Gubernur DKI : Pembangunan JIS Sudah 69,85 persen

JIS akan menjadi pendorong pemerataan pembangunan fisik, sosial dan ekonomi di daerah tersebut.
Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara. (Foto: Tagar/ANTARA)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengatakan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) masih berlangsung meski adanya pandemi Covid-19. 

"Hingga pekan ke-105, pembangunan telah terealisasi sekitar 69,85 persen. Itu berkat memberdayakan lebih dari 2.400 tenaga kerja," ujar Anies pemaparannya di Jakarta, Sabtu, 11 September 2021.

Jika tidak ada aral Anies memastikan peresmian JIS masih akan tetap dilangsungkan pada Desember tahun ini. Menurut Anis, pembangunan JIS akan sukses jika semua pihak bisa ikut berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Pemprov DKI soal JIS.

"Dan bahkan meregenerasi kota Jakarta melalui kawasan JIS," imbuhnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, progres pembangunan JIS hingga kini sangat baik. "JIS sangat baik dan membanggakan. Insya Allah tahun depan sudah bisa digunakan," ujar Riza di Balai Kota, Kamis (2/9).

Dia menambahkan, pembangunan JIS hingga kini juga masih sesuai perkiraan. Karenanya, dia meyakinkan jika JIS siap digunakan mulai tahun depan. "Sejauh ini tidak ada kendala berarti," katanya.

Diketahui, JIS saat ini masih menjalani proses pembangunan. Stadion yang dibangun di bilangan Jakarta Utara itu, rencananya akan menjadi pendorong pemerataan pembangunan fisik, sosial dan ekonomi di daerah tersebut.

Dikatakan, stadion itu akan memuat 82 ribu kapasitas penonton. Meski dengan lahan parkir terbatas, stadion ini digadang-gadang bisa menampung 1.200 kendaraan.



Hingga pekan ke-105, pembangunan telah terealisasi sekitar 69,85 persen. Itu berkat memberdayakan lebih dari 2.400 tenaga kerja.



Stadion JIS memiliki kapasitas sekitar 82.000 penonton di mana kapasitas ini lebih besar dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Stadion ini dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo dengan estimasi pembangunan 2,5 tahun yang diharapkan selesai pada akhir 2021. Adapun biaya pembangunan sebesar Rp 5 triliun.

Fasilitas yang terdapat di Stadion JIS lebih mewah dibanding SUGBK. Fasilitas yang dimiliki Jakarta International Stadium akan dibuat modern dan mewah terdiri dari 3 tingkat tribun, ruang khusus VIP, ruang ganti pemain yang modern dan mewah, ramah disabilitas disertai kursi khusus disabilitas sebanyak 200 unit, lapangan latihan, rumput stadion berjenis hybrid turf, lahan parkir luas yang dapat menampung 800 mobil dan 100 bus, atap stadion yang dapat dibuka-tutup dan menerapkan green building.

Stadion ini direncanakan terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti MRT, LRT, KRL Commuter Line, serta akses tol. []


Baca Juga :






Berita terkait
Stadion JIS Akan Jadi Markas Timnas Indonesia
Kolaborasi Jakpro dan PSSI bertujuan memajukan industri olahraga khususnya sepakbola di Indonesia.
Gubernur DKI: JIS Jadi Babak Baru Persepakbolaan Indonesia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta International Stadium (JIS) diharapkan akan menjadi babak baru sepak bola di Indonesia.
Anies Baswedan: 2,7 Juta Warga DKI Belum Terima Vaksinasi
Hal ini dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan BPP HIPMI.
0
Gubernur DKI : Pembangunan JIS Sudah 69,85 persen
JIS akan menjadi pendorong pemerataan pembangunan fisik, sosial dan ekonomi di daerah tersebut.