UNTUK INDONESIA

Menu Wajib Dikonsumsi Saat Sahur Puasa Pertama

Santap sahur sebagai pengganti sarapan bertujuan memberikan cadangan energi pada pagi hari selama berpuasa. Berikut ini menu wajib dikonsumsi.
Buah-buahan. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Santap sahur sebagai pengganti sarapan bertujuan memberikan cadangan energi pada pagi hari untuk melakukan rutinitas selama berpuasa. 

Selama menjalankan ibadah puasa sangat penting memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar memberikan energi yang maksimal bagi tubuh.

Berikut makanan yang dapat dikonsumsi saat sahur menurut ahli diet dr Rahma Ali, dari klinis RS Burjeel Abu Dhabi.


1. Makanan Berkarbohidrat

Karbohidrat merupakan zat gizi yang menyediakan energi utama bagi tubuh seperti oatmeal, roti gandum, nasi merah, sereal, dan kentang dengan porsi 1-2 saja.


2. Makanan Berprotein

Protein sangat dibutuhkan saat menjalani ibadah puasa untuk memperbaiki dan membangun jaringan dalam tubuh. Selain itu, untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Asupan protein dapat diperoleh dari daging tanpa lemak, ayam, ikan, telor, susu, yogurt, keju, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan biji-bijian dengan jumlah 1-2 porsi saja saat sahur.


3. Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin dan mineral untuk mempertahankan kesehatan tubuh seperti, kalium, asam folat, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, dan magnesium. Banyak vitamin dan mineral yang berperan dalam berbagai metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, buah dan sayur mengadung serat yang tinggi bermanfaat dalam membantu mencegah sembelit dan menjadi kenyang lebih lama. Cukupi kebutuhan buah dan sayur sebanyak 2-3 porsi saat sahur.


4. Air Putih

Air putih tidak kalah penting untuk melengkapi makanan, sayuran, dan buah. Air sangat berperan untuk memperlancar metabolisme tubuh, menjaga hidrasi tubuh. Jika kebutuhan air tercukupi sangat membantu menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Berapa banyak air minum yang dibutuhkan saat sahur?

Anda mungkin perlu minum air sebanyak 2 gelas atau lebih saat sahur. Kebutuhan air setiap orang mungkin akan berbeda.

Selain itu,Rahma juga mengatakan, ada beberapa makanan yang tidak dapat dikonsumsi saat sahur yakni, karbohidrat olahan, yang hanya tahan 3-4 jam dan tidak cukup bergizi, seperti gula, tepung, pastry dan donat.

Dia menambahkan, makanan asin juga perlu dihindari saat sahur sebab menyebabkan kadar sodium di tubuh tidak seimbang sehingga mudah menimbulkan rasa haus. 

Sebaiknya hindari kacang asin, acar, keripik dan makanan yang mengandung kecap. Bahkan, dokter Rahma juga mengatakan, kafein dalam kopi, tidak baik untuk sahur sebab tidak membuat tubuh terhidrasi sehingga mudah memunculkan rasa haus saat puasa. []


Baca juga: 6 Minuman Hangat Cocok Dikonsumsi Saat Sahur



Berita terkait
Resep Lezat Aneka Olahan Bebek Cocok Buat Menu Sahur
Menu olahan bebek bisa menjadi pilihan yang tepat untuk disajikan saat sahur. Berikut resep aneka olahan daging bebek yang bisa dicoba di rumah.
Olahan Serba Kentang, Simpel Buat Sahur Pertama Ramadan 2021
Seminggu lagi masuk bulan puasa Ramadan 2021. Untuk penyemangat, ini tiga resep olahan kentang, simpel buat inspirasi hidangan sahur hari pertama.
Niat Sahur dan Buka Puasa Ramadan
Niat adalah doa atau ucapan yang dilafalkan saat akan mulai ibadah (puasa).
0
Minum Madu Pas Sahur Supaya Kuat Puasa
Makan sahur penting untuk menunjang aktivitas puasa seharian. Lantas bagaimana penjelasan ilmiah bahwa minum madu pas sahur membuat kuat puasa.