Indonesia
Hari Anak Nasional: Bolo-bolo dan 3 Lagu Anak Terpopuler
Khusus memperingati Hari Anak Nasional, Tagar ulas lagu-lagu anak terpopuler yang melekat di benak publik hingga kini.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Tiap orang memiliki pilihan lagu idola yang kerap dinyanyikan saat masa kecil. Potongan liriknya pun membekas hingga saat ini. Khusus memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh tepat pada 23 Juli, Tagar ulas lagu-lagu anak yang melekat di benak publik hingga kini.

1. Air

Siapa tak kenal Joshua Suherman? Joshua merupakan bintang cilik multi talenta, mulai dari bernyanyi hingga beradu akting digelutinya sejak belia.

Joshua memulai karier sebagai penyanyi cilik, album pertamanya Cit Cit Cuit yang diluncurkan pada 1996 sukses di pasar nasional. Kemudian namanya makin melambung ketika merilis lagu Air atau lebih dikenal Diobok-obok. Pelawak Tukul Arwana turut memeriahkan video klip Diobok-obok yang mengantarkan Joshua pada sebuah kesuksesan itu.

Selain bernyanyi, Joshua kecil juga dikenal sebagai pemain film. Tercatat namanya pernah membintangi Joshua berhasil memainkan perannya dalam film Joshua Oh Joshua pada 2000. Dalam film itu, ia beradu akting bersama Anjasmara dan Dessy Ratnasari.

Kini Joshua telah berusia 26 tahun, aktif sebagai YouTuber, dan standup komedian.


2. Bolo-bolo

Tina Toon, penyanyi cilik lain yang bersinar di era 90-an. Saat itu, Tina yang memiliki ciri khas goyangan leher berhasil mencuri perhatian publik Tanah Air.

Sosok Tina yang kala itu berbadan "chubby", menjadikan daya tarik sendiri. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, membuat para orang tua terkesan dan banyak mengidolakan sosok gadis keturunan Tionghoa tersebut.

Kini, mantan artis cilik ini masih terlihat mengisi beberapa acara untuk menyumbangkan suara merdunya.


3. Baju Baru

Baju Baru menjadi lagu yang identik dinyanyikan saat memasuki bulan Ramadan di Indonesia. Diluncurkan penyanyi cilik Dhea Ananda pada 1997, tembang itu masih membekas hingga saat ini. 

Lirik Baju Baru yang sederhana dan mudah dihafal, membuat lagu ini banyak dinyanyikan berbagai kalangan. Lirik lagu menggambarkan kesederhanaan seseorang saat merayakan momentum lebaran, yang hanya diperingati 1 tahun sekali ini. 


4. Dudidam

Dudidam diperkenalkan Enno Lerian ketika masih berusia belia. Lagu dalam album berjudul sama itu populer sejak diluncurkan pada 1997.

Liriknya bercerita tentang aktifitas makan anak-anak, jenis menu yang kerap dihidangkan di meja makan, dan perilaku anak ke orang tua. Dengan nada ceria, lirik dalam lagu itu mampu dinikmati anak-anak. 

Enno Lerian memulai karier sebagai penyanyi cilik sejak usia 9 tahun. Sepanjang menjadi penyanyi cilik, Enno yang kini telah menikah sebanyak dua kali itu telah meluncurkan 8 album anak.


Baca juga:

Berita terkait
Srikandi Bara JP Sambut Kemerdekaan dengan Anak Jalanan
Memeriahkan ulang tahun kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) mengadakan kegiatan sosial.
Kota Layak Anak dan Penderita Polio di Kota Parepare
Kota Parepare dinobatkan sebagai kota layak anak, namun di sana ada seorang anak yang terserang penyakit Polio yang belum mendapatkan bantuan.
Saat Anak SLB di Kulon Progo Rayakan Hari Kemerdekaan
Tidak mau ketinggalan, lomba untuk memperingati kemerdekaan juga dilakukan para siswa berkebutuhan khusus.
0
Ephorus HKBP: Mengasihi Bukan Hanya kepada Seagama
Ephorus HKBP yang tiba di kompleks gereja disambut alim ulama, tokoh Betawi dan para pemuda Betawi yang merupakan warga daerah sekitar gereja.