UNTUK INDONESIA
Giring PSI Janji Tentukan Masa Depan Indonesia
Giring Ganesha yang saat ini menjadi Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) siap menentukan masa depan Indonesia.
Salah satu baliho eks vokalis band Nidji, Giring Ganesha di Jalan Juanda, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Jakarta - Giring Ganesha yang saat ini menjadi Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) didorong untuk mencalonkan diri sebagai Presiden RI tahun 2024 mendatang. 

Belum lama setelah Giring menggantikan posisi Grace Natalie yang akan melanjutkan studinya ke luar negeri, muncul baliho-baliho besar di sejumlah daerah di Indonesia, yang memberi pesan jika mantan vokalis grup band Nidji itu siap bertarung pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Turun dan terlibat menentukan masa depan seperti yang kita inginkan.

“Pencalonan ini berangkat dari keinginan melibatkan diri dalam politik nasional, untuk ikut menentukan arah masa depan Indonesia,” kata Giring dalam konferensi pers virtual, Senin, 24 Agustus 2020.

Baca juga: Baliho Giring Presiden 2024 Bertebaran di Padang

Giring mengaku, keterlibatannya dalam dunia politik, hingga memberanikan diri sebagai calon presiden RI, merupakan fase pergulatan hidup untuk menjadi bagian dari Indonesia, negeri yang sangat ia cintai. Meskipun, dirinya menyadari jika hal ini pasti menuai respons positif maupun negatif.

“Jalan yang saya tempuh ini tidak akan pernah mudah. Pada saat orang tidak suka, sinis, atau pesimis terhadap politik, saya justru terjun, melawan arus,” kata eks vokalis Nidji ini.

Menurutnya, di sisi lain, PSI menawarkan pilihan keterlibatan berpolitik untuk memberi perubahan kepada kaum muda dalam perjalanan bangsa ke depan.

“Dengan atau tanpa kita, politik terus berjalan menentukan arah masa depan. Bagi saya dan jutaan anak muda lain tersedia dua pilihan di depan mata. (Pertama) diam dan melihat orang lain menentukan arah masa depan atau turun dan terlibat menentukan masa depan seperti yang kita inginkan. Saya memilih yang kedua,” katanya.

Baca juga: Alasan Grace Natalie Pilih Giring Jadi Plt Ketum PSI

Meski Pilpres 2024 masih lama, Giring mengaku telah melakukan komunikasi dengan sejumlah tokoh partai nasional. Namun, ia tidak menyebutkan secara spesifik mereka dari partai mana saja.

"Komunikasi dengan partai lain sudah ada, partai merah, biru, dan kuning. Mereka turut memberikan semangat dan juga dukungan," kata Giring menjawab pertanyaan dari Tagar.id saat konferensi pers virtual berlangsung.

Sementara, Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni memastikan, dukungan terhadap Giring juga datang dari partai koalisi yang ada di Tim Kampanye Nasional (TKN).

"Dari TKN mengucapkan selamat. Tapi tentu secara formal, kami belum melakukan komunikasi politik secara intens dengan partai politik lain. Tapi saya kira seiring dengan berjalannya waktu, pada saatnya nanti, tentu komunikasi politik itu akan kita intensifkan lagi," pria yang akrab disapa Toni itu.

Secara terpisah, Direktur Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul turut mengomentari pencalonan Giring di Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, langkah memasang Giring Ganesha sebagai capres hanya untuk menaikkan kembali elektoral PSI yang dinilainya sudah menurun.

"Ini hanya gimik saja, demi menaikkan elektoral PSI di 2024, karena visi misi PSI sudah bergeser atau sudah bercabang. Di mana idealisme PSI yang dulu dikenal anti-dinasti, sekarang malah diam tak bersuara ketika ada aroma dinasti dari Jokowi," ujar Adib. []

Berita terkait
Giring Opini Covid-19 Konspirasi Adalah Menyesatkan
Giring opini bahwa Covid-19 adalah konspirasi (komplotan, persekongkolan) sebagai ulah kalangan tertentu adalah perbuatan yang menyesatkan
Pesta Miras, 4 Pemuda di Bali Digiring ke Satpol PP
Empat pemuda diamankan karena melanggar aturan pemerintah di tengah Covid-19 untuk menerapkan Physical Distancing.
OTT KPK Sidoarjo, 3 Orang Digiring ke Mapolda Jatim
KPK melakukan OTT di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sebanyak tiga orang dibawa KPK ke Mapolda Jatim.
0
Cuti Bersama, Protokol Kesehatan di Bukittinggi Makin Ketat
Kota Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata utama di Sumatera Barat akan berlakukan protokol kesehatan ketat di objek wisata.