UNTUK INDONESIA
Hasil Pemeriksaan Propam Polda Jatim Kasus Polisi Dangdutan
Propam Polda Jatim telah melakukan pemeriksaan kasus polisi dangdutan di wilayah Polres Pasuruan dan Tulungagung. Selanjutnya ada sidang disiplin.
Video viral polisi dangdutan saat acara malam keakraban Satlantas Polres Pasuruan. (Foto: Tagar/Capture/Moh Badar Risqullah)

Surabaya - Kepolisian Daerah Jawa Timur melalui Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) telah memeriksa pihak yang terlibat dalam kasus video viral polisi dangdutan di wilayah Kepolisian Resor Pasuruan dan juga Tulungagung. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Timur, Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko.

Trunoyudo mengatakan Bidang Propam sudah melakukan pemeriksaan terhadap anggota di Polres Pasuruan dan juga Polsek Gondang, Tulungagung. Selanjutnya, kata Truno, akan dilakukan sidang disiplin.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Bid Propam Polda Jatim, akan disidangkan melalui ankum atau atasan langsung yaitu Kapolres melalui sidang disiplin.

"Sudah diperiksa Propam Polda Jatim dan putusan sidang disiplin," ujarnya di Mapolda Jawa Timur, Selasa, 8 Oktober 2020.

Sidang disiplin, kata Truno, akan dipimpin langsung oleh atasan para anggota atau Atasan Yang Berhak Menghukum (Ankum), yakni Kepala Kepolisian Resor.

"Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Bidang Propam Polda Jatim, akan disidangkan melalui ankum atau atasan langsung yaitu Kapolres melalui sidang disiplin," tuturnya.

Truno menyampaikan terima kasih atas kritik, saran hingga aduan dari masyarakat terkait video polisi dangdutan di tengah pandemi Covid-19. Upaya polisi, selama ini sudah sangat keras, namun diakuinya masih ada satu dua anggotanya melanggar.

"Dalam hal ini, memang upaya-upaya polisi sudah sangat keras selama masa pandemi. Namun, dari beberapa jajaran ada satu atau dua," kata dia.

Lebih lanjut, Truno mengatakan meski peristiwa itu terjadi zona hijau atau kuning penularan Covid-19, tak berarti anggota kepolisian bisa abai pada protokol kesehatan.

"Ini menjadi suatu peringatan bagi seluruh personel kita semua bahwasanya walaupun zona di daerah tersebut seperti Tulungagung sudah kuning atau oranye sekalipun, Covid-19 ini suatu hal yang harus diciptakan dan dipelihara agar tidak berkembang lagi," ucapnya. []

Berita terkait
Viral Polisi Dangdutan Ditangani Propam Polda Jatim
Polda Jatim sudah menerunkan Propam untuk melakukan pemeriksaan dan pendalaman atas video viral di Polsek Gongdang, Tulungagung sedang dangdutan.
Video Polisi Dangdutan, Kapolres Pasuruan: Baru Tahu Kemarin
Kapolres Pasuruan mengaku saat ini kasus video viral polisi dangdutan dilakukan Satlantas ditangani Propam Polda Jatim.
Kata Kapolda Sumut soal Pencopotan Perwira Gelar Pesta Nikah
Kasat Intelkam Polres Serdang Bedagai AKP Bobi dicopot dari jabatannya diduga gelar pesta nikah abaikan prokes. Ini jawaban Kapolda Sumut.
0
Keluarga Kurang Yakin Motif Pembunuhan Wartawan Sulbar
Keluarga mengaku kurang yakin motif pembunuhan salah satu wartawan di Mamuju Tengah (Mateng), hanya karena menganggu perempuan