Gunung Kidul Siap Uji Coba Terabatas Pembukaan Objek Wisata

Banyak wisatawan yang datang di wilayah ini setiap akhir pekan, meski sudah diumumkan bahwa seluruh objek wisata ditutup sementara.
Objek wisata Gunung Kidul. (Foto: Tagar/ANTARA)

Jakarta - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, begitu antusias menyambut wacana uji coba pembukaan objek wisata.

Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengakui, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, apalagi  banyak wisatawan yang datang ke objek wisata setiap akhir pekan, meski sudah diumumkan bahwa seluruh objek wisata ditutup sementara hingga ada kebijakan pembukaan objek wisata dari pemerintah pusat.

"Kami menunggu keputusan dari pusat untuk uji coba terbatas pembukaan objek wisata. Meski sudah ada wacana uji coba, sampai sekarang belum ada petunjuk dari pusat terkait wisata," kata Sunaryanta kepada wartawan, Jumat, 1 Oktober 2021.

Sunaryanta menjelaskan, soal pembukaan objek wisata merupakan kewenangan pemerintah pusat. Kemudian, keputusan itu diikuti dengan instruksi dari Pemda DIY yang memberikan ketentuan secara lebih rinci.



Kami menunggu keputusan dari pusat untuk uji coba terbatas pembukaan objek wisata. Meski sudah ada wacana uji coba, sampai sekarang belum ada petunjuk dari pusat terkait wisata.



Meski keputusan tersebut belum final, Sunaryanta menyatakan persiapan pembukaan uji coba terbatas tetap dilakukan. Pelaku wisata bersama dinas terkait juga sedang mengurus segala persyaratan untuk operasional pembukaan uji coba terbatas.

"Seperti Sertifikat CHSE, penerapan PeduliLindungi, hingga fasilitas penunjang sebagainya sedang disiapkan," imbuhnya.

Menurut Sunaryanta, Gunung Kidul sudah layak turun level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) melihat dinamika Covid-19 yang terus melandai. Namun, penurunan level PPKM perlu diikuti seluruh wilayah DIY mengingat penggunaan sistem aglomerasi.

"Jadi kita lihat nanti evaluasinya seperti apa, karena patokannya di aglomerasi," katanya. []


Baca Juga :




Berita terkait
Awas Nyesal! 3 Wisata Alam Tanah Papua Ini Wajib Dikunjungi
Papua memang didominasi oleh hutan namun jangan salah bahwa Papua memiliki wisata alam yang menawan dan menarik pengunjung. Berikut wisata alamnya.
5 Tempat Wisata di Indonesia yang Jadi Lokasi Pesungihan
Banyak orang yang rela melakukan ritual tertentu, bahkan membahayakan, demi mendapatkan kekayaan sesuai impiannya.
Wisata Bali Kembali Dibuka! Pengujung Harus Patuhi Prokes
Pemerintah Provinsi Bali terus melakukan sejumlah persiapan termasuk membidik sejumlah negara yang ditargetkan berkunjung ke Pulau Bali.
0
BPBD Tasikmalaya : Waspadai Bencana Hidrometeorologi
Wilayah kecamatan di Kota Tasikmalaya yang memiliki potensi bencana tanah longsor adalah Mangkubumi, Kawalu, Tamansari, dan Purbaratu.