UNTUK INDONESIA
Hari Batik Nasional dan Deretan Tokoh Dunia Pecinta Batik
Sederet tokoh dunia seperti Siwon Choi hingga David Beckham terpantau mengenakan batik lantaran kecintaannya terhadap kain asli Indonesia ini.
Vokalis grup band metal Judas Priest, Rob Halford. (Foto: Instagram/robhalfordlegacy)

Jakarta - Hari Batik Nasional dirayakan masyarakat Indonesia setiap tanggal 2 Oktober demi memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Kian mendunianya batik, menggoda sederet tokoh internasional seperti Siwon Choi hingga David Beckham untuk mengenakan pula kain khas Nusantara ini.

Batik ditetapkan UNESCO sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 lalu.

Tidak heran jika kain ini tak hanya populer dikenakan masyarakat Indonesia saja, melainkan dikenakan pula sebagai pelengkap fesyen sederet artis dunia.

Berikut Tagar rangkumkan deretan tokoh dan selebriti kelas dunia yang tertangkap kamera mengenakan batik asal Indonesia:

Rob HalfordVokalis grup band metal Judas Priest, Rob Halford. (Foto: Instagram/robhalfordlegacy)

1. Rob Halford

Vokalis grup band metal Judas Priest, Rob Halford, mengenakan kemeja batik sewaktu berkunjung ke Indonesia untuk menggelar konser pada tahun 2018 lalu.

Dengan bangga, pria berjuluk MetalGod itu mengunggah potret diri mengenakan pakaian khas Nusantara itu di akun Instagram pribadinya.


David BeckhamPesepakbola internasional, David Beckham. (Foto: Instagram/davidbeckham)

2. David Beckham

Pesepak bola internasional David Beckham, terpantau mengenakan batik sewaktu mempromosikan produk Adidas, sebagai duta merek perusahaan olahraga itu.

Dalam foto yang dibagikan, suami dari Victoria tersebut tampak berpose memegang produk sepatu bola bermotif batik, sembari mengenakan jaket dengan motif sama.

Siwon ChoiPersonel boyband K-Pop Super Junior, Siwon Choi. (Foto: Twitter/siwonchoi)

3. Siwon Choi

Pada Juni 2019 lalu, personel grup boyband Super Junior, Siwon Choi, kedapatan mengenakan kain batik untuk menutupi tubuhnya sewaktu berkunjung ke Bali. Dalam gambar yang dibagikan melalui akun Twitternya, idola K-Pop itu nampak menenteng papan selancar di bibir pantai.

Nelson MandelaMendiang Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela. (Foto: Instagram/nelsonmandelafoundation)

4. Nelson Mandela

Mendiang mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, merupakan tokoh yang begitu mencintai batik. Semasa hidup, ia kerap mengenakan kain asli Indonesia itu dalam berbagai pertemuan formal dan nonformal, termasuk sewaktu bertemu dengan para pemimpin negara-negara di dunia.

Selain nama-nama tersebut, masih banyak tokoh dunia yang kedapatan kerap mengenakan batik sebagai pakaian atau pelengkap fesyen mereka, termasuk CEO Mycrosoft Bill Gates, selebriti Jessica Alba, pesepak bola Zinedine Zidane, dan lain-lain. []


Berita terkait
Banjir Batik Cina dan Malaysia Tantangan Hari Batik Nasional
Indonesia dibanjiri produk batik dari Cina dan Malaysia menjadi tantangan di Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober.
Filosofi dan Makna 4 Motif Batik Garuda Nusantara
Yayasan Tjanting Bantik Nusantara menggandeng Presiden Joko Widodo dalam peresmian mahakarya Batik Garuda Nusantara mengangkat 4 motif.
Batik Garuda Nusantara Sepanjang 74 Meter Akan di Pamerkan
Batik Garuda Nusantara, batik sepanjang 74 meter gagasan Yayasan Tjanting Batik Nusantara akan dibentangkan di Museum Nasional.
0
Sebut Monyet di Facebook, Wanita Ini Dituntut Penjara
Seorang wanita yang menulis kata monyet dan ditujukan kepada wanita lainnya via akun Facebook dituntut penjara 1 tahun 6 bulan.