Generasi Milenial Harus Berperan Sukseskan Presidensi G20

Penyelenggaraan G20 diharapkan berlangsung dengan baik, dengan belajar dari kekurangan pada presidensi sebelumnya.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Tagar/Instagram/@johnnyplate)

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate mengatakan, pelibatkan dan pemahaman masyarakat dalam Presidensi G20 menjadi hal yang juga mendukung sukses terselenggaranya gelaran internasional tersebut.

Maka itu dengan dukungan literasi yang dilakukan generasi milenial, masyarakat diharapkan bisa mengetahui bahwa suara negara-negara G20 merepresentasikan 65 persen penduduk dunia, 79 persen perdagangan Global, dan 85 persen perekonomian dunia.

“Saya berharap bahwa komunikasi atau media komunikasi tidak hanya terkait kanal-kanal atau atau hal-hal yang teknis, tetapi masyarakat memahami substansi tujuan dan agenda besar Indonesia di keketuaan G20 di 2022 yang sudah mulai sejak 1 Desember yang lalu sampai dengan 30-31 Oktober tahun depan,” kata Johnny dikutip Tagar dari InfoPublik, Kamis, 23 Desember 2021.

Menurut Menkominfo, pemahaman masyarakat berperan dalam mencapai dua target keketuaan Indonesia, yakni kesuksesan di bidang penyelenggaraan dan kesuksesan di bidang substansinya.

Dalam bidang penyelenggaraan, lanjut Johnny, penyelenggaraan G20 diharapkan berlangsung dengan baik, dengan belajar dari kekurangan pada presidensi sebelumnya.

“Kami belajar dari apa yang sudah dilakukan oleh penyelenggara sebelumnya dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dilakukan atau yang terjadi pada saat penyelenggaraan sebelumnya,” imbuh Johnny.

Sedangkan dari bidang substansi, Menkominfo berharap aganda-agenda besar yang dibahas dalam 19 working group akan berhasil menjadi keputusan atau kesepakatan Bersama para pemimpin dunia dalam Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun depan.


Kami harapkan masyarakat mengambil bagian (presidensi G20), khususnya generasi milenial.


Tak hanya itu, Johnny Gerard Plate pun mengajak generasi muda atau yang biasa disebut kaum milenial ikut ambil peran dalam menyukseskan Presidensi Indonesia dalam pertemuan 20 negara ekonomi terbesar dunia (G20).

Peran serta generasi milenial dinilai Menkominfo penting untuk turut menginformasikan tujuan dan manfaat pelaksanaan pertemuan G20 pada masyarakat.

“Kami harapkan masyarakat mengambil bagian (presidensi G20), khususnya generasi milenial. Para siswa dan mahasiswa kita harus tahu apa itu (manfaat) kita sebagai ketua presidensi, apa yang akan dilakukan di dalam meeting-meeting agenda G20 itu,” katanya.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Pegang Presidensi G20, Ekonomi Indonesia Konsisten 5 Persen
BKF Kemenkeu Febrio Kacaribu mengatakan bahwa perekonomian Indonesia memiliki catatan lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan global.
Jokowi Tinjau Infrastruktur Akses Menuju Lokasi KTT G20 di Bali
Jokowi tinjau akses ke lokasi KTT G20, lokasi yang pertama ditinjau adalah Jalan Tol Bali-Mandara.
Indonesia Resmi Pegang Presidensi G20 per 1 Desember 2021
Indonesia resmi memegang keketuaan atau presidensi G20 per 1 Desember 2021 yang merupakan sebuah kehormatan bagi bangsa Indonesia
0
Generasi Milenial Harus Berperan Sukseskan Presidensi G20
Penyelenggaraan G20 diharapkan berlangsung dengan baik, dengan belajar dari kekurangan pada presidensi sebelumnya.