UNTUK INDONESIA
Harga dan Spesifikasi All New Mazda CX-30
PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) resmi meluncurkan Mazda generasi ketujuh, yakni All New Mazda CX-30 di Jakarta, Selasa, 28 januari 2020.
All New Mazda CX-30 varian warna machine grey metallic. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

Jakarta - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) resmi meluncurkan Mazda generasi ketujuh, yakni All New Mazda CX-30 di Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020. SUV kompak ini hadir dalam dua versi, Mazda CX-30 GT (Grand Touring) dan Mazda CX-30 Touring.

Managing Director PT EMI Ricky Thio mengatakan Mazda CX-30 dirancang untuk menjadi partner yang penting dalam keseharian konsumen Mazda serta mampu memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen di Indonesia.

"Di masa mendatang, produk dan teknologi terbaru Mazda akan memastikan konsumen kami terus melihat nilai-nilai terbaik dalam memiliki Mazda. Kami juga ingin Mazda dapat diakui sebagai merek yang memiliki ikatan kuat dengan setiap pengendaranya," kata Ricky, Selasa, 28 Januari 2020.

Bagaimana spesifikasi dari SUV Kompak All New Mazda CX-30? Berikut ulasannya.

Desain dan Eksterior

All New Mazda CX-30All New Mazda CX-30 varian warna soul red crystal metallic. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

All New Mazda CX-30 hadir dengan konsep desain 'Sleek and Bold', yang merupakan evolusi terbaru dari desain KODO dari Mazda. Desain ini dikembangkan untuk menciptakan tampilan baru sebuah crossover kompak. Proporsinya menggabungkan ketangguhan sebuah SUV dengan keindahan yang mengalir dan luwes layaknya coupe.

Gaya desainnya menganut bahasa desain 'charge and release' yang berasal dari tiga faktor kunci desain KODO terbaru yakni Yohaku yang berarti keindahan ruang kosong, kemudian Sori yang berarti kurva yang menggambarkan ketenangan dan keseimbangan dan Utsuroi yang berarti permainan cahaya dan bayangan.

Lampu utama dan lampu belakang menggunakan LED dengan konsep berbentuk silinder sehingga menghasilkan kesan artistik dan mekanis yang khas, juga dilengkapi dengan Daytime Running Lamp atau DRL. Penggunaan LED juga turut disematkan untuk lampu sein. Untuk velg, versi GT menggunakan warna polish, sedangkan yang versi Touring menggunakan warna silver.

Kemudian terdapat emblem Mazda yang sudah dilapisi mika dan memiliki sunroof elektrik untuk versi GT. "Kedua dibedakan dari Emblem yang GT sudah dilapisi mika, sedangkan Touring belum. Kemudian yang GT memiliki sunroof, sementara yang Touring tidak ada," ujar Product Planner PT EMI Kenny Wala, di Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020

Interior

Mazda

Mobil SUV ini hadir dengan kapasitas empat kursi penumpang dengan desain bodi yang kompak, sehingga memungkinkan pengendara untuk bermanuver di berbagai kondisi jalan. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)


Desain interior CX-30 didasarkan pada filosofi desain yang berpusat pada manusia dengan memanfaatkan ruang kosong. Setiap aspek pada kokpit diposisikan simetris secara horizontal dengan pengemudi sebagai pusatnya.

Finishing interior menggunakan material kulit untuk versi GT dan material kain untuk yang versi Touring, termasuk untuk joknya yang memiliki bahan serupa. Kemudian terdapat kaca spion tengah yang sudah frameless pada versi GT, sedangkan yang versi Touring masih standar.

Pada bagian panel hiburan, CX-30 dilengkapi dengan teknologi Mazda Harmonic Acoustics, yang menciptakan audio dengan jangkau yang luas serta melindungi dari kebisingan luar. Teknologi ini juga yang mampu menghasilkan suara terbaik saat volume tinggi maupun rendah, reproduksi musik menjadi lebih dalam dan jelas.

MazdaMazda CX-30 memiliki roda kemudi yang dibalut kulit berkualitas dan dilengkapi dengan panel kontrol audio dan bluetooth. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

Kemudian terdapat juga Layar berukuran 8,8 inci wide TFT color display yang dinamakan Mazda Connect, difungsikan tidak hanya untuk pengaturan multimedia, melainkan juga untuk melihat fitur-fitur kendaraan yang bisa diakses melalui commander control yang berada di bagian konsol tengah.

Selanjutnya Mazda Connect juga dilengkapi dengan delapan buah speaker yang diposisikan di beberapa titik untuk memaksimalkan suara yang dihasilkan serta sudah mendukung koneksi dengan smartphone.

Mesin dan Dimensi

MazdaAll New Mazda CX-30 menggunakan mesin SKYACTIV-G 2.0 L 4 silinder DOHC yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 155PS pada 6000rpm dan torsi 200Nm pada 4000rpm. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

Pada sektor dapur pacu, CX-30 menggunakan mesin SKYACTIV-G 2.0L berkapasitas 1998cc, 4 silinder DOHC dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 155PS pada 6000rpm dan torsi maksimal sebesar 200Nm pada 4000rpm.

Mesin tersebut juga sudah dilengkapi dengan G-Vectoring Control Plus (GVC PLUS) yang akan menurunkan torsi putaran mesin sementara pada saat memasuki tikungan, untuk memindahkan berat dan meningkatkan cengkeraman roda. Selama kendaraan menikung, torsi mesin dinormalkan kembali untuk memindahkan berat kebelakang dan meningkatkan stabilitas. Saat tikungan berakhir daya pengereman diaplikasikan ke roda terluar untuk membantu mengembalikan kendaraan ke posisi lurus.

Kemudian untuk segi dimensi, Mazda CX-30 memiliki panjang 4.395mm, lebar 1.795mm dan tinggi 1540mm serta jarak sumbu roda 2.655mm. Mobil ini memiliki ground clearance 180mm.

All New Mazda CX-30 GTVelg alumunium berukuran 18 inci dengan warna polish pada Mazda CX-30 GT. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

Kaki-kaki

Untuk sektor kaki-kaki, Mazda CX-30 menggunakan velg alumunium berukuran 18 inci dengan warna polish pada versi GT dan warna silver pada versi Touring. Mobil ini menggunakan ban berukuran 215/55R18.

Suspensi SUV ini menggunakan tipe MacPherson strut pada bagian depan dan Torsion beam axle pada suspensi belakang. Sistem pengereman menggunakan ventilated discs pada bagian depan dan solid discs untuk yang bagian belakang.

MazdaMazda CX-30 versi GT dilengkapi dengan sunroof elektrik (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

Fitur Keselamatan

All New Mazda CX-30Lampu belakang All New Mazda CX-30 menggunakan LED, Selasa, 28 Januari 2020. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

Mazda CX-30 dilengkapi dengan fitur keselamatan yang berlimpah, seperti Airbags, lampu depan adaptif, High-mount stop lamp, side-impact door beams, pedal kemudi yang dapat dilipat dan pedal rem yang dibuat untuk meminimalkan cedera, kursi depan dengan mitigasi leher dan konstruksi SKYACTIV-BODY yang membuat mobil menjadi lebih stabil.

Kemudian SUV ini juga sudah dilengkapi dengan anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brakeforce distribution (EBD) and brake assist (BA), serta beberapa fitur keselamatan lain seperti dynamic stability control (DSC) dan traction control system (TCS), hill launch assist (HLA), emergency stop signal (ESS), sensor parkir depan & belakang, serta monitor cadangan (dengan garis statis).

Terdapat juga beberapa fitur keselamatan tambahan untuk CX-30 tipe GT, di antaranya high-beam control (HBC), smart city brake support (forward) (SCBS-F), smart brake support (SBS), forward obstruction warning (FOW), Mazda radar cruise control (MRCC), lane departure warning system(LDWS), lane keep assist system (LAS), driver attention alert (DAA), blind spot monitoring (BSM dan rear cross-traffic alert (RCTA). Untuk sistem keamanannya, CX-30 dilengkapi dengan power door lock dengan sistem kunci pintu otomatis serta immobilizer dan alarm pencuri.

All New Mazda CX-30All New Mazda CX-30 Touring varian warna machine grey metallic. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

Harga

All New Mazda CX-30 menawarkan harga jual yang bervariasi, berikut daftar harganya.

  • Mazda CX-30 Touring Rp 478.800.00
  • Mazda CX-30 Touring dengan pilihan warna soul red crystal atau machine grey Rp 482.800.000
  • Mazda CX-30 GT Rp 518.800.000
  • Mazda CX-30 dengan pilihan warna soul red crystal atau machine grey Rp 522.800.000. []
Berita terkait
All New Mazda CX-30 Resmi Mengaspal di Indonesia
PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) resmi meluncurkan Mazda generasi ketujuh, yakni All New Mazda CX-30 di Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020.
Mobil Listrik Pertama Mazda di Tokyo Motor Show 2019
Mazda listrik model SUV ini mampu berlari sejauh hingga 241 kilometer dalam kondisi baterai penuh.
Harga dan Spesifikasi All New Mazda CX-30
PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) resmi meluncurkan Mazda generasi ketujuh, yakni All New Mazda CX-30 di Jakarta, Selasa, 28 januari 2020.
0
Cewek Medan Gagalkan Aksi Jambret, Dua Pelaku Babak Belur
Dua sekawan ditangkap setelah gagal menjambret handphone milik seorang cewek warga Jalan Anggrek Raya, Kota Medan, Sumatera Utara.