UNTUK INDONESIA

Ditahan Belanda, Pelatih Spanyol Mengeluh Susah Cetak Gol

Spanyol gagal memenangkan laga uji coba usai ditahan Belanda 1-1. Pelatih Spanyol Luis Enrique mengeluh kian sulit cetak gol di pertandingan Eropa.
Spanyol gagal memenangkan laga uji coba usai ditahan Belanda 1-1 di Johan Cruijff Arena, Kamis, 12 November 2020 dini hari WIB. Gelandang Spanyol Sergio Canales (kanan) yang mencetak gol di laga itu tamak sedang membawa bola. (Foto: Tagar/Twitter/SEFutbol)

Jakarta - Spanyol gagal memenangkan laga uji coba setelah ditahan Belanda 1-1 di Johan Cruijff Arena, Kamis, 12 November 2020 dini hari WIB. Lini depan yang kurang tajam menjadi kendala Spanyol sehingga tak memenuhi target menang. Pelatih Luis Enrique mengakui kini semakin susah mencetak gol di pertandingan melawan tim-tim Eropa. 

Spanyol tidak menurunkan skuat terbaik karena hampir semua pemain pilar diistirahatkan. Termasuk kapten Sergio Ramos yang hanya turun 5 menit untuk memecahkan rekor bermain. 

Kiper David de Gea dan Kepa Arrizabalaga pun hanya masuk skuat tidak dimainkan. Begitu pula duo Barcelona, Sergio Busquets dan Sergi Roberto. 

Mencetak gol sepertinya menjadi hal paling sulit di Eropa. Saya tak peduli berapa banyak peluang yang seharusnya tercipta gol

Laga besar yang merupakan ulangan final Piala Dunia 2010 ini seharusnya menjadi pentas striker Juventus Alvaro Morata atau gelandang Manchester City Rodri. Pelatih Enrique juga memberi kesempatan bermain kepada pemain depan Real Madrid Marco Asensio, Gerard Moreno dan Eric Garcia yang kian matang di Man City. 

Sebaliknya, Belanda masih menurunkan sebagian pemain pilar seperti gelandang Manchester United Donny van de Beek, Frenkie de Jong sampai striker Memphis Depay. Bek Matthijs de Ligt absen karena masih bergulat dengan cederanya. 

Meski tampil di kandang lawan, Spanyol sesungguhnya mampu mendominasi. Bahkan La Roja unggul lebh dulu lewat playmaker Real Betis Sergio Canales di menit 18. Dia menuntaskan umpan dari Morata. 

Hanya, Spanyol tak mampu mempertahankan keunggulan. Belanda menyamakan skor saat babak-2 baru dimulai. Gol tuan rumah dihasilkan Van de Beek yang menyambut umpan dari Owen Wijndal. 

Skor berubah menjadi 1-1. Upaya Spanyol menambah gol tak membuahkan hasil meski mereka menekan pertahanan lawan sehingga skor tetap sama sampai akhir laga.

Problem gol sepertinya menjadi kendala Spanyol. Ini yang dikeluhkan Enrique. Menurut dia tim kian sulit mencetak gol di pertandingan antar timnas Eropa. 

"Mencetak gol sepertinya menjadi hal paling sulit di Eropa. Saya tak peduli berapa banyak peluang yang seharusnya tercipta gol. Persoalannya kami memiliki banyak pemain bagus dan striker yang tidak kalah bagus," ucap Enrique seperti dikutip Football Espana.

Memprihatinkan, Catatan Gol Spanyol

Catatan gol Spanyol memang memprihatinkan. Usai kemenangan besar 4-0 atas Ukraina di UEFA Nations League, mereka justru mengalami penurunan ketajaman. 

Dari 4 laga terakhir, juara Piala Dunia 2010 ini hanya menang sekali saat mengalahkan Swiss 1-0. Tim dikalahkan Ukraina juga dengan skor 1-0 dan kemudian bermain imbang pada 2 uji coba melawan Portugal dan Belanda. 

Tak mampu mencetak lebih dari satu gol menjadi problem Spanyol sehingga mereka sulit memenangkan pertandingan. Meski demikian Enrique tetap optimistis dengan skuat yang dimilikinya. Dia juga tak mempersoalkan bila eksperimen tak berjalan mulus di laga uji coba itu. 

"Kami tetap mengakui tak mudah menghadapi Belanda. Bahkan di babak ke-2 tim justru kehilangan keseimbangan. Kami akan melakukan perbaikan," ujar dia.

Baca juga:

Spanyol Vs Ukraina, Ansu Fati Pecahkan Rekor Gol

UEFA Nations League, Spanyol Pupus Tripoin Jerman

"Saya tetap optimistis gol akan tiba. Kami tak perlu cemas," kata eks pelatih AS Roma ini. 

Spanyol akan melakoni laga tandang melawan Swiss dan kemudian menjamu Jerman di Nations League. Saat ini, mereka menduduki puncak klasemen Liga A Grup 4. Spanyol unggul satu poin dengan Jerman dan Ukraina. []

Berita terkait
Jadwal Laga Uji Coba: Wajah Baru Italia, Belanda Vs Spanyol
Italia tampil dengan wajah baru saat uji coba lawan Estonia. Kapten Spanyol Sergio Ramos bakal samai rekor kiper Gianluigi Buffon bila dimainkan.
Spanyol Vs Swiss, Oyarzabal Pertahankan Tim di Puncak
Spanyol mengalahkan Swiss dengan skor tipis di laga UEFA Nations League. Gol dicetak Mikel Oyarzabal yang membawa Spanyol tetap di puncak klasemen.
Portugal Vs Spanyol, Ronaldo Frustrasi, Ramos Main 6 Menit
Portugal bermain imbang dalam uji coba melawan Spanyol. Bahkan kapten Cristiano Ronaldo sempat frustrasi karena gagal mencetak gol.
0
Ditahan Belanda, Pelatih Spanyol Mengeluh Susah Cetak Gol
Spanyol gagal memenangkan laga uji coba usai ditahan Belanda 1-1. Pelatih Spanyol Luis Enrique mengeluh kian sulit cetak gol di pertandingan Eropa.