UNTUK INDONESIA
Haruskah Umur 60-an Ikut Tren Fesyen dan Tips Modis Usia Senja
Fesyen banyak digandrungi wanita. Mereka rela mengikuti perkembangan mode untuk tampil modis sepanjang waktu.
Ilustrasi fesyen. (Foto: unsplash)

Jakarta - Fesyen banyak digandrungi wanita muda. Mereka tak segan thrifting atau merogoh kocek dalam-dalam demi mengikuti perkembangan mode untuk tampil modis sepanjang waktu. Namun, setelah usia beranjak senja, apakah kegiatan itu masih menarik untuk dilakukan?

The Guardian yang mencari jawabannya mendapati narasumber wanita berusia 70 tahun bernama Penny. Penny muda menganggap fesyen adalah passionnya. Namun kini, ia mengaku semangatnya telah memudar. Ia tidak lagi memperhatikan dengan detail apa yang dikenakannya dari ujung rambut sampai alas kaki.

"Saya kurang peduli dengan penampilan [sekarang]. Haruskah saya tetap bergerak maju dengan penuh gaya?" kata Penny kepada The Guardian, Sabtu 26 September 2020.

Penny kini merasa tidak memiliki alasan untuk membeli koleksi fesyen dari desainer atau merek ternama yang rilis tiap musimnya. Bahkan si nenek sampai pada taraf enggan mengikuti produk fesyen terbaru.

Fesyen - Mode - PakaianIlsutrasi fesyen. (Foto: Pixabay)

Menurut associate editor fashion di salah satu media di Inggris, Jess Cartner Morley, setiap orang sah-sah saja memiliki pendapat kepada fesyen. Namun perlu dicermati, fesyen tidak selalu harus mengikuti perkembangan zaman dengan terus mengupdate busana baru dalam rak pakaian.

"Saya mendukung serta menghargai kecintaan akan gaya dan konsumerisme tanpa akhir. Namun, jika Anda bilang tidak punya alasan untuk peduli dengan penampilan karena berusia 70 tahun? Kata siapa?" ujar Cartner menyemangati si nenek.

Meski begitu, Cartner memuji Penny yang telah menjadi penikmat fesyen di usia muda. Namun kembali ditegaskannya, bagaimana memperlihatkan diri kepada dunia adalah bagian penting dari identitas. Menurut Cartner, usia tidak ada hubungannya dengan itu.

"Untuk tetap tampil gaya tanpa belanja, saya punya satu tip. Keluarkan semuanya dari lemari pakaian dan pikirkan cara baru untuk mengkategorikannya," tuturnya.

Desainer IndonesiaDesainer Indonesia mulai dari Harry Halim, Ali Charisma, Asky Febrianti, Rizka Riani Putri, Crescentia Ardina, Monica Christabella Suhartono, Clemence, dan United Concepts tampil di Paris Fashion Week pada 25 September 2020. (Foto: Dok Kemenrian Luar Negeri)

Cartner mengatakan, bagi yang telah memasuki usia senja, sejumlah cara dapat dilakukan seperti memadupadankan busana sesuai dengan yang ingin dikenakan, seperti memilih blus, rok, atau rajutan. Maka jika itu yang dilakukan, hal pertama ialah menata isi lemari menurut warna pakaian atau berdasarkan kategori.

"Ini seperti mengganti foto di dinding. Seperti saat foto itu berada di tempat yang sama selama berabad-abad, Anda akan malas melihatnya. Penataan baru akan memberi ide-ide segar," ujarnya.

“Keluarkan semua pakaian dari lemari pakaian dan atur secara berbeda, berdasarkan warna. Katakanlah, seperti mengatur ulang foto di dinding,” tutur Cartner.

MUFEST 2020Model mengenakan busana rancangan Wignyo Rahadi pada Indonesia Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis, 20 Februari 2020. MUFEST 2020 yang bertema \'Sustainable Fashion\' diselenggarakan 20 –23 Februari 2020. (Foto: Antara/Galih Pradipta)

Dia mengingatkan, jangan terbatas kepada aturan pakaian yang umumnya dikenakan, dan jangan berhenti mencari hal baru dalam fesyen. Cari refrensi dari pemotretan di situs, pakaian yang dikenakan bintang film, foto model ketika melintasi catwalk, sampul majalah, dan sebagainya.

"Mungkin ada kombinasi warna yang belum pernah dicoba atau ide layering untuk membawa pakaian musim panas ke musim gugur. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti cara membuka kerah atau menggulung lengan baju," katanya.

"Gaya bukan tentang berbelanja. Ini tentang bergerak maju dengan menarik dan tetap stylish," tuturnya. 

Berita terkait
Tips Pilih Bahan Tekstil Murah dan Berkualitas di Tanah Abang
Memilih bahan murah dan berkualitas di Pasar Tanah Abang susah-susah gampang. Salah satu penjualnya membagikan tips tersebut kepada Tagar.
Tips Tampil Cantik saat Kuliah Online dari Dosen Muda Unand
Meski kuliah online, tetap tampil maksimal merupakan kewajiban bagi dosen muda Universitas Andalas (Unand) Padang ini.
6 Tutorial Makeup Sederhana ala Mahasiswi saat Kuliah Online
Mahasiswi tetap memulas wajah memakai makeup agar tidak terlihat kusam saat kuliah online.
0
Polisi Ringkus Remaja Pengangguran Curi Uang Sopir di Blora
Remaja pengangguran di Blora diringkus polisi karena mencuri uang dan HP milik seorang sopir truk.