UNTUK INDONESIA

Hafalan Niat Buka Puasa untuk Anak

Anak-anak yang baru belajar berpuasa, tidak ada salahnya untuk mempelajari niat puasa dari sini. Anak-anak usia di atas 5 tahun, di bawah 12 tahun.
Ilustrasi buka puasa.

Jakarta- Bagi muslim yang sudah dewasa (akil balik) mungkin sudah paham niat buka puasa di luar kepala, karena sudah terbiasa mengucapkannya. Namun bagi anak-anak yang baru belajar berpuasa tentu perlu menghafalnya.

Anak-anak yang dimaksud di sini adalah mereka yang berusia di atas lima tahun dan di bawah dua belas tahun. Mereka biasanya (belajar) berpuasa di bulan Ramadan dengan cara ikut makan sahur dan berbuka pada pukul 10 atau 12 siang, untuk kemudian melanjutkan puasanya sampai saat Magrib.

Niat buka puasa yang perlu diucapkan oleh anak-anak sebelum berbuka tidak terlalu panjang sehingga tidak butuh waktu lama untuk menghafalnya. Namun perlu diberi pengertian juga, kalau niat buka puasa ini tetap perlu diucapkan sebelum berbuka. 

Kenapa bisa begitu? Karena seorang anak ketika berpuasa (menahan lapar dan dahaga) tentu sangat menantikan saat dia bisa segera mengakhirinya. Dan ketika saat itu telah tiba, mereka akan segera bergegas menyantap hidangan sehingga melupakan niat yang harus diucapkan sebelum makan. 

Berikut ini hafalan niat buka puasa yang bisa diajarkan kepada anak-anak, lengkap dengan cara membaca dan artinya.

Tulisannya:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Bacanya:

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar raahimiin

Artinya:

"Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih."

Demikian, semoga ibadah puasa kita mendapat berkah dan semakin menjadikan kita sebagai pribadi yang beriman. []

Baca juga:

Berita terkait
Minum Madu Pas Sahur Supaya Kuat Puasa
Makan sahur penting untuk menunjang aktivitas puasa seharian. Lantas bagaimana penjelasan ilmiah bahwa minum madu pas sahur membuat kuat puasa.
Bagaimana Puasa Tanpa Sahur, Sahkah?
Tidak sedikit di antara kita yang terlewat sahur tapi tetap berpuasa. Alasan tidak sahur karena bangun kesiangan. Apakah sah berpuasa tanpa sahur?
Menu Wajib Dikonsumsi Saat Sahur Puasa Pertama
Santap sahur sebagai pengganti sarapan bertujuan memberikan cadangan energi pada pagi hari selama berpuasa. Berikut ini menu wajib dikonsumsi.
0
Enam Fakta Air Zamzam
Air zamzam pertama kali ditemukan Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim AS, ketika berlari bolak-balik antara bukit Shafa dan bukit Marwah.