UNTUK INDONESIA
Gibran Ikut Pilkada, Pernusa: Tak Ada desakan Jokowi
Pernusa menegaskan tidak ada desakan dari Presiden Jokowi atas majunya Gibran Rakabuming Raka pada kontestasi Pilkada 2020 di Kota Solo.
Cover. (Infografis: Tagar/Regita Setiawan P)

Jakarta - Ketua Umum Perjuangan Rakyat Nusantara (Pernusa) KP Norman Hadinegoro menilai majunya Gibran Rakabuming Raka pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Solo bukan karena adanya kekuatan politik sang ayah, yakni Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Tidak ada desakan dari Bapak Jokowi. Pak Jokowi tidak memanfaatkan kekuasaannya, tidak pernah memberikan fasilitas proyek, dan Bapak Jokowi orangnya demokrasi yang mengajarkan anak-anaknya mandiri," katanya dihubungi Tagar, Jumat, 24 Juli 2020.

Saya beranggapan ada yang mengatakan majunya Gibran dinasti politik. Mereka melihat itu pakai kacamata kuda yang dibarengi kebencian

Norman menegaskan, keluarga besar Jokowi tidak pernah diperlakukan khusus oleh presiden. Menurutnya, Gibran maju menjadi Calon Wali Kota Surakarta karena banyaknya dukungan dari masyarakat.

"Seluruh anak-anaknya atau mantunya tidak pernah diberikan fasilitas. Anak-anaknya diberlakukan secara umum. Jika di luar ada nada-nada sumbang bagi saya hal biasa di dalam demokrasi. Karena sebagai warga negara punya hak memilih dan dipilih. Gibran Calon Wali Kota akan dipilih langsung oleh rakyat Solo," ujarnya.

Norman berpandangan, ada dorongan kepada Gibran untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2020 atas desakan dari pihak-pihak yang menginginkan perubahan di Kota Solo.

"Majunya Gibran dengan kemauan sendiri dan didorong dengan orang-orang suka akan perubahan lebih baik lagi khususnya membangun Kota Solo. Sudah setahun Gibran merintis blusukan dari kampung ke kampung sekaligus minta saran dan masukan dari masyarakat, makanya dia berani mencalonkan diri dari perahu PDIP," kata dia.

Kemudian, Norman juga menampik isu yang menyebut adanya politik dinasti di Pilkada 2020.

"Saya beranggapan ada yang mengatakan majunya Gibran dinasti politik. Mereka melihat itu pakai kacamata kuda yang dibarengi kebencian," ucap Norman Hadinegoro.

Sekadar informasi, keluarga besar Jokowi meramaikan Pilkada 2020 dibeberapa daerah, yakni Gibran Rakabuming Raka, menantu presiden Bobby Afif Nasution, Wahyu Purwanto, suami adik kandung Jokowi dan Doli Sinomba Siregar, paman dari Bobby Nasution. []

Berita terkait
Jokowi Diminta Terima Putusan PTUN Soal Evi Novida
Arse Sadikin menyarankan agar Presiden Joko Widodo menerima putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta soal gugatan Evi Novida Ginting.
Soal Dinasti Politik, Rakyat diminta Adil ke Gibran
Hasto meminta masyarakat bisa menilai dan berlaku adil terhadap warga negara yang berniat mengabdi sebagai calon kepala daerah.
Gibran Bisa Kalah Jika Blunder Seperti Ahok
Wasisto mengatakan Gibran Rakabuming Raka akan mengalami kekalahan jika mengikuti jejak Ahok pada Pilgub DKI Jakarta 2017.
0
Gibran Ikut Pilkada, Pernusa: Tak Ada desakan Jokowi
Pernusa menegaskan tidak ada desakan dari Presiden Jokowi atas majunya Gibran Rakabuming Raka pada kontestasi Pilkada 2020 di Kota Solo.