UNTUK INDONESIA
Nugie Kritik Kebijakan Jalur Sepeda Anies Baswedan
Pembuatan jalur sepeda di jalan protokol DKI Jakarta oleh pemerintahan era Gubernur Anies Baswedan, menuai kritik keras dari penyanyi Nugie.
Penyanyi Nugie berpose saat ditemui usai diskusi Back to The 60s World Before Plastic di Jakarta, Rabu, 19 Februari 2020. (Foto: Antara/Yogi Rachman)

Jakarta - Pembuatan jalur sepeda di jalan protokol DKI Jakarta oleh pemerintahan era Gubernur Anies Baswedan, menuai kritik keras dari penyanyi Nugie. Menurutnya, kebijakan dilakukan seolah tanpa berkonsultasi dengan para pesepeda.

Nugie mengatakan, sebagai pesepeda yang beraktivitas menggunakan moda transportasi ramah lingkungan itu selama sepuluh tahun terakhir, ia mengaku merasakan betul sulitnya ketika harus berbagi jalan dengan kendaraan bermotor di jalan raya.

"Pesepeda enggak akan menempuh jalur Sudirman-Thamrin menyamakan diri dengan motor dan mobil. Pada saat kita ada di jalan raya di jalanan yang dipakai mobil, motor dan bus otomatis kita kalah," Nugie saat berbincang di Jakarta, Rabu, 19 Februari 2020, diberitakan Antara.

"Orang yang kerja di Sudirman dan tinggal di Blok M enggak akan lewat situ karena males ketemu knalpot mobil dan motor. Mending motong jalan aja," kata dia.

Sebagai pesepeda, Adik dari Katon Bagaskara itu menginginkan adanya jalur sepeda di jalan alternatif yang bisa dijangkau oleh siapa saja, termasuk mereka yang tinggal di sekitar Jakarta.

"Yang sebenarnya saya pengin alami itu jalur sepeda yang dibikin tahun 2011 dan sudah ada maketnya yang dibikin Dinas Tata Kota itu keren, yaitu bantaran sungai dan bantaran rel kereta. Itu baru jalur sepeda yang bener," kata dia.

Pembuatan jalur sepeda di rute alternatif, menurut dia seharusnya lebih diperbanyak lagi dan bisa menjangkau mereka yang tinggal di sekitar Jakarta.

"Menempuh jaraknya lebih deket karena sungai itu membelah dan rel kereta juga kalau itu dijalankan benar itu akan jadi jalur sepeda yang keren. Kenyataanya jalur sepeda ditaruh di jalan raya lagi. Hasilnya enggak bisa dipakai akan kalah juga dengan kendaraan bermotor," ujar Nugie. []

Berita terkait
FPI Kritik Kebijakan Jalur Sepeda Anies Baswedan
Jubir FPI Munarman mengkritik keras kebijakan yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, termasuk penyediaan jalur sepeda.
Ditilang 431 Pelanggar Jalur Sepeda di Jakarta
Ditlantas Polda Metro Jaya menilang sepeda motor dan mobil yang masuk ke jalur khusus sepeda dengan denda maksimum Rp 500ribu
Pesepeda Tewas, Pemprov DKI Ingin Bangun Jalur Khusus Sepeda
Pesepeda tewas, Pemprov DKI ingin bangun jalur khusus sepeda. "Bukan hanya ada jalur khususnya tapi compliance-nya, kepatuhan,” kata Sandiaga Uno.
0
Ricuh Eksekusi Lahan di Maluku Tengah
Eksekusi lahan di Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis 5 Maret 2020, berakhir ricuh. Dua polisi luka terkena lemparan batu