UNTUK INDONESIA
Hanung-Zaskia, Bikin Film Sama Anak Saat di Rumah Aja
Hanung Bramantyo-Zaskia Adya Mecca mengajak anak-anak bikin film pakai hape, saat menjalani kehidupan di rumah aja pada masa pandemi Covid-19.
Hanung Bramantyo dan empat anaknya, membuat film pendek saat di rumah aja dalam situasi pandemi Covid-19, April 2020. (Foto: Instagram/@hanungbramantyo)

Jakarta - Semua keluarga Indonesia berusaha mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, yaitu di rumah saja atau stay at home untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Tak terkecuali pasangan Hanung Bramantyo-Zaskia Adya Mecca. Untuk merawat kegembiraan anak-anak sepanjang waktu di dalam rumah, mereka melakukan hal menyenangkan bersama anak, yaitu membuat film pendek serial #dirumahsendirian.

"Lebih dari tiga minggu saya berada di rumah, inilah kerjaan saya. Bikin film pendek bersama anak-anak, istri, dibantu sama mbak-mbak di rumah," cerita Hanung di akun Instagram @hanungbramantyo, Senin, 6 April 2020.

Untuk membuat film pendek saat di rumah saja, ayah lima anak ini merekamnya memakai handphone, diedit dengan Adobe Premiere, "Yang kadang ngehang dan kehapus file editnya. Lalu di-grading di Hp. Sebab software grading kalau beli mahal. Begitulah adanya."

Sampai Senin, 18 Mei 2020, sudah dua seri film pendek yang Hanung buat bersama anak-anak. Ia mengucapkan terima kasih film episode kedua penontonnya sudah mencapai 127 ribu dalam 3 jam.

Lebih dari tiga minggu saya berada di rumah, inilah kerjaan saya. Bikin film pendek bersama anak-anak, istri, dibantu sama mbak-mbak di rumah.

Selain membuat film pendek, Hanung mengajak anak-anaknya melakukan hal menyenangkan lain, yaitu bermain bola. 

Hanung mengunggah foto memperlihatkan dirinya dan anak-anaknya bermain bola. Bersama unggahan foto ini Hanung menulis, "Sejak kondisi #dirumahaja saya banyak tersadar, sudah hampir tiga bulan anak-anak saya jarang sakit, meski hampir tiap minggu hujan-hujan. Semoga akan tetap sehat seterusnya ya, Nak. Juga buat kamu thole @barmastyabhumi yang ada di Jakarta. Keep strong. Love!"

Thole yang ia sebut itu adalah Bhumi Brawijaya, anak Hanung dari istri pertama. Sebelum menikah dengan Zaskia, Hanung adalah duda satu anak.

"Bangetttt, alhamdulillah," sambut Zaskia Adya Mecca di kolom komentar.

Hanung BramantyoHanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca, dan anak, sahur pertama di bulan Ramadan 2020 di tengah situasi pandemi Covid-19. (Foto: Instagram/@hanungbramantyo)

Memasuki Fase New Normal

Belum diketahui kapan pandemi Covid-19 berakhir. Presiden Jokowi sudah mengisyaratkan untuk berdamai dengan virus corona penyebab penyakit Covid-19. Berdamai artinya menyadari bahwa virus berbahaya tersebut memang ada, tapi hidup harus terus berjalan, ekonomi harus bergerak, harus beraktivitas kembali di luar rumah, namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Di antaranya memakai masker dan menjaga jarak fisik atau physical distancing minimal dua meter dari orang lain saat berada di tempat umum.

Sebelum sampai pada tahapan new normal itu, sejauh ini masyarakat masih diminta untuk di rumah saja.

Untuk menjaga keceriaan anak-anak selama di rumah saja, berikut beberapa kegiatan menyenangkan.

1. Bermain Bersama

Anak-anak bisa menjadi sangat moody saat berada di rumah. Agar anak tidak bosan di rumah, lakukan kegiatan bersama, misalnya membuat film pendek seperti dilakukan Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca. Bisa juga melakukan aktivitas fisik lain seperti senam bersama, bermain lompat tali. Selain menyenangkan, si kecil juga bisa tetap sehat dan aktif saat berada di rumah.

Hanung BramantyoHanung Bramantyo dan anak-anaknya main bola di tengah hujan saat menjalani kehidupan di rumah aja di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Instagram/@hanungbramantyo)

2. Ajak Anak Menjaga Kebersihan

Satu hal terpenting yang bisa melindungi si kecil dari virus dan penyakit adalah dengan menjaga kebersihan. Oleh karena itu, penting sekali bagi orang tua untuk selalu mengingatkan si kecil untuk menjaga kebersihan. Ajak si kecil untuk mencuci tangan yang benar setelah beraktivitas.

3. Beri Makanan dan Camilan Bergizi

Nutrisi menjadi hal yang tak kalah penting untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Oleh karena itu, para ibu dan ayah, pastikan memberikan asupan nutrisi yang bergizi untuk si kecil, seperti sayuran, buah-buahan, dan susu. Jangan lupa juga berikan kepada buah hati, vitamin untuk meningkatkan sistem imun.

Agar keceriaan si kecil tetap terjaga selama di rumah, para ibu dan ayah bisa juga memberikan camilan yang disukai anak. Di tengah pandemi, jangan sampai si kecil jajan makanan yang tidak sehat. Para ibu dan ayah bisa memberikan Inaco mini jelly, camilan yang sudah jelas kebersihan dan kualitasnya, dari jus buah, tanpa pemanis buatan, sumber serat pangan, disukai si kecil, dan dipercaya turun-temurun oleh keluarga Indonesia. Hadir dengan berbagai varian rasa, Inaco akan menambah keceriaan si kecil saat beraktivitas di rumah.

Hanung BramantyoHanung Bramantyo dan anak-anaknya main bola, saat menjalani kehidupan di rumah saja di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Instagram/@hanungbramantyo)

Untuk melindungi si kecil dari corona, INACO mengajak para ibu di Indonesia untuk bersama-sama melawan pandemi dengan terus menjaga kesehatan dan keceriaan si kecil.

Ikuti gerakan #InacoDanMomsLawanCorona dengan berbagi informasi baik, serta saling peduli dan berbagi kebaikan. Untuk info lengkap terkait gerakan ini, bisa dilihat di Facebook dan Instagram @sahabatinaco atau www.inacofood.com. []

Baca juga:

Berita terkait
Resep Kreasi Nasi Goreng untuk Sahur dan Buka Puasa
Nasi goreng bisa menjadi menu spesial keluarga saat sahur dan berbuka puasa. Berikut beragam resep kreasi nasi goreng.
5 Resep Aneka Sup Hidangan Saat Sahur dan Buka Puasa
Menu sup sangat cocok untuk dihidangkan saat sahur dan buka puasa. Berikut sejumlah resep aneka sup yang lezat untuk sahur atau buka puasa.
15 Camilan Work from Home Bikin Badan Kebal Corona
Selama bekerja dari rumah atau work from home karena terperangkap pandemi corona Covid-19, 15 camilan ini akan membuat badan Anda kebal dari virus.
0
Beroperasi di Bantaeng, Ini Empat Layanan Gojek
Gojek sudah resmi beroperasi di Kabupaten Bantaeng sejak, Selasa 19 Mei 2020, dengan empat layanan unggulan. Ini ke empat layanan tersebut.