UNTUK INDONESIA
Hari Ini, Pilar Drama Tari Nusantara "Airlangga Wisuda"
Sekolah Pilar Indonesia (SPI) kembali mengadakan Pilar Drama Tari Nusantara ke-3 dengan judul “Airlangga Wisuda”
Airlangga Wisuda

Jakarta - Setelah sukses menyelenggarakan Pilar Drama Tari Nusantara pada tahun 2012 dan 2017, tahun ini Sekolah Pilar Indonesia (SPI) kembali mengadakan Pilar Drama Tari Nusantara ke-3 dengan judul “Airlangga Wisuda” bertemakan “Perjuangan Tiada Henti untuk Menggapai Kejayaan”. 

SPI merupakan sekolah nasional yang memiliki visi menjadi sekolah unggulan yang berkepribadian Indonesia.

Airlangga Wisuda mengisahkan tentang kegigihan sosok pemimpin yang berhasil memecahkan berbagai macam masalah yang menghampiri negeri, sampai akhirnya menjadi sosok yang dipercaya oleh rakyat. Cerita ini merupakan cerminan harapan kita agar berbagai macam permasalahan di Indonesia dapat terselesaikan dengan baik dan masyarakat pun dapat hidup lebih sejahtera.

Pementasan Pilar Drama Tari Nusantara yang dipersembahkan siswa-siswi SPI ini dikemas dengan cerita yang menarik dengan dibalut nilai-nilai dan kebudayaan Indonesia. Cerita juga mengangkat masalah sosial yang terjadi di masyarakat saat ini.

Pementasan Pilar Drama Tari Nusantara ini bertujuan memperkenalkan siswa terhadap budaya daerah baik tari, lagu, maupun alat musik. Hal ini sebagai sarana belajar siswa mengenai sejarah Nusantara. Selain itu juga meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk tampil di depan khalayak dan meningkatkan kecintaan siswa terhadap budaya Indonesia.

Dalam pementasan Pilar Drama Tari Nusantara ini, semua siswa-siswi SD hingga SMA Pilar Indonesia dan orang tua memiliki peranan besar, diantaranya berkontribusi sebagai penari, penyanyi, narator, pemain musik, serta turut mempersiapkan acara, properti dan mendokumentasikan pementasan.

Pementasan Pilar Drama Tari Nusantara ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019, dimulai pada pukul 19.30– 21.00 WIB di lapangan sepak bola Sekolah Pilar Indonesia. Pada acara ini akan turut hadir tokoh-tokoh nasional, bupati, dan perangkat pemerintahan Kabupaten Bogor, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, serta masyarakat umum.

SPI merupakan sekolah nasional yang memiliki visi menjadi sekolah unggulan yang berkepribadian Indonesia dengan menyediakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan mampu menghasilkan lulusan siswa yang mandiri, berbudi pekerti, dan menghargai Keberagaman. Visi tersebut merupakan komitmen SPI dalam berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Dalam mewujudkan visi tersebut SPI membangun karakter dan menanamkan nilai-nilai luhur bangsa melalui proses pembelajaran sehari-hari. Salah satu cara membangun karakter yang sesuai dengan budaya bangsa adalah dengan mengadakan kegiatan pelestarian seni budaya yaitu Pilar Drama Tari Nusantara yang ditampilkan dalam sebuah pementasan drama kolosal dengan mengolaborasikan berbagai tari dan lagu daerah dari perwakilan pulau besar di Indonesia. []


Berita terkait
Tarian Yospan untuk Bangkitkan Generasi Muda Papua
Ratusan warga Papua yang tinggal di Jakarta menggelar acara musik dan tarian Yospan asal Papua untuk membangkitkan semangat generasi muda Papua.
Tarian Massal 1.300 Siswa Meriahkan O2SN di Aceh
Penampilan memukau ragam atraksi seni dan budaya Aceh oleh 1.300 penari massal siswa SMA dan SMK sangat menghibur ratusan penonton.
Lima Tarian Indonesia yang Dikagumi Mancanegara
Salah satunya kekayaan kesenian tari asal negara kita sangat dikagumi oleh dunia.
0
Pilu Hati Penjual Nasi Santan Bantaeng
Nasib pedagang nasi santan di Bantaeng, Sulawesi Selatan, tak seperti sepuluh tahun silam. Dagangannya tidak laku dan kerap basi tanpa pembeli.