UNTUK INDONESIA
Hari Belanja Online di Indonesia, Apa Beda 11.11 dengan 12.12
Hari ini tanggal 11 November 2020, e-commerce menggelar program promo belanja online dengan memberikan diskon besar-besaran.
Hari ini tanggal 11 November 2020, e-commerce menggelar program promo belanja online dengan memberikan diskon besar-besaran. (Foto: Tagar|today.line.me|Ilustrasi Diskon).

Jakarta - Hari ini tanggal 11 November 2020, e-commerce ramai-ramai menggelar program promo dengan memberikan diskon besar-besaran. Mereka  memasang iklan di media cetak dan media sosial soal diskon belanja online gede-gedean.

Sejumlah e-commerce memberikan diskon harga hingga di atas 50 persen, seperti Tokopedia. Begitu pula dengan Shopee, dan Lazada menawarkan diskon gede-gedean hingga di atas 50 persen.

Perhelatan yang sudah menjadi agenda rutin pelaku e-commerce Indonesia setiap tanggal 11 November, membuat banyak orang mengira sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Padahal Harbolnas telah ditetapkan jatuh setiap tanggal 12 Desember atau 12.12.

Lantas mengapa setiap tanggal 11 November (11.11), publik di Indonesia menggelar pesta belanja online besar-besaran. Meskipun belum ada keterangan resmi, mungkin saja terinspirasi dari Hari Jomblo (Single Day) di China yang digelar setiap 11 November. Pada tanggal itu, e-commerce memberikan diskon gede-gedean kepada masyarakat yang ingin belanja online dengan catatan masih single alias jomblo.

Hari Jomblo 11.11

Mengapa di China pesta belanja online diidentikan dengan kalangan jomblo? Ternyata ada sejarahnya. Pada waktu itu, tanggal 11 November 1993, para mahasiswa di Universitas Nanjing di Provinsi Jiangsu, China menggelar pesta lajang. Seperti diberitakan dari cnet.com, mereka ingin menghapus stigma negatif lajang alias jomblo. Kemudian mahasiswa yang lulus membawa budaya jomblo ke luar kampus dan akhirnya makin menyebar.

Kini mayoritas jomblo di China merayakan hari spesial tersebut. Untuk merayakan hari jomblo, mereka biasanya menyantap empat cakwe yang mempresentasikan angka 1 pada simbol 11.11 (11 November) dan satu bakpao yang mewakili simbol titik yang memisahkan empat angka 1 sebagai menu sarapan.

Singles\\' DaySingles\' Day (Hari Jomblo) di China. (Foto: Tagar|Retail Gazette|Singles\' Day).

Hari jomblo ternyata menjadi berkah bagi gadis dan pria karena mendapat pasangan hidup. Pada 2011, setelah Alibaba meramaikan pesta belanja online hari jomblo, lebih dari 4.000 pasangan melangsungkan pernikahan pada tanggal 11 November, atau sehari rata-rata ada 700 orang.

Kini single's day tak hanya milik kalangan jomblo. Semua warga China tanpa hambatan gender sangat antusias membelanjakan uangnya pada setiap 11 November.

HarbolnasHari Belanja Online Nasional (Harbolnas). (Foto: Antara/pri)

Harbolnas 12.12

Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) merupakan kegiatan tahunan yang diprakarasai bersama oleh enam e-commerce besar di Indonesia sejak 12 Desember 2012. Keenam e-commer itu, Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak.

Pesta belanja dengan diskon terbesar ini didukung sejumlah mitra seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media. Harbolnas 2020 yang kini dikawal Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) berkembang signifikan terbukti dengan jumlah pesertanya yang mencapai lebih dari 250 platform belanja online.

Pada Hari Belanja Online Nasional tahun ini akan digelar edisi produk lokal dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada 11 Desember 2020. Produk lokal dan UMKM ini mencakup fesyen, makanan, elektronik, perlengkapan rumah tangga, juga travelling keliling Indonesia. []

Berita terkait
J&T Express Kirim 8 Juta Paket di Momen Belanja Online 10.10
Perusahaan jasa pengiriman J&T Express, berhasil mengirimkan hingga 8 juta paket pada perayaan semarak belanja online 10.10.
Amankah Barang Belanja Online dari Paparan Corona
Sejak berlakunya PSBB, masyarakat mengandalkan belanja online. Namun amankah barang belanjaan online dari Corona, berikut ulasannya.
Shopee Klaim Beromzet Rp 1,3 T Saat Harbolnas 12.12
Shopee mengklaim bahwa jumlah transaksi di platform-nya meraih hingga Rp 1,3 triliun pada saat puncak Harbolnas 12.12 tahun 2019.
0
Hari Belanja Online di Indonesia, Apa Beda 11.11 dengan 12.12
Hari ini tanggal 11 November 2020, e-commerce menggelar program promo belanja online dengan memberikan diskon besar-besaran.