papan bawah.  

Demikian pula City yang mulai mendominasi dan pernah meraih semua trofi domestik dalam satu musim, namun mereka tetap kurang populer. Kultur klub The Cityzens masih kalah bila dibandingkan Liverpool dan Man United yang memiliki tradisi panjang sebagai klub yang melegendaris.  

LiverpoolManajer Liverpool Juergen Klopp menjanjikan parade bila tim juara Liga Premier Inggris 2020. Hanya kapan parade itu dilaksanakan tidak ada yang tahu. Saat orang boleh keluar, parade juara akan dilakukan. Liverpool sat parade juara Liga Champions 2019. (Foto: thesun.co.uk) 

Survei YouGov memakai data yang biasa digunakan dalam survei publik. Banyak faktor yang menjadi variabel seperti pemain, taktik, manajemen dan kultur klub. Sedangkan mereka yang disurvei memiliki usia bervariasi, baik wanita maupun pria. 

Liverpool bakal mengukuhkan sebagai paling populer saat memenangi Liga Premier. Pasalnya penantian panjang selama 30 tahun bakal berakhir. Bahkan suporter sudah tak sabar dengan trofi juara dan harus menunggu kompetisi digulirkan kembali karena Covid-19. 

Baca juga: 

Chelsea Kalahkan Liverpool Rekrut Timo Werner

Laga Dihentikan Liverpool Pantas Dinobatkan Juara

Tak heran bila Klopp memastikan akan menggelar parade juara. Kapan pun itu, parade juara tetap akan dilakukan. Parade juara akan menunjukkan bahwa Liverpool memang tim paling populer.

"Saya janjikan bila kami juara bakal ada parade. Siapa peduli kapan itu dilaksanakan," kata Klopp kepada BBC

"Kami hanya prlu satu hari saat semua orang bila keluar bersama. Jadi fans bisa merayakannya di mana mereka berada," jawabnya. []

Berita terkait
Man United dan Liverpool Berburu Pemain Roma Zaniolo
Manchester United dan Liverpool bersaing mendapatkan bintang muda AS Roma Nicolo Zaniolo. Roma menjual pemain bintang karena krisis finansial.
Liverpool Tetap Turunkan Skuat Terbaik di Liga
Liverpool menepis tudingan menurunkan pemain muda karena hampir dipastikan juara Liga Premier. Liverpool memang butuh 2 kemenangan lagi.
Liverpool Beri Sadio Mane Kontrak Sampai Pensiun
Liverpool berupaya pertahankan pemain sayap Sadio Mane yang diincar Real Madrid. Caranya? Liverpool berikan kontrak panjang dan kenaikan gaji.
0
Hasil Survei, Liverpool Klub Terpopuler di Inggris
Liverpool menjadi klub bola paling favorit di Inggris. Dalam sebuah survei, Liverpool mengungguli Manchester United sebagai yang populer.