UNTUK INDONESIA
Harga dan Spesifikasi All New KIA Seltos
Kehadiran mobil KIA jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini akan menjadi penantang tangguh Honda HR-V, Mazda CX3, dan Wuling Almaz.
All New KIA Seltos. (Foto: KIA Indonesia)

Jakarta - PT Kreta Indo Artha (KIA), Agen Pemegang Merek KIA, resmi meluncurkan All New KIA Seltos di Jakarta, Senin, 20 Januari 2020. Kehadiran kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) ini akan menjadi penantang tangguh Honda HR-V, Mazda CX3, dan Wuling Almaz.

All New Seltos hadir di Indonesia dalam tiga varian, yaitu E, EX dan EX+, yang dipadukan dengan enam warna, Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Bagaimana spesifikasi SUV kompak ini? berikut ulasannya.

Dapur Pacu, Dimensi dan Performa

All New KIA Seltos dibekali mesin Kappa 4-silinder 1,4 liter turbo dengan kapasitas 1.353cc. Selain itu, mobil ini menggunakan sistem transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-percepatan yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 140 PS di putaran mesin 6.000rpm dan torsi maksimal 242Nm pad rentang 1.500-3.200 rpm.

SUV ini memiliki dimensi dengan panjang 4.315mm, lebar 1.800mm dan tinggi 1645mm, serta jarak sumbu roda berukuran 2.610mm. Untuk radius belok, mobil ini memiliki jarak 5.300mm dan memiliki ground clearance setinggi 183 mm

Mengusung kedinamisan berkendara, KIA Seltos dilengkapi lima sistem Drive Mode Select, yakni Normal, Eco, Sport, Mud dan Snow & Sand.

All New KIA SeltosAll New KIA Seltos. (Foto: KIA Indonesia)

Kaki-kaki

Pada sektor kaki-kaki, All New KIA Seltos menggunakan suspensi depan Mc Pherson Strut dan suspensi belakang Coupled Torsion Beam Axle. Mobil ini juga ditopang roda berukuran 215/60R17 untuk tipe EXP dan EX, dan 205/65R16 unntuk tipe E.

Perangkat pengereman mobil ini menggunakan ventilated disc (rem cakram) pada bagian depan yang juga dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) serta pada bagian belakang menggunakan disc.

Interior All New KIA SeltosInterior All New KIA Seltos EX+. (Foto: Antara/Chairul Rohman)

Eksterior

New KIA Seltos terlihat tangguh berkat dilengkapi dengan grille Tiger Nose pada bagian wajah mobil, yang juga menjadi ciri khas mobil ini. Bumpernya juga di desain tajam dan memiliki kesan offroad, ditambah lagi dengan lampu kabut LED berbentuk Ice Cube yang membuatnya menjadi lebih futuristik. Unsur sporty hadir dengan hadirnya skid plate pada bagian depan dan belakang.

Bodi mobil ini dibuat menggunakan high steel and press hot stamping sehingga terlihat lebih kokoh dan kuat, juga terdapat cladding hitam pada seluruh bodi yang memberikan unsur SUV. Untuk bagian belakang, terdapat aksen garis tegas, tail light LED dan tentunya lubang knalpot.

Spoiler belakang dibuat terintegrasi dengan stop lamp yang dipasang tinggi, dan tidak ketinggal sunroof power sliding dan tilting yang tersedia pada varian tertinggi dari mobil itu, yakni EX+. Penggunaan LED projector untuk varian E dan EX serta full LED pada varian EX+.

Interior

Pada bagian kabin, dashboard mobil ini tampak high-tech dengan suguhan layar monitor hiburan dan panel instrumen melalui cluster supervision monitor berukuran 7 inci, dan ditengah terdapat LCD berukuran 8 inci yang difungsikan sebagai hiburan dan komunikasi serta beberapa fungsi mengemudi.

Layar hiburan tersebut juga bisa terkoneksikan dengan Apple Play Car, Android Auto dan Bluetooth voice recognition dan juga bisa menampilkan visual kamera belakang yang membantu untuk parkir. Desain asimetris pada dshboard dengan garis-garis yang mengalir ke arah posisi pengemudi membuatnya terlihat menjadi lebih modern.

Berbeda dengan mobil-mobil pada biasanya, SUV ini tidak hanya dilengkapi dengan USB slot dan power outlet 12V tetapi juga tersedia wireless charging untuk mengisi daya gawai. Selain itu juga terdapat pengaturan auto climate untuk memastikan suhu kabin terjaga sesuai keinginan.

Seltos memiliki 5 kapasitas kursi, untuk kursi depan terdapat pengatur ketinggian sedangkan untuk kursi belakang dilengkapi dengan sandaran tangan dan cup holder. Mobil ini juga sangat memungkinkan untuk diajak menjelajah karena sudah dibelakali bagasi yang cukup luas dan bisa ditambah dengan melipat sandaran kursi belakang.

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Pada fitur keselamatan, penggunaan komponen Advanced High-Strength Steel pada bodi mobil mampu mereduksi getaran yang ditimbulkan dari jalan, sekaligus menyerap energi tumbukan. Terdapat enam titik air bag yang terdiri dari airbag pengemudi, penumpang depan, samping dan airbag tirai.

Fitur keamanan yang tersedia di mobil ini antara lain Sistem Vehicle Stability Management Kia, Electronic Stability Control dan Hill Start Assist, yang merupakan standar di semua varian. Kemudian fitur lainnya adalah Anti-lock Braking System, Brake-force Assist, Traction Control System, dan empat titik sensor parkir.

Harga

All New Kia Seltos dipasarkan dengan harga Rp 295 juta untuk varian terendah, yaitu E, Rp 320 juta untuk varian EX, dan Rp 355 juta untuk varian tertinggi, yakni EXP atau EX+. Semua harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jakarta. []

Berita terkait
All New KIA Seltos Resmi Mengaspal di Indonesia
PT Kreta Indo Artha (KIA), Agen Pemegang Merek KIA, resmi meluncurkan All New KIA Seltos di Jakarta, Senin, 20 Januari 2020.
Hyundai dan KIA Recall 640 Ribu Unit Kendaraan
Hyundai Motor Co dan KIA Motors Corp mulai melakukan penarikan (recall) terhadap 642.272 unit kendaraan
Hyundai Venue 2020 Resmi Mengaspal
Hyundai resmi merilis SUV terbarunya yakni Venue 2020 akhir pekan lalu di Miami, Florida, negara bagian Amerika Serikat (AS).
0
Jika Terlibat Bentrok, Mahasiswa UNM Kena Sanksi
Universitas Negeri Makassar (UNM) akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku bagi mahasiswa yang terlibat Demo bentrok.