Hari Sepeda Dunia, Anies Ajak Warga Gowes Sepeda ke Kantor

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga Ibu Kota untuk berkendara menggunakan sepeda dalam memperingati Hari Bersepeda Sedunia.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ajak warga DKI Jakarta untuk bersepeda dalam memperingati Hari Bersepeda Dunia. (Foto: Tagar/Bratanews)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat di Ibu Kota untuk berkendara menggunakan sepeda dalam memperingati Hari Bersepeda Sedunia yang jatuh pada Kamis, 3 Juni 2021.

Seruan ajakan itu dituangkan resmi dalam seruan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 7 Tahun 2021 tentang kegiatan bersepeda masyarakat dalam memperingati Hari Bersepeda Sedunia.

Dalam seruan gubernur tersebut warga diseru untuk bersepeda ketika menuju lokasi kerja atau hendak berkegiatan melakukan aktivitas sehari-hari.

"Khusus pada 3 Juni 2021, seluruh warga Jakarta agar menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi menuju kantor atau tempat aktivitas lainnya baik perorangan maupun komunitas," tulis Anies dalam salah satu poin seruan, Kamis, 3 Juni 2021.


Harapannya kita semua agar masyarakat Jakarta bisa sehat dan otomatis kotanya pun lebih sehat karena bersepeda bertransportasi tanpa meninggalkan polusi.


Seruan yang diteken pada 2 Juni 2021 itu juga mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

"Tetap mematuhi protokol pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) beserta penegakan disiplin yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja bersama Perangkat Daerah terkait dan aparat TNI/Polri," tulis seruan tersebut.

Mantan Menteri Pendidikan itu pun melakukan hal serupa dalam merayakan hari sepeda, melalui akun pribadinya di Instagram ia membagikan rencana kegiatannya saat melakukan gowes dari rumah ke tempat kerja.

Kegiatan bersepeda itu dilakukan Anies bersama komunitas Bike to Work Indonesia.

"Besok pagi kita juga akan bike to work bersama teman-teman bike to work Indonesia," kata Anies dalam unggahan pribadinya di Instagram, Rabu, 2 Juni 2021.

Ia akan bersepeda melewati jalur terproteksi sepanjang Sudirman-Thamrin menuju Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Ia memperbolehkan warga ikut kegiatannya tersebut. Namun, ia mengingatkan warga yang ikut untuk tetap menjaga protokol kesehatan, tidak bergerombol, dan mematuhi rambu lalu lintas.

"Harapannya kita semua agar masyarakat Jakarta bisa sehat dan otomatis kotanya pun lebih sehat karena bersepeda bertransportasi tanpa meninggalkan polusi," ujar Anies.

Anies mengatakan Pemprov DKI sudah memfasilitasi sarana dan pra sarana bagi para pegiat sepeda dan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan.

"Kami dari sisi pemerintah menyiapkan infrastrukturnya, jalurnya, kemudian sekarang ada jalur sepeda permanen, harapannya kita semua memanfaatkan ini, harapannya masyarakat Jakarta bisa sehat," ucapnya. []

Berita terkait
Anies Usul Sepeda Masuk Tol, PSI: Tidak Masuk Akal
Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI William Aditya Sarana menilai rencana sepeda masuk tol oleh Gubernur Anies Baswedan tidak masuk akal.
Nugie Kritik Kebijakan Jalur Sepeda Anies Baswedan
Pembuatan jalur sepeda di jalan protokol DKI Jakarta oleh pemerintahan era Gubernur Anies Baswedan, menuai kritik keras dari penyanyi Nugie.
ERP untuk Sepeda Motor, Anies Baswedan: Harus Ubah Perda
Pemprov DKI sedang menyelesaikan aturan jalan berbayar elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP).
0
Hari Sepeda Dunia, Anies Ajak Warga Gowes Sepeda ke Kantor
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga Ibu Kota untuk berkendara menggunakan sepeda dalam memperingati Hari Bersepeda Sedunia.