UNTUK INDONESIA

Hajar Jerman 6 Gol, Spanyol ke Semifinal Nations League

Spanyol melaju ke semifinal UEFA Nations League setelah menghajar Jerman. Pemain Manchester City Ferran Torres mencetak hat-trick di laga itu.
Spanyol melaju ke semifinal UEFA Nations League setelah menghajar Jerman 6-0 dalam duel di Liga A Grup 4 di Stadion Cartuja, Sevilla, Rabu, 18 November 2020 dini hari WIB. Trio Spanyol, Morata (kiri), Ferran Torres (tengah) dan Gaya merayakan gol di laga itu. (Foto: Tagar/Twitter/EURO2020)

Jakarta - Spanyol melaju ke semifinal UEFA Nations League secara meyakinkan. Mereka menandai keberhasilan meraih tiket ke 4 besar dengan menghajar Jerman 6-0 dalam duel di Liga A Grup 4 di Stadion Cartuja, Sevilla, Rabu, 18 November 2020  dini hari WIB. Di laga itu, pemain depan Ferran Torres mencetak hat-trick gol.

Kemenangan besar di luar perkiraan. Apalagi, pada duel pertama saat Jerman menjadi tuan rumah, ke-2 bermain imbang 1-1. 

Pelatih Jerman Joachim Loew pun menurunkan skuat terbaik di laga penentuan. Sebaliknya, Spanyol tampil dengan starting eleven yang berbeda.  

Tim kami lebih baik. Kami memiliki banyak pemain yang mampu mencetak gol

Pelatih Luis Enrique sedikit bereksperimen dengan menyimpan duo kiper, David de Gea dan Kepa Arrizabalaga. Dia malah memainkan kiper ke-3, Unai Simon. Hasilnya, kiper Athletic Bilbao berusia 23 ini menunjukkan performa terbaik. Dirinya mampu menghadapi gempuran lini depan Jerman yang mengandalkan Leroy Sane dan Timo Werner. 

Kemenangan atas Jerman menjadikan Spanyol tampil sebagai juara grup. Mereka menggeser Jerman sekaligus lolos ke semifinal. Mereka mengantongi poin 11. Sedangkan Die Mannschaft menjadi runner up setelah memiliki 9 poin. 

Menanggapi keberhasilan Spanyol lolos ke semifinal, Enrique menuturkan dirinya sudah yakin memenangkan laga tersebut. Menurut pelatih yang pernah membawa Barcelona meraih treble winners ini tim La Roja lebih baik ketimbang Jerman.  

"Saya sesungguhnya sudah memprediksi kami bakal memenangkan pertandingan," kata Enrique seperti dikutip laman UEFA. 

"Tim kami lebih baik. Kami memiliki banyak pemain yang mampu mencetak gol. Tim ini tidak mengandalkan satu pemain yang mengoleksi banyak gol," ucap dia. 

Laga Sempat Berjalan Imbang

Laga itu sendiri berjalan imbang karena Spanyol dan Jerman merupakan 2 tim papan atas Eropa. Spanyol mengawali serangan saat tendangan bebas kapten Sergio Ramos mengancam gawang Manuel Neuer. 

Selanjutnya, Jerman yang bermain ofensif mendapat peluang lewat Werner. Hanya, sontekan striker Chelsea ini bis digagalkan Pau Torres. 

Spanyol vs JermanPemain depan Spanyol Ferran Torres saat menaklukkan kiper Jerman Manuel Neuer dalam duel Liga A Grup 4 UEFA Nations League di Stadion Cartuja, Sevilla, Rabu, 18 November 2020 dini hari WIB. Spanyol membantai Jerman 6-0 dan lolos ke semifinal. (Foto: Tagar/Twitter/EURO2020)

Spanyol membuka pesta kemenangan saat striker Alvaro Morata membobol gawang Jerman di menit 17. Sundulan penyerang Juventus ini menyambut sepak pojok Fabian Ruiz sukses menaklukkan Neuer.

Gol itu mendongkrak semangat dan motivasi pemain Spanyol. Tak lama berselang, tuan rumah memperbesar keunggulan. Kali ini, Torres yang berhasil memanfaatkan bola rebound setelah sepakan Ruiz membentur tiang gawang. 

Enrique membuktikan ucapannya bila banyak pemain Spanyol yang mampu mencetak gol. Pasalnya, gelandang Manchester City Rodri yang mengubah skor menjadi 3-0 di menit 38. 

Gol itu menjadikan Spanyol kian percaya diri melanjutkan babak ke-2. Apalagi, Jerman sudah kesulitan mengejar ketinggalan gol. 

Terutama setelah Torres mencetak gol ke-2 di laga tersebut di menit 55. Gol berawal dari Jose Gaya yang memilih memberikan bola kepada pemain Man City ini ketimbang melepaskan tendangan ke gawang Jerman. Upayanya memberikan hasil karena Torres berhasil mengonversi jadi gol. 

Baca juga: 

Jadwal Nations League, Spanyol dan Jerman Target Menang

UEFA Nations League, Spanyol Pupus Tripoin Jerman

Spanyol kian tak terbendung. Dan, Torres melengkapi hat-trick di menit 71. Tendangan melengkung dari eks pemain Valencia yang menyambut umpan Ruiz itu mengubah skor menjadi 5-0. 

Tuan rumah masih belum puas membantai juara dunia 4 kali ini. Hanya satu menit menjelang laga usai, Mikel Oyarzabal melengkapi kemenangan Spanyol. Lewat kolaborasi dengan Gaya, dia membobol gawang Jerman yang ditinggalkan Neuer. Spanyol pun mengakhiri laga dengan keunggulan 6-0. []

Berita terkait
Ditahan Belanda, Pelatih Spanyol Mengeluh Susah Cetak Gol
Spanyol gagal memenangkan laga uji coba usai ditahan Belanda 1-1. Pelatih Spanyol Luis Enrique mengeluh kian sulit cetak gol di pertandingan Eropa.
Jadwal Laga Uji Coba: Wajah Baru Italia, Belanda Vs Spanyol
Italia tampil dengan wajah baru saat uji coba lawan Estonia. Kapten Spanyol Sergio Ramos bakal samai rekor kiper Gianluigi Buffon bila dimainkan.
Spanyol Vs Swiss, Oyarzabal Pertahankan Tim di Puncak
Spanyol mengalahkan Swiss dengan skor tipis di laga UEFA Nations League. Gol dicetak Mikel Oyarzabal yang membawa Spanyol tetap di puncak klasemen.
0
Hajar Jerman 6 Gol, Spanyol ke Semifinal Nations League
Spanyol melaju ke semifinal UEFA Nations League setelah menghajar Jerman. Pemain Manchester City Ferran Torres mencetak hat-trick di laga itu.