Hadiah Juara Tunggal Turnamen Tenis Wimbledon 2021 Rp 34,13 Miliar

Turnamen tenis Wimbledon 2021 selain hadiah besar juga terjadi persaingan antara Federer yang ingin pecahkan rekor dan Djokovic untuk samakan rekor
Trofi juara tunggal putra dan putri grand slam Wimbledon 2021 diperkenalkan ke media di Centre Court lapangan Wimbledon, Juni 2021 (Foto: wimbledon.com – AELTC/Edward Whitaker)

JakartaGrand slam turnamen tenis Wimbledon, Inggris, mulai bergulir hari ini, 28 Juni sampai 11 Juli 2020 di lapangan rumput. Selain memperebutkan hadiah juara tunggal putra dan putri sebesar Rp 34,13 miliar akan terjadi persaingan ketat untuk menyamai dan memecahkan rekor.

hadian uang  tenis wimbledon 2021Hadiah uang tunai untuk juara tunggal putra dan putri turnamen tenis Wimbledon, Inggris, Juni 2021 (Foto: Tagar/Syaiful W Harahap)

Wimbldon merupakan satu dari empat turnamen tenis terbesar dan tertua di dunia, tiga lainnya adalah Australia Terbuka, Prancis Terbuka (Roland Garros), dan AS Terbuka (US Open). Tahun 2020 lalu Wimbledon dibatalkan karena pandemi Covid-19 yang melanda Inggris.

Tahun ini pun penonton dibatasi, bahkan pada grand slam Australia Terbuka yang berlangsung di Melbourne pada Februari 2021 stadion tenis buka-tutup karena pandemi Covid-19. Wimbledon juga membatasi jumlah penonton yang hadir langsung di lapangan.

1. Tunggal Putra

Tunggal putra tenis dunia dirajai oleh tiga petenis yaitu Roger Federer (Swiss), Rafael Nadal (Spanyol) dan Novak Djokovic (Serbia). Federer dan Nadal pegang rekor 20 grand slam, sedangkan Djokovid 19 gelar.

posisi tunggal putraPosisi puncak tiga petenis putra dunia (Foto: Tagar/Syaiful W Harahap)

Di Wimbledon akan terjadi persaingan ketat, tapi hanya antara Federer dan Djokovic karena Nadal tidak ikut setelah dikalahkan Djokovic di semifinal Prancis Terbuka 2021 pada Juni 2021.

roger federerRoger Federer (Foto: wimbledon.com)

Maka, yang akan terjadi adalah upaya memecahkan rekor (Federer) dan menyamai rekor (Djokovic). Untunglah undian memungkinkan Federer dan Djokovic bisa bertemu di final. Hanya saja lawan yang akan dihadapi Federer di babak-babak penyisihan adalah petenis-petenis muda yang masuk 10 besar dunia.

novak djokovicNovak Djokovic (Foto: wimbledon.com)

Sejauh ini Federer unggul jumlah juara Wimbledon (8) dari Djokovid (5).

2. Tunggal Putri

Di tunggal putri tidak ada persaingan untuk menyamai rekor karena rekor yang dipegang Serena Williams (AS) terpaut jauh dari petenis purti lain.

posisi tunggal putriPosisi puncak petenis putri dunia (Foto: Tagar/Syaiful W Harahap)

Dengan 23 gelar juara grand slam Serena hanya dibuntuti kakaknya, Venus, dengan 7 juara grand slam. Selain itu pemegang 4 gelar grand slam, Naomi Osaka (Jepang) tidak ikut berlaga setelah mengundurkan diri di turnamen Prancis Terbuka 2021.

serena williamsSerena Williams (Foto: wimbledon.com)

Hanya Serena yang berambisi besar untuk menyamai rekor Margaret Court, petenis Australia, yang mengoleksi 24 gelar juara grand slam terbanyak yaitu 24. Serena melewati Steffi Graf yang memegang 22 gelar juara grand slam, tapi Graf mengantongi 2 medali emas tunggal putri olimpiade yaitu Olimpiade Los Angeles (1984) dan Seoul (1988).

Tampaknya, langkah Serena akan mulus karena musuh bebuyutannya, Osaka, tidak ikut turnamen. []

Berita terkait
Roger Federer Bermain Dengan Mencintai Permainan Tenis
Dengan usia 39 tahun dan absen di beberapa turnamen dan grand slam setahun belakangan ini, Roger Federer membuktikan dirinya sebagai petenis handal
Novak Djokovic di Puncak Daftar Petenis Terkaya di Dunia
Petenis Serbia, Novak Djokovic, menambah rekeningnya setelah meraih hadiah 1,4 juta euro di turnamen tenis Roland Garros 2021
Rafael Nadal Putuskan Tidak Bermain di Wimbledon dan Olimpiade
Rafael Nadal putuskan tidak ikut grand slam Wimbledon dan Olimpiade Tokyo karena dia butuh waktu untuk memulihkan diri
0
Hadiah Juara Tunggal Turnamen Tenis Wimbledon 2021 Rp 34,13 Miliar
Turnamen tenis Wimbledon 2021 selain hadiah besar juga terjadi persaingan antara Federer yang ingin pecahkan rekor dan Djokovic untuk samakan rekor